Photo Credit: Liburan Yuk

Buat yang hobi banget liburan, pastinya punya anggaran khusus buat liburan setiap tahunnya. Yah... minimal 6 bulan sekali harus liburan kemana gitu yaaa. Karna hobi yang gak murah ini, pastinya kita harus pintar-pintar menyisihikan uang supaya target liburan yang sudah direncanankan bisa terealisasi. Nah, disini saya mau sharing tips liburan ala backpacker dan gak akan buat makan indomie nanti ditanggal tua. Check this one out!

1. PILIH DESTINASI

Penting untuk menentukan destinasi atau lokasi liburan mana yang akan jadi pilihan kamu buat berlibur. Jangan sampai kamu berencana liburan ke Karimun Jawa disekitar bulan oktober - desember, karna biasanya di bulan-bulan itu musim hujan dan ombaknya tinggi. Jadi jarang banget kapal yang berangkat dari Pantai Kartini menuju Karimun Jawa. Kalaupun nantinya kalian bisa ke Karimun Jawa, khawatirnya kapal tidak dapat menjemput kesana sesuai jadwal. Kalau sudah seperti itu, dijamin

mood

liburan jadi berubah dan tidak menyenangkan. Jadi untuk mengantisipasi hal itu, pilih destinasinya dengan tepat.

2. PELAJARI KULTUR DAN DAERAH TEMPAT KITA BERLIBUR

Karna kita liburan ala backpacker otomatis kita gak pakai yang namanya

guide

, jadi kita harus pelajari benar mengenai daerah tersebut. Kamu harus buat

list

wisata mana aja yang mau kamu kunjungi ketika disana nanti dan akomodasi apa yang akan kita gunakan buat menuju ke lokasi wisata. Semisal kalian mau ke pantai balekambang ketika di Malang, kalian bisa cari tahu dulu tempat penyewaan sepeda motor atau mobil di dekat stasiun atau bandara di malang. Dan jangan malu untuk berinteraksi dengan warga sekitar apabila ada daerah yang tidak kalian tahu, karna kadang mengandalkan google map saja tidak cukup sodara-sodara.

3. AKOMODASI

Akomodasi ini penyebab terbesar terjadinya over budgetting (umumnya buat yang travelling ke luar negeri), karna sukanya cari tiket pesawat dadakan. Sebenarnya banyak agen tour and travel yang memberikan tiket pesawat promo, sebut aja halotiketid, panoramastour, dll. Kadang kalau kalian beruntung, kalian bisa dapat tiket ke Kuala Lumpur PP cuma 500ribu. Hanya saja memang tiket promo itu seatnya terbatas dan hanya ada di tanggal-tanggal tertentu. Jadi buat yang cari tiket promo, pastikan dulu tanggalnya dan pastikan udah dapat ijin cuti dari bosnya yaaa.

4. CARI PENGINAPAN/ HOTEL

Nah...untuk cari penginapan atau hotel, di instagram juga ada beberapa agen travel yang menawarkan harga miring, kok bisa harganya miring? karna biasanya agen tour and travel itu sering dapat voucher dari pihak hotel jadi mereka bisa jual murah. Yang pasti ketika akan memilih hotel atau penginapan promo yang harus kamu pastikan adalah hotelnya itu tidak mengecewakan. Caranya dengan mencari tahu kondisi hotel lewat google atau lewat tripadvisor. Dan karna lagi-lagi hotel promo juga hanya ada di tanggal-tanggal tertentu, pastikan terlebih dahulu tanggal liburanmu. oh iya, di beberapa kota besar sekarang juga menyediakan hotel yang konsepnya seperti mess, jadi di satu kamar ada 3 sampai 4 tempat tidur dan 1 buah kamar mandi, ini harganya lebih hemat banget buat kalian yang liburan dengan banyak orang. Kalian bisa cari tahu lokasinya lewat internet atau bertanya ke warga sekitar.

5. JANGAN TERLALU BANYAK MEMBAWA BARANG

Pastikan bawaan kalian gak banyak, kalau bawa tas 1, isi separuh untuk baju dan perlengkapan lain dan sisakan separuhnya. Karna kalian pasti bakalan belanja dan bawa oleh-oleh yang memungkinkan barang yang kalian bawa pulang jumlahnya 2 kali lipat dari barang yang kalian bawa ketika berangkat. Dan jangan lupa untuk membawa tas cadangan, sebagai antisipasi. Serta kantong kresek untuk tempat pakaian kotor agar tidak tercampur dengan pakaian yang masih bersih.

Pada dasarnya, ketika kalian akan liburan rencanakan dengan matang dan sebaik-baiknya, sehingga tidak menimbulkan over budgetting. jadi uang sisanya bisa buat belanja baju sama makan enak. Semoga tips ini bermanfaat. Happy travelling, guys!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Liburan Asyik Tanpa Over Budget? Ikuti 5 Tips Berikut Yuk!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !