Seberapa banyak orang yang ingin hidup sejahtera dan bahagia? Tapi bagaimana cara menyimpan uang atau membelanjakannya? Tentu saja masing-masing orang punya caranya sendiri untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Entah uangnya ditabung dalam reksadana, main saham, beli emas, deposito, beli produk asuransi, belanja, jalan-jalan, semuanya adalah keputusan perorangan.

Tarra ingin sekali di masa mudanya yang produktif dan berkarya dapat ia nikmati terus sampai usia senja. Tarra yang bermimpi di masa tuanya nanti hidup bahagia, momong cucu, mengurusi taman di kebun memulai investasinya di reksadana untuk bisa hidup tenang sesuai impiannya dengan harapan uang yang ia tabung dalam reksadana pada masa produktif dapat mencukupi kebutuhan hidupnya sampai akhir hayat.

Mengapa? Reksadana merupakan kumpulan investasi dari banyak orang yang dikelola oleh manajer investasi. Reksadana merupakan produk investasi yang sangat baik bagi investor pemula. Di sini investor tak perlu pusing memikirkan duitnya bagaimana. Dengan kemampuan analisis yang baik, manajer investasi akan memilih saham atau obligasi apa untuk terus mengembangkan uang yang kita tabung dalam reksadana itu. Di sisi lain, keunggulan reksadana pasar uang adalah kumpulan dana masyarakat, dana kecil-kecil yang digabungkan menjadi besar lalu ditempatkan pada deposito dan akan mendapatkan bunga tinggi.

Yang menarik seiring perkembangan zaman yang semakin maju teknologinya, reksadana dapat dijangkau dengan sangat mudah. Kehadiran perusahaan financial technology (fintech) membantu para manajer investasi untuk menarik investor-investor pemula agar berinvestasi di reksadana. Minimal pembelian pun sudah menurun, mulai dari Rp100.000 atau Rp250.000.

Tentu saja, yang namanya berinvestasi meskipun tampaknya mudah-mudah saja dan untung yang menjanjikan, tidak lantas langsung asal pilih jenis reksadana. Tarra harus mulai dengan tahap baru lagi. Ketika ia sudah mengetahui jenis reksadana apa yang sebaiknya dibeli, Tarra harus mempertimbangkan siapa manajer investasinya. Apakah ia sudah cukup teruji dan bertahan di tengah krisis? Manajer investasi bisa juga bangkrut. Pilihlah perusahaan yang kinerjanya terbukti baik. Pilihannya bisa jadi tidak cuma satu, ada beberapa manajer investasi yang sudah berusia cukup tua.

Lagi, dalam berinvestasi perlu juga melihat waktu. Kapan waktu terbaik membeli reksadana? Tarra yang rajin membaca prospektus produk reksadana di situs-situs manajer investasi, membeli saham pada saat indeks saham dan reksadana sedang turun. Tarra memilih produk yang turunnya tidak terlalu jauh ketika yang lainnya anjlok. Tiap bulan Tarra menerima laporan mengenai kinerja investasinya di reksadana. Tentu saja, nilai dari investasinya fluktuatif tergantung dari kondisi pasar.

BACA JUGA


Milenial, Ayo Investasi Agar Kamu Tambah Keren!

Milenial, Ayo Investasi Agar Kamu Tambah Keren!

Menjadi keren adalah bagian yang seru dari hidup sebagai anak milenial. Semua yang kamu tampilkan di media sosial menunjukkan bagaimana cara ...

Read more..

Mungkin tidak semua orang percaya bahwa uang adalah sumber daya yang melimpah. Apalagi yang terus menerus memikirkan uang untuk menjadi kaya. Kaya dalam arti mampu membeli semua hal dan pengalaman yang dibutuhkan untuk menjalani hidup Apapun cara yang dipilih untuk menjadi kaya, asalkan sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan, investasi pada reksadana tentu akan menguntungkan asalkan investor tidak menjual ketika harga sedang anjlok.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mengatur Kelebihan Uang Jangan Asal. Kenalan dengan Reksadana Yuk, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !