Hanya dalam hitungan hari, masyarakat Jakarta dan kota sekitarnya bisa bergembira karena tak lama lagi akan merasakan cepat, mudah, aman, dan nyaman untuk mencapai Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Lewat penggunaan kereta api (KA) bandara yang pengoperasiannya dilaksanakan pada 1 Desember 2017 mendatang, para pengguna akan menikmati banyak kemudahan. Simak yuk sekarang!

Hemat Waktu

Photo Credit : pbs.twimg

Selama ini, akses ke Bandara Soetta hanya terjangkau dengan bus, taksi, dan mobil pribadi yang berarti harus melalui ruas jalan dan lalu lintas yang padat, belum lagi di jam-jam sibuk. Akibatnya, waktu perjalanan pun banyak yang tersita hanya untuk menempuh perjalanan menuju dari dan ke bandara.

Kereta bandara sendiri akan berangkat tiap 30 menit sekali. Jadwal pengoperasian dimulai dari pukul 3 dini hari hingga pukul 11 malam. Diperkirakan waktu tempuh ke Bandara nantinya bisa dicapai hanya sekitar 40 hingga 50 menit. Kereta akan beroperasi sebanyak 124 perjalanan pulang pergi, setiap kereta memiliki 6 rangkaian gerbong, dapat mengangkut 272 penumpang.

Hemat Biaya

Photo Credit : katadata

Besaran tarif yang akan dikenakan kepada penumpang untuk layanan KA Bandara Soekarno-Hatta sendiri dipatok Rp30.000,- per 31 Desember 2017. Selanjutnya, di awal tahun tarif kereta Bandara Soekarno-Hatta disesuaikan. Diperkirakan tarif normalnya menjadi Rp100.000,- per orang.

Fasilitas

Photo Credit : heydeerahma

Bagi pengguna jasa KA Bandara juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di stasiun dan selama perjalanan. Fasilitas tersebut antara lain ticketing counter, tapping gate, eskalator, commercial area, toilet, dan mushala. Khusus di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta juga dilengkapi dengan public hall, waiting lounge, konektivitas ke integrated building dan APMS/skytrain.

Kereta juga dilengkapi pendingin udara, pengisi daya ponsel (charging port), toilet terpisah antara pria dan wanita. Di tiap kereta juga dilengkapi bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang serta 4 layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan informasi posisi kereta.

Menghemat Route Perjalanan

Photo Credit : i1.wp

KA Bandara Soekarno-Hatta akan melalui lima stasiun yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Stasiun Sudirman Baru nantinya terhubung ke Stasiun Sudirman dengan adanya fasilitas pejalan kaki.

Stasiun Sudirman Baru akan berfungsi sebagai area interchange (integrasi moda transportasi publik) yang menghubungkan masyarakat dengan keseluruhan kawasan Dukuh Atas mencakup Stasiun Sudirman (KRL), bus TransJakarta, MRT dan LRT. Dengan demikian, masyarakat Jakarta dan sekitarnya akan semakin mudah mengakses transportasi publik menuju Bandara.

Para calon penumpang yang berasal dari wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Serpong dan Bekasi dapat dengan mudah mencapai Bandara Soekarno-Hattamenggunakan KRL ke Stasiun Sudirman yang terintegrasi dengan Stasiun Sudirman Baru.

Sedangkan bagi calon penumpang yang tidak menggunakan KRL, baik menggunakan bus TransJakarta, bus dalam kota, taksi atau kendaraan pribadi, dapat berpindah di Stasiun Sudirman Baru untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan KA menuju Bandara Soekarno-Hatta.

BACA JUGA


KAI Sediakan Tiket Gratis PP dari Surabaya untuk Rayakan 'Tujuh Belasan', Buruan Siapkan Ranselmu Sekarang!

KAI Sediakan Tiket Gratis PP dari Surabaya untuk Rayakan 'Tujuh Belasan', Buruan Siapkan Ranselmu Sekarang!

Bagi para traveler sejati, tidak ada yang lebih membahagiakan selain mendengar kabar 'tiket gratis' seperti yang baru diluncurkan oleh pihak ...

Read more..

Wah, senangnya! Sahabat Moola jadi semakin mudah menjangkau Bandara Soetta dan tentunya lebih hemat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi 1 Desember. Apa Keuntungannya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !