Sekarang kamu tak perlu cemas lagi. Kalau kamu tahu cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, tunggakan yang segede gunung itu bisa kamu hindari. Kamu bisa berbelanja dengan tenang, tidurmu juga bisa nyenyak tanpa bayangan debt colletor. Penasaran kan, bagaimana menggunakan kartu kredit dengan bijak? Yuk, intip 5 prinsip yang harus kamu lakukan untuk menggunakan kartu kredit!

1. Membayar Tagihan dengan Lunas

Kartu kredit memang hanya mematok pembayaran minimum sepuluh persen untuk setiap tagihan. Seringkali pengguna kartu kredit terjebak di sini, mereka hanya melakukan pembayaran dengan minimum payment. Bayangkan saja kalau tagihan setiap tahunnya mencapai 48-50% dan hanya membayar 10%, berapa banyak sisa tunggakan yang harus dibayar, plus bunga tentunya. Kalau kamu ingin memegang kartu kredit, pastikan kamu membayar tunggakan dengan lunas. Kenapa harus lunas? Karena, kalau kamu hanya membayar 10%, sisa umurmu yang ada hanya untuk melunasi tunggakan-tunggakan yang telat dibayarkan dan bunga yang terus bertambah semakin membuat bengkak tunggakanmu.

2. Memahami antara Kebutuhan dan Keinginan

Photo Credit: Huffington Post

Kamu pasti suka kan, berbelanja banyak barang hanya dengan satu gesekan? Seberapa mahal barang yang kamu beli, kartu kredit pasti bisa melunasi. Nah, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kamu ingini, biasakanlah memahami mana barang yang benar-benar kamu butuhkan dan mana barang yang hanya sebatas keinginan. Kendalikan nafsu saat berada di pusat perbelanjaan, jangan mudah tergiur promo berkedok abal-abal.

3. Batasi Jumlah

Meski kamu sangat mampu memiliki banyak kartu kredit, namun kamu harus memikirkan untuk membatasi jumlahnya. Lebih baik memiliki 1 kartu kredit dengan jumlah limit tinggi daripada memiliki banyak kartu kredit dengan jumlah limit rendah. Mengapa? Karena setiap kartu kredit pasti memiliki biaya, maka semakin banyak kartu kredit yang kamu miliki tentu membutuhkan banyak biaya.

4. Bijak Gunakan Limitnya

Photo Credit: GreedyRates

Setiap orang pasti ingin punya kartu kredit dengan limit tertinggi. Namun, bank atau penerbit kartu kredit telah memiliki acuan tersendiri. Agar kamu tidak terlilit utang atau masalah pembayaran, sebaiknya kamu bijak menggunakan limitnya sesuai kebutuhan. Kalau bisa, jangan menghabiskan jumlah limit di atas jumlah gajimu ya!

5. Ingat Jatuh Tempo

Agar penggunaan kartu kredit tidak berbuah petaka, bayarlah sebelum tanggal jatuh tempo secara LUNAS. Remember, be smarter than your credit card, Sahabat Moola!

BACA JUGA


Kamu Pengusaha dan Ingin Mengajukan Pinjaman Kredit Usaha ke Bank? Beginilah Langkah-langkahnya!

Kamu Pengusaha dan Ingin Mengajukan Pinjaman Kredit Usaha ke Bank? Beginilah Langkah-langkahnya!

Ketika ide telah dikonsepkan dan pasar sudah direncanakan, mereka biasanya selalu terkendala masalah klasik. Apalagi jika bukan modal. Dana ...

Read more..

Seperti prinsipnya, kartu kredit akan memberi banyak kemudahan dalam hidup asalkan kita bisa menggunakannya secara bijak. Agar tidak terjebak pada penggunaan yang salah, jangan lupa pegang 5 prinsip jitu di atas ya!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kalau Kamu Pegang 5 Prinsip Jitu Ini, Dijamin Punya Kartu Kredit Tidak akan Jadi Beban Lagi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !