Percaya tidak, keuangan adalah salah satu faktor penunjang suksesnya sebuah long distance relationship atau LDR? Hubungan jarak jauh yang memisahkan dua sejoli memang membutuhkan effort lebih untuk sebuah pertemuan yang tidak bisa sesering orang kebanyakan. Nah, agar hubungan dan komunikasimu lancar hingga menuju gerbang pernikahan, semua harus dijalani dengan siasat yang matang. Tak cuma saling menjaga kepercayaan dalam hubungan percintaan, kamu juga perlu memperhatikan faktor keuangan. Seperti apa caranya? Simak yuk, Sahabat Moola!

1. Sisihkan 10% dari gajimu setiap bulan demi sebuah pertemuan

Photo Credit: Shutterstock

Hal ini sangat penting agar cashflow tidak berantakan. Menganggarkan pendapatan bulanan demi pertemuan dengan orang tersayang adalah bukti keseriusan, bukan sekadar gombalan apalagi gurauan. Karena frekuensi pertemuan yang jarang, tak ada salahnya kamu membuat persiapan matang. Begini ilustrasinya!

Anggap saja pendapatan per bulan adalah Rp 5.000.000

Maka, 10% x Rp 5.000.000 = Rp 500.000

Dana yang berhasil disisihkan tiap bulan ini bisa kamu sesuaikan menurut jarak yang harus 'dikalahkan'. Apabila jarak kalian hanya terpaut antar kota dalam provinsi atau antar provinsi dalam pulau, tentu anggaran sejumlah itu sangat cukup untuk biaya makan malam berdua setiap bulan. Namun bila jaraknya hingga antar pulau apalagi antar negara, tentu pertemuan tidak bisa terlalu sering diagendakan. Dua kali atau tiga kali setahun biasanya cukup untuk melepas kerinduan hingga jarak tak lagi jadi halangan.

2. Jalankan bisnis pendukung untuk menambah penghasilan

Photo Credit: iStock

Nah, bagi kamu yang biasanya kurang sabar menahan kerinduan atau menanti pertemuan, bagaimana jika kamu menjalankan bisnis sampingan? Media digital berkembang dengan cukup pesat, banyak peluang yang bisa kamu dapat. Misalnya dengan menjadi blogger, food tester, reviewer, content writer, photographer, MUA, atau bahkan online shop. Jika bisnismu lancar, bisa jadi hasilnya akan mengalahkan gaji utama lho, Sahabat Moola.

3. Kurangi 'ngopi cantik' bila tak ada keperluan

Photo Credit: Shutterstock

Trend 'ngopi cantik' atau 'ngopi ganteng' di kalangan anak muda sudah mewabah. Biasanya, setiap pekan tak kurang dari dua kali kamu nongkrong di kafe langganan demi menikmati segelas kopi yang sesungguhnya bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika kamu ingin punya tabungan yang lebih banyak untuk rajin menemui pasangan, sebaiknya kurangilah kebiasaan ngopi di luar bila tak ada keperluan.

4. Komunikasikan sharing cost saat pertemuan, jangan ada yang merasa diberatkan atau 'memanfaatkan'

Photo Credit: Mormon Messenger

Biasanya, 'hard feeling' tidak bisa dipisahkan dari pasangan LDR. Saling rindu kala jauh, tapi tak jarang pula saling ribut saat dekat. Jangan sampai pertemuan yang direncanakan jauh-jauh hari dan menghabiskan banyak biaya malah berujung pertengkaran. Nah sebab pertengkaran ini pun ada bermacam-macam, mulai dari kecemburuan, kesalahpahaman, atau bisa juga masalah sharing cost yang 'tidak seimbang' hingga salah satu merasa diberatkan dan dimanfaatkan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya komunikasikan dengan sebaik-baiknya bersama pasangan tentang pengeluaran selama kencan.

5. Saling terbuka dan menerima

Photo Credit: Autostraddle

Terakhir dan bukan yang terakhir, saling terbuka adalah kunci lancarnya hubungan hingga jenjang pernikahan. Jarak yang jauh sering membuat kita tak mengetahui dengan pasti kondisi keseharian pasangan. Bagaimana kesehatannya, keuangannya, kebutuhannya. Dengan saling terbuka dan menerima, kamu akan mampu bersikap lebih adil dan bijak kepadanya.

BACA JUGA


Penting! 3 Hal tentang Finansial Ini Harus Dibicarakan Sebelum Kamu Menikah!

Penting! 3 Hal tentang Finansial Ini Harus Dibicarakan Sebelum Kamu Menikah!

"Ketika berbicara mengenai uang, acuh bukanlah sikap yang baik. Apa yang tidak kamu ketahui dapat menyakitkan dirimu sendiri." - Sandra S. ...

Read more..

Long distance relationship akan melahirkan pasangan-pasangan tangguh dalam menghadapi tantangan hidup selanjutnya. Apakah kamu termasuk salah satunya? Share pengalamanmu tentang LDR di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menjalani LDR Harus Pakai Siasat Matang, Tak Cuma dalam Percintaan tapi Juga dalam Keuangan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !