Menjadi seorang CFO (Chief Financial Officer) saat ini tidak hanya memahami aspek keuangan saja namun juga segala lini bisnis perusahaan. CFO dituntut untuk bisa fleksibel, mampu beradaptasi, dan proaktif. Misalnya bagaimana cara kampanye di media sosial bisa membawa keuntungan? Berapa viewer, shared, like, yang didapat dari beriklan di media sosial? Apa strategi yang dipakai untuk menghadapai pesaing? Bagaimana dengan pameran yang diadakan - apakah mencapai revenue yang ditargertkan?

Lantas skill apa yang mesti kita miliki untuk menjadi CFO yang hebat dan dibutuhkan dalam bisnis? Yuk cek roles dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi CFO!

1. Memahami Visi Misi Organisasi

Dalam berbisnis, seringkali ketika menjalankan dengan melenceng dari visi misi organisasi, maka seorang CFO harus mampu menciptakan lingkungan di mana employee dan pejabat lainnya bisa memahami visi misi organisasi dan mengarahkan kemana perusahaan itu mau dibawa.

Dia juga harus memahami apakah bisnis yang dijalankan ini mematuhi aturan-aturan yang berlaku atau tidak.

2. Memiliki Value Organisasi

CFO yang hebat adalah dia yang mampu memberikan solusi di setiap permasalahan yang dihadapi dalam bisnis perusahaan. Seperti berapa revenue yang dihasilkan oleh marketing? Bagaimana caranya mendapatkan minimum cost? Bagaimana caranya agar bisa mendapatkan nilai ekonomi yang maksimal?

Segala pertanyaan di atas apabila dilemparkan pada CFO, dia harus mampu menjawab itu dengan pasti dan meyakinkan dengan data-data analisis yang valid. Dengan begitu, seorang CFO akan memiliki value yang baik untuk organisasi.

3. Terlibat di Lapangan

Photo Credit: Business Insider

Seorang CFO merupakan seorang yang mampu mengarahkan bisnis ini mau tumbuh bagaimana. Dia harus bisa mengerti kebijakan dan strategi yang digunakan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang CFO harus bisa lebih banyak melibatkan diri di lapangan seperti misalnya berpartisipasi dalam pengembangan strategi perusahaan, ikut berkampanye di media sosial, ikut mengimplemantasikan strategi yang sudah sudah disepakati, serta melakukan evaluasi dari setiap rencana yang dieksekusi.

4. Memahami Akuntansi dan Keuangan

Tentu saja, menjadi seorang CFO harus memahami akuntansi dan keuangan. Bagaimana memastikan akun-akun yang masuk ke dalam pos-pos pengeluaran dan pemasukan itu benar. Dia juga harus proaktif dalam setiap pengeluaran dan pemasukan yang dibukukan itu wajar atau tidak.

Seorang CFO juga dituntut untuk transparan dan memastikan fungsi akuntansi dan keuangan mampu beradaptasi mengikuti trend bisnis yang berubah sangat cepat. Hal ini penting bagi CFO untuk bisa memberikan respon dalam menjawab tantangan bisnis dan persaingan yang begitu cepat tapi tak melenceng dari tujuan bisnis tersebut.

5. Strategi Manajemen

Photo Creit: Man of Many

CFO adalah pusat dari strategi manajemen dalam perusahaan. Dia harus bisa menjawab tantangan apa saja yang dihadapi perusahaan, ancaman apa yang akan dihadapi perusahaan, strategi apa yang bisa dipakai untuk menyaingi kompetitor, kesempatan apa yang bisa digunakan untuk mencapai target, dan menentukan bisnis model apa yang sukses seperti perekrutan sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan trend bisnis yang cepat.

BACA JUGA


Dari 5 roles dan kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CFO, kita sekarang tahu, bahwa dia tak hanya harus cerdas dalam ilmu akuntansi dan keuangan. Seorang CFO dituntut untuk memiliki skill kepemimpinan, komunikasi yang baik, mampu beradaptasi dengan cepat, mampu me-manage sumber daya manusia, dan juga memiliki seni dalam melakukan inovasi yang tidak kaku.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Tahu Caranya Menjadi Seorang CFO Keren? Ini Dia 5 Cara Menjadi CFO yang Dibutuhkan dalam Bisnis!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !