Coba tanyakan apa cita-cita anak SD jaman sekarang.

Dulu cita-cita itu adalah jadi dokter, insinyur, guru, pilot atau astronot. Tentu saja kelima profesi ini masih penting dan seru. Tapi di abad 21, cita-cita anak SD pun sudah bergeser. Mungkin sudah waktunya kamu sebagai bagian dari generasi milenial melirik kelima profesi berikut ini.



Sumber: Pixabay.com

1. Youtuber

Pintar bermain dengan kamera. Jago ngedit. Rajin shooting dan posting. Jadi Youtuber!

Gak segampang itu sebetulnya kalau kamu mau jadi Youtuber. Ini adalah profesi yang sedang naik daun. Kamu bisa punya channel TV sendiri!

Saat channel-mu sudah punya sejumlah subscriber, maka kamu akan mendapatkan penghasilan tersendiri. Tapi sebelum jumlah subscriber ini meningkat, kamu sudah bisa lho mendapatkan penghasilan. Kamu sebetulnya bisa bekerja sama dengan brand ternama dan membuat 'iklan' di dalam materimu sendiri.


Sumber: Pixabay.com

2. Social Media Admin

Media sosial adalah corong yang terukur. Pengguna media sosial pun memiliki porsi besar pada segmen anak muda usia di bawah 30 tahun. Dengan kondisi seperti ini, maka semakin banyak produsen produk dan pemilik brand yang ingin dapat berinteraksi dengan calon pembelinya melalui media sosial. Lalu siapa yang akan mengurusi akun media sosial ini? Yup! Inilah profesi baru menjadi 'pengasuh' akun media sosial.


Kamu bukan saja sebagai tukang ketik, tukang posting. Saat menjadi pengasuh akun media sosial kamu perlu mengerti apa saja yang menjadi key performance indikator dari masing-masing brand. Kamu juga perlu paham jenis konten yang cocok beserta strategi yang akan kamu gunakan saat memandu akun tersebut. Kalau kamu jagoan, kamu bahkan bisa memandu tidak hanya satu tapi beberapa akun media sosial sekaligus.


3. Personal Shopper

Sebetulnya ini bukan profesi baru. Sejak dulu profesi ini juga sudah ada. Akan tetapi, dengan berkembangnya media sosial seperti Instagram, profesi personal shopper pun kembali naik daun.

Zaman sekarang, semakin banyak perempuan yang memiliki pekerjaan sendiri. Perempuan pun memegang posisi penting, strategis di berbagai perusahaan dan instansi. Perempuan memiliki penghasilan, akan memiliki disposable income yang lebih besar. Maka keperluan berbelanja mereka - terutama yang sibuk dengan karirnya - perlu segera ada yang mengurus. Di sinilah posisi personal shopper menjadi penting.

Seorang personal shopper bisa memiliki peran mengurusi kebutuhan belanja rutin atau lifestyle. Personal shopper kadang juga berfungsi sebagai stylist bagi para perempuan sibuk. Bahkan seorang personal shopper bisa menjadi kunci bagi kliennya untuk menemukan brand kesayangan yang sulit didapatkan di dalam negeri.

Penghasilan personal shopper bervariasi, tergantung tingkat kesulitan yang harus ia jalani. Personal shopper ada yang mendapat retainer berupa gaji bulanan. Ada juga personal shopper yang mendapat komisi dari setiap brand yang berhasil ia jual kepada kliennya.


4. Digital Endorser

Internet membuka pintu bagi para penggaung untuk memiliki penghasilan tambahan. Dulu untuk menjadi endorser, kamu perlu menjadi artis yang nongol di media massa. Tetapi sekarang, jika kamu rajin membuat interaksi dengan topik khusus bersama follower di dunia digital, kamu sudah bisa lho menjadi endorser.


Digital endorser ini bervariasi sekali. Mulai dari endorser untuk konperensi ekonomi, jadi promotor lomba lari, hingga 'endorse kakak endorse' bagi merek fashion ternama. Saat menjadi digital endorser kamu bisa dibayar dengan sejumlah dana atau diganjar barter dengan setumpuk produk. Baik-baik jaga amanah sebagai endorser. Kamu perlu bersih dari opini pribadi yang mungkin tidak disukai pihak brand.


5. Travel Blogger

Jadi dengki dulu melihat keseruan hidup para travel blogger. Pekerjaan yang satu ini paling menggiurkan ya. Kamu dibayar untuk traveling! Siapa yang gak mau coba?

Tapi sebetulnya untuk jadi travel blogger kamu perlu keahlian khusus juga lho. Ada travel blogger yang rajin menuliskan segala jenis makanan yang ia coba saat traveling. Ada juga travel blogger yang selalu pergi ke tempat anti mainstream - sehingga Instagram feed-nya benar-benar beda! Ada juga travel blogger yang hadir dengan tips praktis yang sangat digemari para pembacanya.

Kalau senang traveling, coba dulu menuliskan apa saja pengalamanmu mulai dari persiapan hingga cerita seru di destinasi impian. Pastikan apa yang kamu tuliskan itu bisa menarik pembaca. Eh kamu juga bisa kok mulai menuliskannya lewat MoolaID!


Sumber: Pixabay.com

Persamaan dari kelima profesi baru ini adalah jenis pekerjaannya yang bersifat mandiri. Untuk bisa menekuni profesi ini kamu tidak perlu bekerja di sebuah perusahaan besar. Kamu bisa berkantor sendiri dan punya waktu kerja yang sepenuhnya kamu tentukan sendiri. Sudah siap untuk terjun ke dalam salah satu dari 5 profesi ini? Jangan anggap remeh. Untuk bisa sukses kamu tetap harus tekun, kerja keras, punya wawasan luas dan membangun jejaring pertemanan agar selalu up-to-date.


Selamat membangun karir!

Selamat berjuang!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Milenial, Sudahkah Kamu Periksa 5 Profesi Baru Abad 21 Ini?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !