Tak hanya sebagai sumber tenaga, makanan juga punya banyak makna dan kepercayaan yang menyertainya. Dari sekian banyak mitos yang ada, beberapa makanan diyakini membawa keberuntungan. Apa saja?


1. Mie panjang umur

Photo Credit: Steamy Kitchen

Setiap pergantian tahun, orang-orang di Tiongkok dan Jepang menyajikan mie panjang tanpa terputus sebagai simbol panjang usia bagi yang mengkonsumsinya. Untuk menyiasati mie tak mudah putus, maka mie diolah dengan ditumis bukan direbus.


2. Ikan utuh

Photo Credit: Tribun Pontianak

Untuk memulai tahun baru yang banyak peruntungan dan jauh dari kesengsaraan, ikan disajikan dalam kondisi utuh dari kepala hingga ekornya dalam sebuah jamuan makan.


3. Sayuran hijau

Photo Credit: Okezone

Orang-orang Amerika dan Eropa menyantap banyak sayuran hijau di malam tahun baru. Mereka percaya bahwa sayuran hijau membawa keberuntungan sebab warnanya mirip uang. Jadi, kalau kamu ingin hidupmu menyenangkan, jangan lupa makan sayuran hijau untuk nutrisi keseharian.


4. Delima

Photo Credit: Culture Trip

Warna merah delima adalah simbol hati manusia. Masyarkat Turki percaya delima mampu membawa kehidupan dan kesuburan. Sedangkan di Yunani, orang akan membanting delima di depan pintu hingga pecah. Semakin banyak biji yang tercecer, kemakmuran semakin banyak melimpah.


5. Anggur

Photo Credit: wikiHow

Di Spanyol dan Portugis orang memakan dua belas butir anggur saat pergantian tahun sebagai lambang dua belas bulan yang akan dilalui pada tahun mendatang dan dipercaya menjadi keberuntungan.

BACA JUGA


Bagaimana dengan kepercayaan di tempatmu? Jika ada mitos lain seputar makanan yang membawa ke beruntungan, silakan berbagi di kolom komentar.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Makanan Ini Tak Hanya Bikin Kenyang tapi Juga Membawa Keberuntungan. Tertarik Membuktikan?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !