Liburan panjang sudah datang. Sudahkah kamu membuat persiapan dan perencanaan untuk menghabiskannya secara maksimal? Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum liburan panjang.


Cek Kalender, Siapkan Cuti Lebih Lama

Photo Credit: New Vision International Ministries

Di kalender, daftar tanggal merah tentu sudah bisa dilihat. Manfaatkan untuk mengajukan cuti tambahan lebih cepat dari teman-teman sekantor. Pilih tanggal yang berdekatan dengan libur panjang seperti sekarang agar jalan-jalanmu lebih maksimal.


Menabung Sedini Mungkin

Photo Credit: Busbud

Tidak mau berdiam diri di rumah saat libur panjang karena tak ada uang? Mulai sekarang, siapkan dana tambahan dari sisa uang jajan dan pandai-pandailah berhemat ketika belanja kebutuhan.


Packing

Photo Credit: Cruise Critic

Tulis daftar bawaan dan kemas yang rapi dalam ransel atau koper. Jangan sampai ada yang tertinggal bila tak ingin menyesal. Nanti saat bersiap pulang, list kembali barang-barang tersebut agar tak tertinggal di penginapan.


Buat List yang Ingin Dikunjungi dan Dimakan

Photo Credit: Pinterest

Hal ini sangat penting agar kita tidak menyia-nyiakan waktu liburan untuk hal-hal yang sebetulnya tidak terlalu ingin dilakukan dan dimakan. Tanpa list yang matang, biasanya beberapa hal akan lupa dan hanya terlewatkan.


Periksa Keamanan Rumah

Photo Credit: Rentify

Banyak terjadi kasus perampokan saat penghuni tengah berpergian atau kebakaran yang melalap habis rumah dan perabotan. Tak ingin hal tersebut terjadi padamu, kan? Maka jangan lupa periksa semua bagian dan pastikan rumah dalam kondisi aman sebelum ditinggal.


Titipkan Hewan Peliharaan

Photo Credit: Care.com

Kamu yang tengah menikmati liburan tentu tak mungkin membawa serta hewan peliharaan. Agar mereka tak kelaparan, antarkan saja ke rumah penitipan agar kebutuhan sehari-harinya tetap diperhatikan.


Ok, sekarang kamu sudah siap berlibur panjang. Bagaimana cara menikmatinya secara maksimal dengan budget minimal?


Jelajah kuliner lokal tepi jalan, tak perlu sekelas restoran

Photo Credit: That Food Cray

Buat kamu yang hobi jalan-jalan sambil kulineran, tak perlu menjajal berbagai makanan di restoran mahal. Cukup jelajahi yang ada di pinggir-pinggir jalan dengan harga yang masuk akal. Kadangkala jajanan kaki lima bisa selezat bintang lima jika kamu pandai memilihnya. Jangan lupa tetap perhatikan kebersihan, ya!


Cukup berfoto di halaman tempat iconic, tak perlu bayar tiket masuk bila mahal

Photo Credit: Shutterstock

Saat berlibur di suatu tempat, kamu pasti ingin menjelajahi seluruh bangunan iconic atau melihat atraksi populer bertiket mahal. Tanyakan dulu pada dompetmu, bila dana tak mencukupi, kamu bisa mengambil foto di halamannya saja (yang penting kan tetap bergaya, haha).


Cari wisata gratisan tapi nggak pasaran

Photo Credit: Flickr

Berfoto di depan landmark atau melihat atraksi gratis bisa menjadi pilihan agar kantong tak berteriak kencang. Selain itu, mengunjungi museum, galeri seni, ladang bunga, dan pasar malam juga tak kalah menyenangkan. Yang gratis yang bikin liburanmu manis!


Liburan rame-rame agar lebih murah

Photo Credit: Premier Cottages

Nikmatnya rame-rame tak hanya membuat liburanmu semakin seru dan lebih berwarna, tapi sekaligus menghemat ongkos karena bisa sharing cost.


Menginap di hostel

Berlaku buat yang budget-nya pas-pasan, jangan malu menginap di hostel atau guest house murah. Jika kebutuhannya untuk tidur dan menyimpang barang saja, mengapa harus pilih hotel bintang lima?


Siapkan bekal perjalanan

Photo Credit: Trips With Tykes

Ini penting! Sebelum tancap gas, kamu pasti butuh cemilan selama perjalanan atau lauk praktis untuk teman makan. Jadi, jangan lupa persiapkan logistik yang cukup, Sahabat Moola!

BACA JUGA


Kamu Mau Liburan ke Tokyo? Simak Dulu Tipsnya Supaya Gak Bokek di Sana!

Kamu Mau Liburan ke Tokyo? Simak Dulu Tipsnya Supaya Gak Bokek di Sana!

Salah satu elemen yang menyebabkan liburan jadi mahal adalah biaya hidup harian. Biaya ini jumlahnya bisa kecil-kecil tapi banyak banget. ...

Read more..

Nah, itu tadi tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menikmati liburan secara maksimal namun dengan budget minimal. Selamat berlibur panjang dan jangan lupa utamakan keselamatan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Maksimal dengan Budget Minimal? Perhatikan Hal Berikut Ini Sebelum Liburan Panjang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !