Pertanyaan:

“Dear Mbak Wina,

Aku senang banget lihat para travel blogger. Hidupnya asyik banget. Bisa jalan-jalan ke berbagai tempat di dunia. Gimana ya caranya supaya aku bisa liburan tiap bulan?”

Rezi – Surabaya


Jawaban:

Dear Rezi,

Para travel blogger itu memang pekerjaannya traveling dan membuat konten. Ada yang lewat blog, vlog atau media sosial. Pekerjaan mereka enak? Sudah pasti! Tapi jangan pikir pekerjaan mereka itu gampang lho. Butuh komitmen tingkat tinggi untuk terus menerus hadir dengan konten yang asyik untuk pembaca, penonton atau followernya.

Untuk bisa liburan kita perlu memperhatikan ongkos transportasi, akomodasi, makan, rekreasi hingga berbelanja. Kalau mau ini terpenuhi setiap bulan, perlu cek juga pos mana yang bisa dibayari pihak lain – pos mana yang siap kita bayar sendiri.

Terus gimana dong supaya bisa merasakan liburan setiap bulan ala travel blogger?


Berikut ini Tips yang saya kumpulkan dari mereka!

1. Rajin membuat konten

photo credit: thepinthemapproject

Namanya travel blogger, berarti harus punya blog yang jadi referensi dong. Kalau sekarang kamu masih bilang “malas ah menulis” – lupakan saja cita-cita liburan ala travel blogger.

Jaman sekarang konten ini tidak selalu berbentuk tulisan blog. Kamu yang lebih jago bikin materi audio visual, bisa jadi vlogger alias youtuber. Atau kamu juga bisa menggunakan media sosial untuk jadi channel konten tersebut.

Yang penting ada kontennya dulu ya. Perlahan tapi pasti kamu sedang membangun audience-mu sendiri. Bingung mulai dari mana? Follow dulu Ollie @salsabeela. Ollie rajin bikin workshop menulis lho. Dia sampai bisa jalan-jalan dari hobi menulis itu! Jadi gak ada alasan kamu pasti bisa juga ikut menulis bareng di www.moola.id.


2. Cek tanggal merah di kalender!

photo credit: informatio

Semua teman saya yang rajin traveling adalah orang-orang yang sangat sadar kapan terjadi tanggal merah di kalender. Biasanya saat saya baru sadar ini hari libur, teman saya sudah posting sedang bersiap boarding naik pesawat! Kapan beli tiketnnya? Oh setahun yang lalu! Ya ampun ternyata mereka memang sudah ancang-ancang dari jauh hari!


3. Rajin datang ke travel fair

photo credit: lifestyle.liputan6

Ayo kamu tahu gak kapan ada travel fair? Airlines favorit biasanya punya jadwal khusus. Harga tiket ke Jepang cuma Rp4.500.000 per orang? Sikat! Kapan lagi bisa terbang 7 jam tanpa harus naik budget airline? Antri sedikit, repot sedikit, tapi kamu punya akses ke penerbangan enak dengan harga lebih murah.


4. Rajin browsing di situs pemesanan online

photo credit: shutterstock

Ada banyak situs pemesanan online. Kamu perlu meningkatkan keahlian risetmu. Beberapa situs ini melakukan spesialisasi harga tiket budget airlines. Ada juga yang khusus untuk hotel. Bahkan ada yang terkenal bisa menunjukkan daftar harga tiket pesawat murah area tertentu, khusus Eropa, khusus Amerika atau khusus Asia Pasifik. Yuk browsing!


5. Daftar mailing list maskapai penerbangan

photo credit: hexja
m

Tips yang ini penting. Ternyata saat ada program diskon, maskapai penerbangan akan mengumumkannya terlebih dahulu pada kamu yang jadi pelanggan dan terdaftar di mailing list. Sediakan alamat surel tersendiri untuk berbagai penawaran menarik ini. Jadi kamu pun selalu yang terdepan dengan informasi penerbangan.


6. Liburan tapi kerja, Kerja tapi liburan

photo credit: rusconsul

Ada pekerjaan-pekerjaan yang menuntut kamu untuk traveling terus. Misalnya jadi trainer, konsultan atau jurnalis. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas dengan melakukan extend stay. Tinggal nambah sedikit untuk kamar hotel atau sewa apartemen. Tiketnya sudah dibayari kantor. Yang penting kerjaan beres. Sehingga boss juga tidak masalah kalau kamu minta tambahan cuti setiap ada perjalanan dinas.


7. Dari hobi jadi endorser

photo credit: kintakun-collection

Jangan ketawain kalau ada ‘online celebrity’ sedang mempromosikan suatu brand. Beauty blogger seperti Ucita Pohan bisa sampai ke Raja Ampat. Ia memulai perjalanan blogging-nya dari hobi membandingkan berbagai macam make up. Kalau kamu punya hobi khusus, tunjukkan di media sosial agar kamu bisa diperhitungkan dan mendapatkan undangan liburan ke destinasi idaman.


8. Punya keahlian khusus

photo credit: diplomatmild

Every blogger has his or her own game.

Perhatikan bedanya Alexander Thian @amrazing dengan Marischa Prudence @marischaprue. Alex punya mata yang awas sekali saat memotret. Saking kerennya foto-foto jepretan Alex sampai pernah dibuatkan pameran khusus di gedung World Trade Center, Jakarta Pusat. Sementara Prue terkenal punya kegemaran diving . Photo-photo yang diproduksi Prue dan tim banyak menunjukkan keindahan alam bawah laut Indonesia. Sebagian besar di Indonesia Timur. Undangan traveling untuk Alex dan Prue tentu menyesuaikan dengan keahlian mereka. Kamu punya keahlian khusus apa?


9. Bekerja di perusahaan penerbangan

photo credit: crafthubs

Kalau kamu bekerja di perusahaan penerbangan, kemungkinan kamu akan mendapatkan fasilitas khusus jatah terbang gratis ke mana pun! Asyik kan? Tapi fasilitas ini tentu ada plus minusnya. Walaupun kamu bisa terbang gratis, ternyata tiketnya adalah tiket stand by. Namanya juga gratisan. Penumpang berbayar akan dapat priority seating. Kalau pesawat overbooking, kamu – si penumpang gratisan – akan jadi yang pertama dikeluarkan dari daftar penumpang hari itu.


10. Siapkan dana liburan

photo credit: once-upondecember
Sekeren apa pun tipsnya, kalau liburan nggak pegang duit ya tetap menderita! Ayo nabung! Buat rekening terpisah yang kamu isi secara rutin setiap bulannya. Menabung 6 bulan harusnya bisa untuk beli tiket ke satu destinasi lokal pulang pergi. 50% dari bonus tahunan harusnya bisa untuk membayarkan hotel dan makan selama liburan.


Kadang-kadang liburan gratis. Kadang-kadang liburan dibayarin. Tapi ada masanya, liburan bayar sendiri. Jadi liburan setiap bulan itu bisa terjadi! Seru banget yah. Silakan mau pilih kerjakan tips yang mana dulu nih.

Saya yakin banget. Para travel blogger yang keren juga mengatur keuangannya dengan baik. Mereka kan harus pulang juga. Apa kerennya kalau pulang traveling terlilit utang kartu kredit? Apa kerennya keliling dunia tapi gak punya rumah sendiri?


Kalau kamu punya tips lain tentang traveling yang gak bikin keuangan buntung, silakan ikutan sharing menulis artikel di www.moola.id. Colek saya di akun twitter dan instagram @mrshananto atau Facebook Page Ligwina Hananto kalau kamu suka artikel ini ya!

Yuk siapkan dana liburan kita. Supaya bisa terus melihat dunia sambil keuanganmu juga tetap sehat!


~Ligwina~

Founder / CEO QM Financial dan Plan.id

Managing Editor Moola.id

#SenangLiburan

For-Moola ini adalah kolom khusus Ligwina Hananto. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan keuangan melalui email: hello@moola.id.

For-Moola is POWERED by Plan.id.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Liburan Setiap Bulan? Ikuti 10 Tips Seru Ala Travel Blogger Agar Bisa Rutin Liburan ". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !