Siapa sih yang nggak pengen punya tubuh langsing ideal? Bisa jadi memiliki kondisi berat badan yang ideal adalah keinginan banyak orang, karena berat badan erat kaitannya dengan isu kesehatan. Mengapa? Karena berat badan berlebih memang selalu dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit, misalnya saja jantung koroner dan diabetes.

Belum lagi gambaran bentuk tubuh yang ideal selalu dicitrakan dengan tubuh yang kurus, walaupun sebenarnya, ini bukan gambaran yang tepat, karena setiap orang dilahirkan dengan tipe tubuh yang berbeda. Namun demikian, toh tetap saja kita, terutama perempuan berlomba-lomba mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang dicitrakan selama ini. Makanya, banyak banget yang juga ingin mencapainya dengan cara instan. Misalnya saja menelan pil tertentu yang konon bikin berat badan langsung hilang, atau yang lagi trend: ikut katering diet yang tentu tidak murah.

Padahal, mengacu pada hukum energi, untuk mempertahankan berat tubuh yang ideal, kalori masuk dengan yang keluar harus sama. Jika ingin mengurangi, maka kalori masuk harus lebih sedikit dari yang keluar. Nah, jika kalori yang masuk lebih banyak, alih-alih makin langsing, lambat tapi pasti, tubuh akan mengalami kenaikan berat badan

Sayangnya, banyak yang tidak menyadari hukum sederhana ini. Coba dicatat dalam sehari, apa saja makanan yang sudah dikonsumsi, dan aktivitas apa saja yang dilakukan untuk membakar kalori? Oleh karena itu, berikut tips yang bisa dilakukan supaya tidak 'kebobolan kalori'.

1. Membiasakan diri tidak jajan

Photo Credit: BakeryAndSnacks

Kenapa? Karena kita tidak tahu apa saja yang telah dimakan. Padahal, jajanan biasanya mengandung kalori lebih dari yang kita butuhkan. Ingat, selain air putih, itu berarti kita sedang memasukkan kalori loh!

2. Selalu makan makanan yang disiapkan sendiri, alias membawa bekal

Photo Credit: Infojakarta

Selain irit, kamu juga bisa mengontrol apa saja yang ada dalam makanan kamu, plus menjaga higienitasnya. Bandingkan harganya dengan ikut katering diet. Tentu lebih murah, bukan? Jika kamu bingung soal menu, kamu bisa searching di Instagram dengan hashtag #mealprep lalu sontek bagaimana #mealprep bisa dilakukan tanpa bikin repot setiap harinya.

3. Makan ketika lapar, dan berhenti ketika kenyang

Photo Credit: Dallas Matchmakers

Kesannya klise, namun ini justru kunci dari program weight management. Coba deh! Percaya nggak, kebanyakan orang makan tanpa didahului rasa lapar, atau menghentikan makan sebelum merasa kenyang. Seringnya sih berhenti saat kekenyangan. Bisa karena pengaruh lingkungan, atau karena faktor emosional yang merasa hidup hanya sebentar, sehingga sebentar-sebentar lapar.

4. Stay Active!

Photo Credit: vidaybienestar

Nggak perlu ke gym, banyak kok DIY workout yang bisa kamu lakukan dimana saja dan kapan saja. Lagi-lagi, kamu cuma perlu banyak gaul di Instagram!

5. Kelola EMOSI

Photo Credit: YouTube

Makan seperti halnya masalah finansial, sebaiknya kamu atur dengan benar, dan lakukan karena KEBUTUHAN, bukan KEINGINAN.

Demikian Sahabat Moola. Jika kalian terbiasa melakukan keempat hal di atas, maka tidak hanya langsing, uang yang biasa dipakai untuk jajan atau hal yang kurang perlu bisa kalian investasikan. Sehingga, tidak hanya lebih sehat, langsing ideal, tapi kaya pun, IYA!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Langsing, Sehat, Bahagia, dan... Kaya! Inilah kuncinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !