Menyiapkan pernikahan memang gampang-gampang susah. Selain bingung menentukan rias pengantin, jumlah undangan, servis katering, kamu pasti galau memilih lokasi pestanya. Dimana ya, yang bisa mengakomodir semua undangan? Dimana ya, yang aksesnya mudah dan lancar? Mau dilaksanakan di rumah atau gedung ya, enaknya? Nah, sebelum kamu memutuskan memilih salah satunya, perhatikan beberapa hal ini yuk Sahabat Moola!

1. Menikah di gedung memang lebih praktis, tapi...

Photo Credit: The Bride Dept

Ya. Pilih-pilih lokasi pernikahan yang ideal memang di gedung serbaguna. Selain lebih praktis dan strategis, tentunya juga lebih prestis dan ekslusif sehingga tamu-tamu yang hadir bisa terakomodir dengan baik. Menikah di gedung juga lebih menjanjikan secara tata letak pelaminan, kursi undangan, lahan parkir yang luas, serta tak perlu repot membersihkan lokasi seusai acara. Tapi, ada beberapa pertimbangan lain yang harus kamu pikiran sebelum memutuskan menikah di gedung, yakni:

- Biaya sewa cukup mahal sesuai kapasitas, lokasi, dan tanggal pemesanan. Tentu harga paling mahal jatuh pada tanggal cantik dan akhir pekan. Hati-hati, memesan gedung katanya harus jauh-jauh hari untuk menghindari full booking di tanggal yang kamu inginkan.

- Menikah di gedung berarti kamu harus siap dana tambahan untuk sewa lighting (baik untuk kamera maupun untuk ruangan) agar tidak redup dan hasil foto maksimal.

- Ada durasi waktu yang membatasi pestamu. Jika melebihi kesepakatan, maka kamu harus membayar biaya tambahan.

2. Menikah di rumah katanya lebih murah, padahal...

Photo Credit: jadhomes

Tidak ingin mengeluarkan dana lebih untuk menyewa gedung serbaguna, pilihannya adalah menikah di rumah. Kamu bisa bebas memilih tanggal dan jam yang kamu inginkan tanpa ada batasan. Selain itu, bantuan tetangga akan sangat efektif untuk menekan pengeluaran. Katanya sih menikah di rumah itu lebih murah, padahal banyak pula pengeluaran yang harus diperhitungkan, misalnya:

- Jika kamu ingin pesta pernikahan yang lebih eksklusif, maka kamu harus menyewa tenda tertutup yang harganya cukup lumayan.

- Izin menutup jalan, biaya tenaga pengamanan, serta sewa jukir dadakan.

- Lahan parkir berantakan, hiburan musik mengganggu tetangga kiri-kanan, rumah pun jadi kotor dan butuh biaya tambahan untuk sewa tenaga kebersihan.

- Area pelaminan sempit sehingga menyulitkan tamu saat berfoto dan memberi selamat. Akibatnya, fotografer pun kesulitan mengambil sudut foto yang pas.

- Jumlah undangan tidak terkontrol dengan baik, bahkan (terkadang) banyak 'tamu tak diundang' dari kalangan warga sekitar yang membuat stok makanan mendadak kurang.

Nah, Moola punya satu ide lagi nih buat kamu semua!

3. Bagaimana jika menikah di kebun alias garden party? Begini ilustrasinya...

Photo Credit: The Bride Dept

Kamu dan pasangan memiliki jiwa bebas yang suka suasana di luar ruangan? Rasanya menikah di kebun atau hutan lindung bisa jadi pilihanmu mengikat janji suci. Kamu bisa membuat konsep unik dan tidak pasaran, dengan dekorasi hijau pepohonan serta indahnya suasana alam. Bagus kan, kamu tak perlu repot sewa pelaminan? Selain itu, jika pesta dilakukan saat siang, maka kamu tidak perlu sewa lighting seperti di dalam ruangan. Dijamin deh pesta dan foto-foto yang dihasilkan lebih berkesan dari pernikahan kebanyakan. Eits, sebelum memutuskan, kamu harus memperhatikan nilai minusnya, yakni:

- Cuaca tidak bisa diprediksi, kamu harus siap pawang hujan untuk menangkal kondisi yang tidak diinginkan.

- Riasan yang kamu kenakan harus lebih tahan lama sebab udara panas tentu membuat wajahmu cepat berkeringat.

- Perhatikan tamu undangan yang lanjut usia, biasanya mereka tidak tahan berpanas-panasan atau diteripa angin malam.

- Makanan jadi lekas dingin dan rawan gigitan nyamun serta serangga.

BACA JUGA


6 Bisnis Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Jalankan di Musim Pernikahan

6 Bisnis Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Jalankan di Musim Pernikahan

Musim nikah jangan hanya galau karena jodoh tak kunjung datang. Yuk jalankan bisnis yang menguntungkan

Read more..

So, bagaimana menurutmu Sahabat Moola? Setelah mengetahui perbandingannya, semoga kamu bisa memutuskan dengan sebaik-baiknya. Selamat menanti tanggal bahagia!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Menikah di Gedung vs Menikah di Rumah, Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Memutuskan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !