Teman saya, Yemima, punya hobi travelling. Dia seringkali mengambil cuti untuk liburan keluar kota, terutama ke pantai. Dalam beberapa tahun terakhir, Yemi sudah berkeliling beberapa tempat indah di Indonesia seperti Belitung, Karimun Jawa, Labuan Cermin, Togean, dan Pulau Bawean. Dalam hati saya khawatir, Yemi liburan terus, punya tabungan gak ya? Ternyata selain rajin liburan, Yemi rutin menyisihkan 30% dari penghasilan bulanannya untuk ditabung demi kepentingan masa depan. Yemi punya tips agar hobi liburannya tidak mengganggu rencana masa depannya. Ini dia 6 tips liburan senang hati tenang ala Yemi.



1. Rencanakan jauh-jauh hari

Agar bisa mendapatkan tiket promo dengan harga yang terjangkau, Yemi merencanakan liburannya jauh hari. Setelah muncul jadwal hari libur dari kantor, Yemi segera menandai tanggal-tanggal long weekend dan mencari opsi tempat liburan. Agar lebih hemat, Yemi memanfaatkan promo dari kartu kredit, seperti potongan harga dengan kupon atau cicilan 0%. Saatnya berburu tiket!


2. Bergabung dengan komunitas traveller

Untuk memudahkan rencana liburannya, Yemi bergabung dengan komunitas traveller dengan sistem share cost. Komunitas ini biasanya sudah punya plan liburan beserta dengan detail itenerary-nya. Mulai dari tiket penginapan, tiket masuk obyek wisata, dan konsumsi sudah diperhitungkan dengan detail. Yemi tinggal memilih plan yang sesuai dengan jadwal dan membeli tiket pesawat pulang-pergi.



3. Manfaatkan pertemanan dalam komunitas

Saat sedang ingin melakukan perjalanan sendiri, Yemi akan mendiskusikan rencana perjalanannya ke temannya di komunitas. Dari sini dia bisa mendapatkan informasi akomodasi dan transportasi lokal. Terkadang, ada temannya yang bisa dimintai bantuan. Menginap di rumah teman tentu lebih hemat daripada menginap di hotel kan?



4. Belajar skill baru yang mendukung hobi

Untuk mendukung hobi liburannya, berawal dari snorkeling, Yemi mengambil sertifikasi khusus untuk diving. Dengan begitu, pada saat liburan, Yemi bisa mengeksplorasi keindahan bawah laut Indonesia. Its really breath taking!



5. Bekali diri dengan peralatan berkualitas

Yemi hanya menggunakan peralatan yang berkualitas untuk diving, seperti kamera yang bisa digunakan underwater hingga kedalaman 40 meter. Memang harganya lebih mahal, namun lama pakainya pun lebih panjang. Agar tidak membebani keuangannya, Yemi memanfaatkan promo di situs jual beli online dengan cicilan 0%.



6. Siapkan alokasi khusus untuk dana liburan

Hobi liburan Yemi membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana ini antara lain digunakan untuk akomodasi, transportasi, biaya sertifikasi diving, membeli kamera yang berkualitas, dan tentu saja membeli oleh-oleh. Setiap bulannya, Yemi mengalokasikan 20% dari gaji untuk dana liburan.

BACA JUGA


Gaji Kecil? Begini Cara Liburan Keliling Dunia Gratis dengan Modal Tulisan

Gaji Kecil? Begini Cara Liburan Keliling Dunia Gratis dengan Modal Tulisan

Banyak yang bertanya bagaimana cara saya bisa jalan-jalan beberapa kali dalam setahun keliling dunia, mulai dari Afrika hingga Amerika. ...

Read more..

Dengan pengaturan keuangan yang tepat, Yemi bisa liburan senang namun hati tetap tenang. Kamu juga bisa seperti Yemi. Yuk share cerita #senangliburan di moola.id.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Liburan Tapi Tak Mau Mengorbankan Dana Masa Depan? Ikuti 6 Tips #SenangLiburan Hati Tenang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !