Nah, kamu pernah merasakan demikian, Sahabat Moola? Saya pribadi, sering merasa 'diporotin' saat belanja di minimarket waralaba. Pasalnya, sejak dari rumah saya sudah bertekad cuma beli satu pasta gigi, sabun, dan mie instan, ujung-ujungnya malah tergoda beli yoghurt, snack, serta 'printilan-printilan' nggak penting lainnya yang membuat budget belanja jadi membengkak. Alhasil, yang semula mengira hanya habis di bawah 50 ribu saja, ternyata bisa membengkak di atas 100 ribu rupiah. Setelah menganalisis kekurangan diri, ternyata saya sering teledor melakukan beberapa hal ini. Simak yuk cara saya mengatasinya agar kamu enggak 'kecolongan' juga!

1. Buat catatan kecil, disiplinlah!

Photo Credit: Food Town

Sebelum meninggalkan rumah, pastikan kamu sudah membekali diri dengan catatan kecil yang berisi daftar belanjaan. Seleksi antara kebutuhan dan keinginan, lalu mantapkan niat menuju minimarket terdekat. Setibanya di sana, disiplinlah pada catatan yang sudah kamu buat. Tidak ada alasan untuk 'mangkir' dari tekad semula.

2. Jangan berlama-lama bila sudah dapat apa yang kamu inginkan

Bila niatnya hanya beli sabun, sikat gigi, pengharum ruangan serta body lotion, maka segeralah menuju kasir untuk membayar belanjaan, jangan malah berkeliling dan berlama-lama berada di sana sehingga tergoda untuk 'comot' sana-sini dan berakhir 'diporotin' lagi dan lagi. Ingat, kendalikan mata dan hati!

3. Tutup mata dari jebakan diskon promo

Photo Credit: Sentra Rak

Minimarket waralaba tak jarang mengadakan promo atau diskon untuk produk-produk tertentu, biasanya sih dibarengi dengan pembelian jumlah khusus. Boleh sih kamu manfaatkan diskon tersebut, tapi dengan catatan bahwa kamu sungguh-sungguh membutuhkannya, bukan karena tergoda. Ingat, meski biasanya bertajuk "diskon", tentu ada "modus" lain di balik promo yang sedang mereka lakukan lho, Sahabat Moola.

4. Jauhi area snack dan minuman ringan, jangan sepelekan harga yang terlihat murah

Ini nih yang paling susah! Biasanya, semua orang (termasuk saya) akan langsung menuju bagian snack, makanan kaleng, dan minuman ringan lalu tanpa sadar memasukkan beberapa produk ke dalam keranjang tanpa memperhatikan harga. Dengan anggapan bahwa mereka semua 'sangat murah', tapi bila ditotal-total, maka jadi bukit pula akhirnya. Sedih, kan?

5. Katakan TIDAK pada rayuan kasir

Photo Credit: PopSugar

Last but not least, beranilah katakan TIDAK pada rayuan kasir yang mautnya mengalahkan rayuan penyanyi dangdut. Beragam potongan harga mereka tawarkan, namun waspadai bahwa tidak semuanya menguntungkan. Fokuslah pada apa yang kamu butuhkan, jangan melirik pada hal-hal yang tidak ada dalam daftar belanjaan.

BACA JUGA


Tips Jitu agar Hobi Belanja Kamu Nggak Bikin Kantong Bolong

Tips Jitu agar Hobi Belanja Kamu Nggak Bikin Kantong Bolong

I’m not a shopaholic, I’m helping the economy...beginilah cara keren untuk menutupi kebiasaan belanja tanpa merasa terbebani dengan ...

Read more..

Jadi, setelah mengetahui lima cara ini, semoga kita tidak terjebak dan 'diporotin' di minimarket lagi. Kuncinya adalah pengendalian diri serta bijak membelanjakan materi. Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Merasa 'Diporotin' Saat Belanja di Minimarket? Pakai 5 Cara Ini Biar Enggak Kecolongan Lagi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !