Liburan akhir tahun akan segera tiba. Sudahkah kamu memilih destinasi yang tepat untuk beristirahat dari segala kesibukan? Biasanya, untuk menikmati destinasi tertentu maka kamu akan menginap pada sebuah hotel. Anggapan bahwa hotel adalah tempat teraman dan ternyaman masih sulit terbantahkan, sebelum kamu mengetahui beberapa tipuan yang mereka gunakan untuk menaikkan keuntungan. Apa sajakah? Simak yuk sekarang!

1. Paket Sarapan

Biasanya, hotel menyediakan paket sarapan 'gratis' yang termasuk dalam harga kamar. Dan biasanya pula, banyak orang akan tergiur dengan embel-embel 'gratisan' tersebut dan berharap akan lebih hemat bila memilihnya. Padahal, 'gratis' itu hanyalah gimmick untuk memberi kesan 'best deal' di mata customer. Yang ada, kamu harus membayar harga lebih mahal dibandingkan dengan kamar tanpa paket sarapan. Jarak harga yang dipasang pun cukup lumayan, biasanya berkisar mulai 75 ribu rupiah padahal paket sarapan yang disediakan pun ala kadarnya.

2. Jasa Laundry

Saat menginap di Bali, seorang teman memberi tahu bahwa jasa laundry sangat murah di hotel kami. Namun saya tidak percaya begitu saja, sebab hotel mana yang mau membandrol harga sangat murah untuk layanan cuci pakaian. Hasilnya, teman saya itupun merasa terkecoh sebab harga 20 ribu per kilo yang dijanjikan itu adalah 'gimmick' untuk memikat para customer. Ia sudah terlanjur mengirim beberapa potong pakaian untuk dicucikan, tapi ternyata harga tersebut hanya tipuan, yakni 20 ribu per kilo pakaian basah! Adakah yang mengalami demikian?

3. Pengiriman Makanan

Saat memesan makanan di hotel, kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa harga makanan tersebut sudah include biaya lain-lain seperti tax, layanan antar/pengiriman, serta hal lain yang bisa membuatmu 'tekor bandar'. Jika ingin berhemat, mengapa tidak pesan di restoran sekitar hotel saja?

4. Biaya Tambahan Lainnya

Ingat, sekali lagi, jangan tergiur segala trik yang dijalankan oleh hotel-hotel tertentu. Kamu harus memperhatikan biaya tersembunyi yang dibebankan kepadamu, sebab tak semua hotel mencantumkan biaya tambahan untuk menikmati layanan koran pagi dan sejenisnya. Lebih baik, tanyakan ke pihak resepsionis bila kamu masih ragu pada layanan tertentu.

Well, itulah hal-hal yang harus kamu waspadai saat menginap di hotel. Semoga bermanfaat!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Libur Akhir Tahun: Waspada Tipuan Hotel Saat Menginap, Catat Agar Tidak Terlambat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !