Pertanyaan:


Halo Kak,

Saya umur 28 tahun, tinggal dengan orang tua.

Setelah bekerja lebih dari 5 tahun, saya baru berpikir – sepertinya harus segera mengurusi keuangan saya. Tapi gimana ya caranya? Saya kok gak termotivasi. Selama ini hidup saya baik-baik saja. Belum terpikir untuk beli rumah sendiri – kok kayaknya ini beban terlalu banyak. Belum terpikir kapan akan menikah. Gak punya utang. Tabungan seadanya aja. Setiap mau libur ada duitnya. Semua konser yang saya mau juga bisa. Memangnya ada yang salah dengan cara milenial seperti saya mengurus uang?


Vanny, Jakarta.


Jawaban:


Halo Vanny,

Ada 5 hal yang perlu diperhatikan saat mengurusi uang, untuk segala umur: Menghasilkan uang, mengatur arus kas, tentang properti, dana pensiun dan pengeluaran lifestyle. Tapi khusus generasi milenial tentu ada yang khas dari kelima topik di atas.


1. Menghasilkan uang

Saat usiamu di bawah 30 tahun, bukalah dirimu untuk menjadi sponge yang terus belajar. Banyak anak milenial ini ingin cepat mencapai puncak karir. Padahal tidak ada jurus potong kompas untuk mendapatkan pengalaman. Jadi perhatikan di mana kamu sedang mencari uang, ternyata di situ kamu menimba pengalaman yang akan membentuk jalur karirmu kemudian hari. Kamu bisa jadi karyawan, pemilik bisnis, bekerja sendiri atau jadi investor. Apapun yang kamu kerjakan sekarang, umur di bawah 30 tahun adalah waktu terbaik untuk belajar sebanyak-banyaknya!


2. Mengatur arus kas

Saat baru mulai, penghasilanmu ya sesuai pengalaman kerjamu. Kalau kamu bisa mengatur keuangan dengan penghasilan first jobber, kamu akan mudah mengurus penghasilan top management! Masalahnya, ternyata pengeluaran lari lebih cepat daripada penghasilan. Jadi coba atur dulu supaya kamu sanggup menabung minimal 10% dari penghasilan dan kalau punya utang maksimal 30% dari penghasilan.


Harus banget bahas properti? Punya pacar aja belum, beli rumah terdengar terlalu besar sebagai komitmen hidupku!

3. Tentang properti

Gak perlu buru-buru beli properti kok. Tapi faktanya, harga properti ini naik terus kan. Bahkan jargon paling terkenal dari pemasaran properti adalah “Senin harga naik!”. Jadi sebagai firstjobber yang perlu kamu lakukan adalah mengumpulkan DP alias Down Payment. Dengan kebiasaan menabung yang baik, rajin mengumpulkan DP, nanti suatu hari saat kamu secara mental siap beli properti pertama, DP nya sudah ada! Beli rumah itu gak pake daun, pake duit... yang banyak!


4. Dana Pensiun

Baru mulai kerja sudah harus memikirkan pensiun! How lame!? Eh ternyata waktu akan memenangkan segalanya. Semakin cepat kamu memulai investasi untuk dana pensiun, semakin banyak yang kamu bisa kumpulkan. Biasanya perusahaan-perusahaan besar punya program pensiun terpadu, jangan sampai kamu gak ikutan ya. Itu program ‘duit gratis’ dari kantormu. Tapi ternyata kamu juga bisa lho investasi rutin sendiri. Coba cek setoran investasi rutin di reksadana saham. Setoran kecil saja Rp100.000-Rp200.000 per bulan tapi rutin dan tidak putus selama 20 tahun ke depan. Jumlah ini begitu kecilnya buat kamu, kalau tidak diinvestaskan pasti habis juga untuk makan-makan. Jadi, risiko tidak berinvestasi lebih besar dibandingkan risiko investasi itu sendiri. Hajar!


5. Pengeluaran lifestyle

Biasanya anak muda jaman sekarang gak boros kok. Iya! Cuma rajin banget liburan, nonton konser, beli gawai terbaru dan setumpuk ‘dosa’ keuangan lainnya. Saya sama sekali gak keberatan lho. Mumpung belum ada tanggung jawab menyekolah anak atau harus berhadapan dengan cicilan rumah, silakan bersenang-senang. Tapi di waktu yang sama, investasi rutin untuk dana pensiun dan mengumpulkan DP rumahnya jalan kan? Cihuy!


Vanny, silakan cek kembali apa yang sudah kamu lakukan dengan keuanganmu, bandingkan dengan 5 hal di atas. Gak ada jawaban benar salah dalam mengatur keuangan. Yang penting praktis dan betulan bisa dikerjakan! Semangat ya Van!


~Ligwina~

Founder / CEO QM Financial, Plan.id, Quamma.org

Managing Editor Moola.id


For-Moola ini adalah kolom khusus Ligwina Hananto.

Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan keuangan melalui email: hello@moola.id.

For-Moola is POWERED by Plan.id.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Milenial! Ini 5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Soal Keuanganmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !