Kamu penikmat kopi? Mulai saat ini jangan hanya menjadi penikmat saja tapi jadilah pelaku bisnis di industri perkopian. Saya bertemu dengan 2 teman yang berbisnis kedai kopi ala cafe dalam sebuah event bazar. Melihat omzetnya yang mendekati angka 25 juta selama 26 hari event bazar membuat saya ingin mengetahui bagaimana memulai bisnis kedai kopi dengan budget yang minim.

Gerai Kopi Manual

Photo Credit : PegiPegi

Meskipun sederhana, bukan berarti kedai kopi yang akan kamu bangun ini tak berkualitas. Kedai kopi tak melulu soal mesin espresso mahal, sofa-sofa mewah dan sebuah tempat fancy yang modalnya ratusan juta rupiah. Jika kamu benar-benar berniat membuat kedai kopi yang berkualitas, kamu bisa membuat konsep kedai kopi dengan alat seduh manual. Semua alat-alat kopi yang akan kamu gunakan di kedai kopimu harganya tak ada yang mencekik leher. Untuk menghasilkan espresso, kamu bisa membeli Rok Presso atau Bellman sebagai penggantinya. Tak memerlukan listrik, bukan? Selain itu sediakanlah manual brew lengkap seperti V60, Chemex, Aeropress dan lain-lain. See? Siapa bilang membangun kedai kopi itu selalu mahal?

Coffee Bike atau Gerobak Kopi

Photo Credit : NurulKhairanio

Di Indonesia sepertinya masih jarang gerobak kopi atau istilah kerennya coffee bike yang menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Di luar negeri sendiri (khususnya Eropa, Amerika dan Australia) hal ini adalah hal yang lumrah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal ringan. Pertama tentukan dahulu menu kopi apa saja yang ingin kamu jual, apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika sudah kamu tentukan saatnya membuat gerobak yang bisa dikemudikan dengan motor ataupun sepeda. Buatlah desain yang semenarik mungkin dan terlihat mencolok dari kejauhan. Bisa dipastikan bisnis coffee bike ini akan sangat menarik karena pelakunya masih sedikit.

Lokasi Bisnis Gerai Kopi

Photo Credit : ukmriau

Selanjutnya adalah harus menentukan tempat paling strategis untuk mengawali bisnis kopi ini. Lokasi menjadi penentu dalam perjalanan bisnis. Misalnya saja kamu ingin menggunakan konsep kedai kopi sederhana, maka kamu dapat menggunakan lokasi yang sering berdekatan dengan orang-orang ramai yang mudah dijumpai.

Begitu pula jika kamu ingin mengonsep bisnis kopi dengan kafe. Ini akan sangat membantu bila lokasi yang kamu pilih adalah lokasi yang berdekatan dengan kampus, mall, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Sedangkan bila kamu lebih berminat untuk memanjakan lidah pecinta kopi pada suatu tempat yang relax, kamu dapat memilih lokasi di tempat rekreasi atau bazar seperti yang teman saya lakukan.

Jangan coba membuka kedai kopi mewah di sekitar pasar tradisional yang cukup kumuh. Konsumen kamu tidak akan tertarik dengan kopi tersebut karena harganya mahal.

Menemukan Supplier

Photo Credit : pbs.twimg

Ini hal simple namun tidak bisa dianggap sepele. Jika target market kamu konsumen menengah ke bawah, tidak perlu bingung mencari supplier, di pasar banyak penjual kopi baik instan maupun tidak.

Lain hal kalau targetnya menengah ke atas. Jika kamu ingin omzet jutaan perhari, kamu harus menarget konsumen ini. Mereka rela membayar mahal, oleh karena itu mereka layak mendapat kopi terenak yang pernah ada. Saat ini sudah banyak berbagai macam jenis kopi di market online, kamu tinggal memilih sesuai kebutuhan gerai kopimu.

Karyawan

Photo Credit : cdn.2

Karyawan juga menentukan arah bisnis kamu yang akan berjalan, maka tidak akan ada salahnya apabila kamu memilih karyawan yang tidak jauh dari kehidupan kamu atau mereka yang masih memiliki ikatan keluarga, tetangga, maupun rekan.

Hal di atas akan mempengaruhi kesigapan, serta kualitas diri mereka. Begitu pula dengan konsep untuk karyawan juga sebaiknya dihadirkan. Dengan konsep karyawan yang tepat, misalnya saja seragam dan bentuk pelayanan pada pelanggan, maka akan memberikan nilai tersendiri dari para pelanggan atau konsumen pada bisnis kopi kamu.

Izin Usaha

Photo Credit : Hukum123

Perizinan usaha atau bisnis sangat penting untuk memastikan kelegalan bisnis yang kamu jalankan. Selain itu, dengan perizinan, maka akan semakin mudah dalam menjalankan atau bahkan mengembangkan bisnis kopi tersebut.

Strategi Pemasaran

Photo Credit : kopitangsel

Kamu dapat menggunakan cara online maupun offline. Jika sudah menjalankan konsep bisnis offline, maka kamu bisa menggunakan media sosial untuk memasarkan bisnis kopi secara online. Jadi akan semakin banyak yang mengenal bisnis kopi yang kamu jalankan.

BACA JUGA


Bagaimana Memulihkan Krisis Keuangan Keluarga Agar #SekuatTiangListrik? Ikuti Cara Berikut Ini, Sahabat Moola!

Bagaimana Memulihkan Krisis Keuangan Keluarga Agar #SekuatTiangListrik? Ikuti Cara Berikut Ini, Sahabat Moola!

Mustahil akan ada kemajuan tanpa perubahan, orang yang tak dapat mengubah pikirannya tak akan bisa mengubah apa-apa

Read more..

Gimana? Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Manisnya Bisnis Gerai Kopi Ala Cafe Bagi Pemula". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !