Sahabat Moola, apa rencana kamu untuk menghabiskan waktu bersantai di akhir pekan? Banyak muda-mudi meluangkan waktunya demi bertemu dengan pasangan, salah satunya dengan dinner romantis di sebuah restoran. Namun, sadarkah kamu bahwa ada saja 'jebakan' restoran yang bikin boros para pelanggan? Jika kamu belum mengetahui, yuk simak 5 trik mereka dalam artikel ini!

1. Sell-up

Photo Credit: Houston Midtown

Sell-up sering dilakukan para pelayan restoran, terutama restoran fast food. Setelah kamu melakukan order, selalu saja ada pertanyaan untuk menambah orderan lain, misalnya apa kamu ingin menambah kentang, es krim, porsi dobel, atau promo-promo spesial yang diberikan pada hari itu. Meski nampaknya lebih murah, harus kamu sadari bahwa ini merupakan jebakan agar kamu mengeluarkan uang lebih banyak.

2. Suggestive sell

Photo Credit: Mimeo

Yang kedua adalah suggestive sell yang terasa bagai 'keramahan' atau 'sambutan' yang menyimpan 'jebakan' terselubung. Saat kamu memasuki restoran dan mulai membuka-buka buku menu, biasanya kamu malah bingung mau pilih yang mana sebab saking banyaknya pilihan. Pelayan yang cerdik akan memanfaatkan momen ini untuk melakukan suggestive sell, misalnya dengan menyapa, "Selamat pagi dan selamat datang di restoran kami, apa Anda berminat mencicipi 'tenderloin steak with mushroom sauce' yang jadi menu andalan restoran ini? Anda tidak mungkin kecewa pada rasanya, dan kebetulan sekali hari ini sedang promo 20% dengan minimum transaksi Rp500.000 saja."

Nah, kamu yang merasa berbunga-bunga mencium aroma diskon, jangan keburu senang dahulu! Sadarilah bahwa diskon tersebut berlaku setelah kamu merogoh kocek cukup dalam, iya, lima ratus ribu rupiah sekali makan!

3. Foto/display makanan yang menggoda

Photo Credit: Reflection #590

Di beberapa restoran, foto/display makanan biasanya merupakan menu yang baru dan sedang jadi hits di sana. Kamu harus tahu bahwa menu baru biasanya dibandrol dengan harga lebih mahal meski disertai embel-embel promo diskon. Hal ini tak lain adalah salah satu strategi mereka 'menjebak' para pelanggan agar lebih banyak melakukan transaksi pembelian. Jadi, usahakan tetap teguh memegang prinsip dengan memesan hidangan yang jadi incaran kamu meski tak ada salahnya juga icip-icip menu baru.

4. Musik dan lounge area yang menyenangkan

Photo Credit: Pinterest

Memang fasilitas semacam ini akan membuat pelanggan betah berlama-lama di dalam restoran, namun justru karena itulah kamu akan lebih 'terjebak' di dalam dan melakukan transaksi lain meski sudah kekenyangan. Awas, dompetmu jadi korban!

5. Cara mencantumkan harga

Photo Credit: Pinterest

Last but not least, ada-ada saja cara restoran 'menjebak' pelanggan dengan cara mereka mencantumkan harga. Sering mereka hanya menulis 45 untuk makanan seharga Rp 45.000 dalam buku menunya. Hal ini tentu akan berpengaruh pada mindset pelanggan agar lebih banyak memesan dan melakukan pemborosan sebab menganggap bahwa angka 45 cukup 'murah'.

BACA JUGA


Gebyar Kemerdekaan! 5 Restoran di Jakarta Ini Gelar Promo 17 Agustus-an

Gebyar Kemerdekaan! 5 Restoran di Jakarta Ini Gelar Promo 17 Agustus-an

Merdeka! Promo bertebaran di 5 restoran dan tempat makan ini sayang lho untuk kamu lewatkan

Read more..

Memang tidak ada salahnya bila kamu ingin memanjakan diri dan pasangan saat makan di restoran. Yang jadi masalah adalah ketika kamu tidak sadar sedang berada dalam 'jebakan'. Semoga artikel ini bermanfaat, Sahabat Moola!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Malam Minggu Dinner Bareng Pasangan? Waspada 5 Jebakan Restoran yang Bikin Kamu Boros Pengeluaran!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !