Berikut ini beberapa hal yang kamu perlu pahami saat berlibur ke Tokyo, Jepang. Bisa lho dengan budget terbatas. Tokyo yang terkenal mahal, ternyata bisa jadi murah kok!


Air minum GRATISAN!

Cara pertama adalah cari air minum GRATISAN!

Kamu tinggal menyiapkan botol air agar bisa kamu isi di apartemen, hotel atau di berbagai lokasi air minum yang tersebar di seluruh Tokyo. Air keran di Tokyo aman untuk diminum. Beberapa teman yang lama tinggal di Tokyo tetap menyarankan agar merebus dulu air keran sebelum kamu minum.

Minum di kuil yuk! - Photo: @mrshananto

Air minum juga bisa kamu dapatkan di water fountain yang selalu tersedia di kuil-kuil. Jadi kalau kamu berkunjung ke kuil, cobain minum menggunakan gayung bambu yang sudah disediakan.

Sebagian besar resto di Tokyo menyediakan air es dan ocha gratis juga kok. Jadi beneran ini. Ongkos air minum bisa langsung kita COREEEET!!!

[Air minum =JPY0/orang]


Lokasi wisata GRATISAN!

Cara kedua adalah memanfaatkan lokasi wisata GRATISAN!

Tentu saja kamu perlu bayar untuk bisa pergi ke Disneyland dan Disneysea. Tapi banyak banget lho lokasi wisata di Tokyo yang bisa kamu kunjungi tanpa bayar biaya masuk.

  • Meiji Jinggu Shrine.
  • Tokyo Government Building – Observatory.
  • Mini Statue of Liberty, Rainbow bridge di Odaiba Aqua City – Odaiba


Rainbow bridge dari Odaiba Aqua City,Tokyo - Photo: @mrshananto


Tiga lokasi wisata ini cuma contoh saja kok. Masih ada banyak lagi seperti Asakusa district, Tokyo Skytree (photo di depannya aja gak bayar ya), jalan-jalan ke Ginza (sekali lagi, photo doang gak belanja) dan lain-lain. Jadi ayo manfaatkan lokasi wisata gratis ini.

[Wisata= JPY0/orang]


Makan ternyata BISA murah


Makan enak di Tokyo - Photo: @mrshananto

Biaya hidup Tokyo yang terkenal mahal memang bikin deg-degan. Tapi kita tetap bisa mengandalkan segitiga Beef Rice Bowl andalan seperti: Sukiya - Yoshinoya -Sakae. Tinggal pilih saja di antara ketiganya untuk mendapatkan standar makanan seperti harga foodcourt Jakarta.

[Beef Rice Bowl Paket Meal dengan sup dan minum = JPY500/orang = IDR60.000/orang]


Sushi Bar versi Kaiten juga bertebaran di mana-mana. Satu porsi sushi dengan seafood yang segar seharga JPY120? Jadi kalau makan 10 porsi juga baru JPY 1.200 per orang! Gak ada makan sushi seenak ini dengan harga segini di Jakarta! When in Japan, eat like a local!

[Sushi Kaiten = JPY1.200/orang = IDR144.000/orang]


Minum hangat dari vending machine - Photo: @mrshananto

Hidup dari mini market & vending machine

Ada banyak mini market di sekitar Tokyo mulai dari Seven Eleven, Lawson dan MiniTop. Turis ini hidupnya bergantung pada mini market yang menyediakan kudapan enak dengan harga yang gak terlalu mahal. Paket Bento dan Onigiri bisa jadi andalan. Pilihan makanan pun ada yang halal, Muslim friendly atau vegetarian. Untuk sarapan, mini market ini juga bisa jadi andalan karena menyediakan telur rebus (iya sudah direbus soft boiled!), roti hingga buah-buahan.

[Sarapan telur dan onigiri = JPY200/orang = IDR24.000/orang]


Lagi jalan kaki kedinginan butuh penghangat? Tenang, banyak juga vending machine yang menyediakan minuman panas. Winter kedinginan malas masak air di apartemen, tinggal beli di vending machine.

[Minuman panas dari vending machine = JPY120/orang = IDR14.400/orang]


Transportasi publik

Oke untuk yang satu ini TIDAK MURAH! Tapi daripada bayar taxi dengan harga JPY12.500 (setara IDR1.500.000]sekali trip, mending kamu pilih transportasi publik saja!

Limo Bus – dari Bandara Narita kamu bisa membeli tiket limosine bus menuju Tokyo. Harganya JPY ... per orang. Contohnya kamu bisa menuju Shinjuku Station dengan bus, lalu menggeret koper sampai hotel atau apartemen.

[Limo bus Narita – Shinjuku Station = JPY3.000/orang = IDR360.000/orang]


Suica CARD! - Photo: @mrshananto

Suica Card – khusus yang hanya jalan di sekitar Tokyo, kartu Suica ini berguna sekali. Kira-kira fungsinya seperti Octopus di Hong Kong. Dengan kartu Suica kamu bisa menyimpan sejumlah uang sehingga tidak perlu beli tiket lagi di stasiun kereta.

[Suica Card perjalanan sekitar Tokyo = JPY700/orang/hari = IDR84.000/orang/hari]


JR Pass – alternatif lain adalah menggunakan JR Pass. JR atau Japan Rail adalah nama perusahaan transportasi di Jepang. Dengan JR Pass kamu bisa menggunakan semua kereta yang dioperasikan oleh JR di Tokyo, Shinkansen ke luar Tokyo dan juga Narita Express menuju bandara. JR Pass ini bisa kamu beli untuk 3 hari atau 5 hari, hanya berlaku untuk turis dan belinya dari Indonesia. Memang agak mahal tapi kartunya sakti seperti paspor. Tinggal ditunjukkan kepada petugas dan kamu bebas keluar masuk stasiun kereta. Unlimited!

[JR Pass 3 Hari termasuk Shinkansen area Mt. Fuji dan Gala Yuzawa resort = JPY10.000/orang = IDR1.200.000/orang]


Nah setelah tahu biaya hidup di Tokyo bisa kamu tekan dengan cara-cara di atas, tugas kamu adalah MENABUNG! Tentukan bisa menabung berapa banyak setiap bulannya, berburu tiket murah di travel fair, dan tentukan kapan kamu mau berkunjung ke Tokyo!


#SenangLiburan ? Tokyo bisa jadi salah satu pilihan destinasi kamu!

Kalau kamu punya cerita seru tentang liburan, ayo sharing di Moola ya! Tidak perlu jadi pakar lho untuk bisa turut serta menyebarkan virus keuangan.

***

@mrshananto 2017

Powered by Plan.id.


Dapatkan merchandinse #SenangLiburan di www.quamma.org –dukung gerakan sosial “Menjadi Jagoan Finansial”, edukasi keuangan ke sekolah untuk guru dan murid.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Mau Liburan ke Tokyo? Simak Dulu Tipsnya Supaya Gak Bokek di Sana!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !