Tidak terasa tahun 2017 sudah hampir habis, apa saja impian Sahabat Moola yang belum terwujud di tahun 2017? Masih mau mewujudkannya di tahun 2018? Ada tempat yang ingin dikunjungi atau bahkan ingin segera membuka usaha untuk menaikkan income kamu? Yuk, jangan tunda lagi. Agar semua planning bisa tercapai sesuai rencana, apa saja yang perlu dilakukan? Simak yuk beberapa tips berikut agar semua rencana tidak keteteran dananya!

Buat list apa yang ingin kamu lakukan di tahun 2018

Photo Credit : UeaTexas

Buat list apa yang ingin kamu lakukan di tahun 2018 berikut target yang ingin dicapai. Jika terkait dengan liburan, tentukan juga tujuan liburan kamu agar memudahkan dalam pengitungan budget. Kalau masih ada planning yang belum tercapai tahun sebelumnya, kamu masih bisa loh memasukannya dalam list kamu. Siapa tahu targetnya jauh lebih baik dari yang pernah kamu bayangkan.

Hitung budget setiap kegiatanmu

Photo Credit : duxbury

Kalau Kamu sudah membuat list seluruh kegiatan yang ingin dilakukan sepanjang tahun 2018, saatnya membuat budget plan untuk kegiatan tersebut. Buat rincian dari yang terkecil hingga terbesar sesuai dengan pos kegiatan yang ingin diwujudkan atau dijalani. Nanti akan kelihatan budget mana saja yang dirasa tidak perlu dan pantas untuk ditiadakan. Siapkan juga budget darurat untuk berjaga-jaga kalau nanti ada biaya tambahan atau ada kegitan di luar planning yang sudah dibuat.

Jika tahun 2018 berencana untuk memulai bisnis, kamu bisa memasukannya ke dalam daftar target project berikut budget dengan segala kebutuhannya. Begitupun jika kamu punya utang dan ingin mencicil untuk melunasinya, tahun ini juga bisa kamu masukkan ke dalam salah satu list.

Tentukan sumber dana

Photo Credit : Image.Cermati

Tentukan sumber pendanaan untuk setiap pos kegiatan jika dirasa tidak bisa atau kurang dari penghasilan gaji saja. Apakah pendanaan tersebut akan diambil dari gaji, bisnis sampingan, bonus atau sumber dana lainnya. Jika dalam kurun waktu tersebut kamu mendapatkan bonus tak terduga seperti dapat warisan dan lain-lain, ini bisa dimasukkan ke dalam anggaran darurat atau segera kamu investasikan.

Menabung agar semua dana tersedia pada waktunya

Photo Credit : iStock

Jangan lupa menabung demi kelancaran dan tercapainya seluruh target dalam list perencanaan yang sudah dibuat, pisahkan menjadi beberapa rekening agar fokus jika ada kekurangan biaya. Jika seiring berjalannya waktu ada rezeki tambahan, maka bisa dimasukkan dalam pos biaya tak terduga.

Kalau seluruh kegiatan dalam list kamu bersumber pada penghasilan gaji, segera presentasikan berapa kebutuhan untuk mewujudkannya. Jangan sampai kamu malah berutang.

BACA JUGA


Ingin Tubuh Seindah Megan Markle Tunangan Pangeran Harry? Rahasianya Mudah dan Nggak Perlu Mahal Lho, Sahabat Moola!

Ingin Tubuh Seindah Megan Markle Tunangan Pangeran Harry? Rahasianya Mudah dan Nggak Perlu Mahal Lho, Sahabat Moola!

“Early to bed and early to rise makes a man healthy, wealthy and wise.” — Benjamin Franklin

Read more..

Semoga seluruh target dan impian kamu terwujud di tahun 2018 ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menyiapkan Budget Plan 2018 Agar Resolusi Lekas Terwujud? Berikut Panduan Mudahnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !