Sebagai entrepreneur, kamu sudah mengalami pasang-surut bisnis; untung dan rugi datang silih-berganti; tapi kamu tetap bisa tersenyum karena kamu mulai bisa merasakan keberhasilan dari usahamu. Sekarang, kamu dihadapkan pada rencana ekspansi bisnis – tapi sepertinya finansial belum mencukupi. Ya, kamu butuh tambahan modal. Sementara bank biasanya menerapkan bunga yang tinggi atau prosedur yang rumit; kamu bisa mencoba situs-situs yang menawarkan bantuan permodalan dibawah ini:

1. KitaBisa.com

Ini merupakan salah satu situs crowdfunding yang pertama-tama muncul di Indonesia. Menurut Wikipedia, urun dana (crowdfunding) adalah praktik penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet. Artinya, kamu menggunakan situs ini untuk mempromosikan usahamu dan 'bertemu' dengan orang-orang yang ingin mendanai usahamu. Secara umum, kamu akan melihat proyek sosial di KitaBisa.com; tapi sebenarnya KitaBisa.com menerima proyek teknologi, kesehatan, kreatif, dan lain-lain. Sssttt, salah satu pendiri KitaBisa.com, Muhammad Alfatih Timur, baru saja masuk dalam daftar "30 Under 30 Asia" 2016 versi majalah Forbes bulan Februari.


2. Wujudkan.com

Usahamu bergerak di bidang kreatif seperti seni, literasi, atau bahkan kuliner? Coba cek proyek-proyek (mereka menyebutnya 'kreasi') di Wujudkan.com. Proyek terbesar yang pernah didanai di Wujudkan.com adalah film Atambua 39 Derajat Celcius dari Mira Lesmana; yang berhasil mendapatkan 312 juta dari 300 juta yang ditargetkan. Dananya juga masih berasal dari banyak orang, atau sistem crowdfunding.


3. Modalku.co.id

Selain crowdfunding, ada juga sistem crowdlending alias peminjaman dana. Bedanya, jika situs crowdfunding memberikan dana secara cuma-cuma, situs crowdlending meminjamkan dana tersebut, dengan penetapan angsuran per bulan. Modalku bermaksud menjadi jembatan antara pemberi pinjaman yang ingin menginvestasikan dananya; dengan peminjam yang membutuhkan modal kerja mulai dari Rp. 50 juta hingga Rp. 500 juta. Modalku menetapkan bunga terjangkau, namun saat ini masih baru melayani usaha yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang & Bekasi.


4. Gandengtangan.org

Ingin mengembangkan usaha tapi tidak ingin terkena bunga? Gandengtangan jawabannya – dengan satu syarat, usahamu bergerak di bidang kewirausahaan sosial, atau memiliki dampak sosial. Sistemnya juga terbuka, seperti KitaBisa.com dan Wujudkan.com; dan pemberi pinjaman bisa memberikan bantuan mulai dari Rp. 50 ribu.


5. Mekar.id

Menurut halaman 'About', MEKAR didirikan pada tahun 2010 oleh Putera Sampoerna – yang menginvestasikan USD 10 juta lewat MEKAR – dan Charles Nagy. Meski tidak banyak informasi yang bisa didapatkan melalui website-nya, kamu bisa mencoba menghubungi mereka jika membutuhkan dana Rp. 20 juta hingga Rp. 200 juta.


Nah, kelima situs diatas merupakan bukti bahwa dengan kemajuan teknologi, seharusnya mengembangkan usaha menjadi semakin mudah. Kamu hanya perlu berjuang sedikit lebih keras untuk mencari bantuan. Selamat mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Pemilik Usaha yang Butuh Modal? Inilah 5 Situs Permodalan Online Indonesia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !