Ada dua tipe orang berdasarkan penyikapannya terhadap uang logam:

  1. dikumpulkan dan digunakan;
  2. ditaruh (sembarangan maupun terkumpul) dan dilupakan.


Kamu termasuk golongan yang mana? No 1 atau No 2?

Mungkin kamu termasuk orang yang rajin mengumpulkan uang logam - untuk dimasukkan ke dalam celengan! Bermanfaat ya! Tapi banyak juga yang sekadar mengumpulkan lalu lupa memasukkannya ke dalam celengan. Akhirnya uang logam ini tidak berhasil terkumpulkan dan tidak berguna juga! Walhasil, ada banyak di antara kita yang meninggalkan jejak uang logam di mana-mana di dalam rumah. Padahal harusnya ini bisa bermanfaat lebih banyak!


Peduli koin

Coba kumpulkan uang koin ini agar kamu bisa jadikan sumbangan pada gerakan sosial pilihan kamu. Coin-A-Chance misalnya, sangat rajin menjadi pengepul. Kamu bisa jadi kolektor koin di rumah dan kantor dan memasukkan uang logam ke dalam celengan khusus dari Coin-A-Chance. Mereka akan mengirimkan relawan ke tempatmu untuk mengambil celengan yang sudah penuh. Setiap bulan sekali para relawan berkumpul untuk menghitung uang koin untuk disumbangkan menjadi beasiswa!


Cara lain ada di sebuah maskapai penerbangan asal Hong Kong. Organisasi seperti Unicef sering bekerja sama dengan pihak maskapai penerbangan. Sebelum lepas landas, pramugari akan membagikan amplop Unicef untuk kamu memasukkan koin-koin dari negara tempat kamu bepergian. Sering kan kita jalan-jalan dan pulang dengan setumpuk koin mata uang asing yang sudah tidak bisa ditukar jadi nilai signifikan di negara asal kita. Nah amplop Unicef ini bisa jadi solusi juga!


Kembalian Koin

Kalau kamu orang yang bibi-titi-teliti, kamu juga bisa mengumpulkan koin sebagai senjata kembalian saat belanja di minimarket. Pernah kan kamu sudah antri dengan rapi, membayarkan belanjaanmu di minimarket, lalu petugas kasisnya menawarkan beberapa opsi untuk kembalian belanjaanmu. Ada yang meminta pembayaran dengan uang kecil saja, ada yang menawarkan sumbangan saja supaya tidak perlu memberikan kembalian, ada juga yang memberikan kembalian dengan permen!


Nah dompet ajaibmu yang selalu terisi koin akan sangat bermanfaat saat bertemu situasi seperti ini.

"Kenapa Mbak, gak ada kembalian ya? Aku punya banyak uang koin! Perlu berapa?"

Kamu mungkin bukan supir mikrolet, tapi dompet koinmu bisa jadi lebih lengkap isinya dibandingkan supir mikrolet!


Tak peduli koin

Kamu tidak suka ribet. Daripada menghitung sendiri, kamu lebih suka bayar dengan uang kertas nominal lebih besar. Kembalian pembayaran langsung masuk kantong, kadang lipatan uangnya tidak dibuka dulu sebelum dimasukkan ke dompet. Sampai rumah, kamu keluarkan isi kantong, taruh di permukaan datar (kamu tidak selalu ingat itu di mana). Pilih-pilih uang kertas yang tampak masih bagus, masukkan ke dompet, dan meninggalkan koin-koin.

Untuk orang seperti kamu, solusinya jangan mengumpulkan uang kas. Siapkan uang digital! Kamu sebetulnya bukan pemalas. Kamu cuma hidup di abad yang lebih maju saja! Gunakan berbagai fasilitas digital dan pastikan kamu siap hidup coinless!

Photo credit: mbribik.com

Kamu bisa baca artikel tentang Tips Hemat Kekinian Perempuan Digital di sini.


Apakah kamu punya pengalaman unik yang berhubungan dengan uang logam? Berbagi yuk dengan sahabat MoolaID!

***


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mari Peduli Pada Uang Koin Kembalian! Dari Sedikit Jadi Banyak Manfaatnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !