Malam ini, kamu akan menghadiri sebuah event besar dari perusahaan tempat kamu bekerja dan akan melakukan pidato singkat. Kamu pun berlatih melakukan pidatomu di depan cermin. Sampai akhirnya kamu sadar bahwa gigimu terlihat sangat kuning! Padahal kamu sudah rajin menyikat gigi dengan baik.

Temanmu menyarankan untuk pergi ke dokter gigi dan melakukan bleaching gigi yang sedang hits saat ini. Tapi apa boleh buat, biayanya terlalu mahal untuk budget-mu sekarang. Lalu, apa solusinya?

Tenang dulu, jangan panik. Ada 7 cara di bawah ini yang bisa membantumu mendapatkan gigi yang lebih putih tanpa harus bleaching ke dokter!


1. Menggunakan Baking Soda

Photo credit: David Wolfe

Baking soda merupakan bahan yang bersifat abrasif, oleh karena itu baking soda dapat mengangkat kotoran-kotoran yang menempel di gigi dengan mudah dan menghilangkan warna kuning. Baking soda juga dapat membantu menyeimbangkan pH di dalam mulut jika kamu sering memakan makanan yang asam.

Untuk menciptakan pemutih gigi dari baking soda, kamu bisa mencampurkan 2-3 sendok teh baking soda dengan perasan lemon. Kemudian, gosok gigi dengan campuran bahan tersebut menggunakan sikat gigi. Biarkan selama satu menit, kemudian bilas dengan kumur-kumur sampai bersih. Kamu dapat langsung melihat perbedaan warna gigimu deh!

Walaupun baking soda baik dalam memutihkan gigi, jika dilakukan terlalu sering gigi lama-lama bisa keropos. Untuk itu, lakukan maksimal 2 kali seminggu saja ya agar gigi putihmu tetap terjaga.


2. Menggunakan Minyak Kelapa

Photo credit: Huffington Post

Minyak kelapa selain bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat perlengkapan spa di rumah, juga bisa dipakai untuk membuat gigi kamu tampak lebih putih. Kandungan yang terdapat dalam minyak kelapa mampu mengangkat bakteri dan plak yang membuat gigi berwarna kuning.

Cara penggunaan minyak kelapa sebagai pemutih gigi pun mudah. Kamu tinggal menyiapkan beberapa sendok teh minyak kelapa dan letakkan di sikat gigimu. Kemudian sikat gigi seperti biasa, tetapi berikan waktu lebih lama yaitu sekitar 15-20 menit dalam menyikat gigimu agar kotoran-kotorannya benar-benar terangkat. Setelah selesai, kamu tinggal membilasnya dan melanjutkan menyikat gigi seperti biasa. Mudah, kan?


3. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel memang biasa bekerja sebagai antibiotik dan pembersih gigi dan gusi. Untuk itu, cuka apel juga bisa menghilangkan kotoran dan noda-noda yang menempel di gigi, terutama yang diakibatkan oleh kopi dan nikotin.

Cara penggunaannya pun juga sederhana. Lakukan sikat gigi seperti biasa, hanya saja kali ini kamu menggunakan cuka apel dan bukan pasta gigi. Setelah selesai, gosok gigi seperti biasa dengan pasta gigi yang tidak mengandung fluoride agar cuka apel tidak bekerja terlalu keras hingga merusak gigimu.

Sama halnya dengan baking soda, cuka apel tidak boleh digunakan terlalu sering ya dalam memutihkan gigi! Pakailah minimal satu kali dalam satu bulan untuk menjaga gigimu tetap putih dan sehat.


4. Menggunakan Stroberi

Salah satu tips memutihkan gigi yang dilakukan oleh selebriti internasional seperti Tyra Banks adalah menggunakan stroberi!

Loh, memang bisa? Caranya bagaimana?

Kamu tinggal menghancurkan sekitar 4-5 buah stroberi, kemudian gunakan stroberi yang sudah hancur tersebut dengan cara digosok-gosokkan ke gigimu selama 10-15 menit. Setelah selesai, kumur-kumurlah seperti biasa.

Stroberi selain rasanya enak, juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi karena memiliki antioksidan dan kandungan-kandungan bahan lainnya yang dapat menjaga kesehatan gigi. Untuk itu, sering-sering ya mengkonsumsi stroberi!


5. Hindari Kebiasaan yang Membuat Gigi Kuning

Photo credit: sprayablesleep.com

Gigi kuning biasanya disebabkan oleh makanan dan minuman yang kamu konsumsi dan meninggalkan noda, seperti kopi, teh, soda, dan makanan yang asam. Untuk menjaga gigi putih yang telah kamu ciptakan menggunakan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi, ada baiknya kamu mulai mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut.

Selain itu, kandungan nikotin dalam rokok juga salah satu zat yang menyebabkan gigimu berwarna kuning. Mulailah gaya hidup sehat dan kurangi konsumsi rokok jika kamu ingin memiliki gigi yang putih dan sehat.


6. Sikat Gigi dengan Rutin

Photo credit: Huffington Post

Seberapa sering pun kamu melakukan pemutihan gigi, jika kamu tidak rutin melakukan sikat gigi semuanya akan sia-sia. Jika bisa, sikatlah gigimu sesering mungkin setiap selesai mengkonsumsi sesuatu. Tetapi jika terlalu sulit, sikat gigi dua kali sebelum tidur dan sesudah sarapan jangan sampai ditinggalkan.

Pilihlah pasta gigi yang mengandung pemutih seperti blue covarine untuk menjaga keputihan dan kebersihan gigimu. Lakukan juga langkah-langkah menyikat gigi yang benar seperti yang dianjurkan para dokter ya!

Selain dengan menyikat gigi, kamu juga bisa menggunakan mouthwash agar kotoran-kotoran di gigimu benar-benar terangkat. Selain itu, mouthwash juga akan membuat nafasmu lebih segar dan gigi lebih sehat.


7. Memeriksa Gigi Secara Rutin ke Dokter Gigi

Photo credit: Dentist Collect

Walaupun kamu sedang berusaha mengurangi budget yang harus dikeluarkan dalam menjaga kesehatan gigimu, pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali tetaplah suatu kewajiban. Tanyakan kepada dokter gigimu cara untuk menjaga gigi tetap putih tanpa perlu melakukan bleaching seandainya cara-cara di atas belum berhasil bagimu. Konsultasikan juga keluhan-keluhan gigi lain yang kamu rasakan agar kesehatan gigimu tetap terjaga.

BACA JUGA


Dana Produk Kecantikan

Dana Produk Kecantikan

Beauty advisor sudah sepantasnya jago menawarkan produk kecantikan. Namun prinsip saya, buat apa beli kalau tidak terpakai

Read more..

Itu dia 7 cara membuat dan menjaga gigimu agar tetap putih dengan budget yang terjangkau. Kamu punya tips lain dalam memutihkan gigi secara hemat? Share di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mau Gigi Putih Tanpa Bikin Dompet Tipis? Ini Dia 7 Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !