Nina yang seorang pedagang di toko online sekaligus konsultan IT ini berbagi pengalaman mengenai beberapa pengalaman hidupnya yang sering sekali mendapat keberuntungan dengan cara-cara yang tak terduga. Tentu saja saya penasaran, apa sih jurus rahasia yang ia ciptakan supaya keberuntungan yang ia dapatkan itu bisa didekatkan pada kita - bukan diam saja berharap keburuntungan lewat dan mampir ke kita. Berikut jurus yang ia bagi untuk menciptakan keburuntungan.

1. Tentukan Tujuan

Nina punya banyak impian seperti milenial lainnya. Ingin menjadi artis, barista, YouTuber, vlogger, manager IT, pengisi konten media sosial, driver transportasi online, dan masih banyak lagi. Nyaris semua profesi mau ia lakukan. Tapi ia sadar, dengan banyak melakukan aneka profesi justru akan menjauhkan ia dari keberuntungan. Nina berujar, ketika kita memilih untuk fokus pada satu dua karier, justru akan mendekatkan dengan keberuntungan itu sendiri.

Ada banyak jalan untuk menjadi kaya, jangan pilih jalan yang tidak ada hubungannya dengan kamu. Nina mengatakan tentukan jalan yang pasti, baru setelah itu berusaha untuk mendapatkan keberuntungan dari jalan yang sudah ditentukan tersebut.

2. Membaca Trend

Jelas, ini ilmu yang sederhana untuk mendapatkan keberuntungan. Nina menyarankan untuk belajar membaca trend. Perhatikan lingkungan sekitar, apa yang bisa ditawarkan ke pelanggan. Apa trend di bulan Ramadan? Apa yang biasa orang-orang cari di bulan Ramadan? Ciptakan itu. Di bulan Ramadan Nina menjual sarung dan aneka hijab yang menarik pelanggan. Ia juga bekerjasama dengan agen pembuat kue-kue dan ketupat untuk Lebaran yang kemudian ia pasarkan.

3. Rajin Nongkrong

Photo Credit: StartUp

Banyak cara untuk menjadi beruntung. Salah satunya kongkow dengan teman-teman atau orang-orang baru. Meskipun kongkow atau nongkrong dianggap kegiatan yang tidak menghasilkan apa-apa, siapa yang tahu dari nongkrong itu kamu bertemu dengan orang-orang beruntung yang bisa membawa rejeki untukmu?

Menurut Nina, nongkrong adalah salah satu cara untuk mengenal satu sama lain dan mempelajari trend yang sedang terjadi. Bertukar pendapat dengan cara bergabung dengan orang-orang yang menyenangkan bisa juga membuat happy, melepas stress, sambil menunggu adakah keberuntungan yang mampir dalam tongkrongan tersebut.

Pengalamannya mengajarkan, pernah suatu kali dari hasil nongkrongnya itu ia pergi ke Raja Ampat berlibur 10 hari gratis dibayari temannya. Wah, keberuntungannya tidak melulu masalah usaha, pergi berlibur gratis pun pernah ia dapatkan. Menyenangkan sekali ya.

Tak hanya itu, Nina juga sering memanfaatkan promo buy 1 get 1 bersama teman-temannya sehingga ia tak harus bayar semua harganya, tapi malah patungan dengan temannya. Cara ini ampuh untuk membuat pengeluaranmu tidak terlalu besar. Dan ini juga bisa digolongkan keberuntungan memiliki teman yang satu selera. Benar nggak?

4. Menerima Diri Sendiri

Seringkali sulit ya menerima diri sendiri ketika membandingkan dengan orang lain. Nina mengatakan, tentu saja itu hal bodoh yang hanya membuat diri sendiri kurang termotivasi. Nina menganjurkan untuk sering-sering menertawai diri sendiri untuk segera bangkit dan minta keberuntungan mampir sejenak. Tidak perlu malu dengan apa yang dimiliki saat ini, ada momen di mana kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan meskipun tak semuanya, tentu saja.

“Jangan terlalu serius menyikapi kegagalan,” ujar Nina dengan mimik serius. Menertawai kegagalan, dan terus mengucap syukur karena diwajibkan untuk kembali belajar agar lebih matang. Nina selalu memanfaatkan kegagalannya sebagai eksperimen agar langkah berikutnya ia tidak jatuh dalam lubang yang sama.

5. Memelihara Keuangan yang Stabil

Photo Credit: iMoney

Rasanya berat ya? Masalahnya adalah keberuntungan sulit diciptakan ketika kita dihajar dengan kebangkrutan. Pastikan uang yang kita miliki stabil dan terus mengalir lancar. Pembayaran tagihan, asuransi, utang, dan kebutuhan operasional sudah ada dananya. Demikian juga dengan uang untuk investasi yang dapat membawa keberuntungan di kemudian hari. Nina berujar biar bagaimanapun ketika uang mengalir lancar kita bisa menciptakan apapun untuk mendatangkan keberuntungan dibandingkan tidak ada uang yang mengalir.

Tentu saja, uang yang mengalir bisa menjadi modal untuk berkarya. Jangan dihamburkan untuk membuat tagihan baru yang justru menjadi beban. Memelihara keuangan yang stabil itu tampaknya mudah, tapi kalau tidak dijalani dengan serius, bisa sangat-sangat menyulitkan.

BACA JUGA


Dari Dosa Pemborosan Menjadi #TobatFinansial di Bulan Ramadan. Simak Cerita Fika!

Dari Dosa Pemborosan Menjadi #TobatFinansial di Bulan Ramadan. Simak Cerita Fika!

Bulan Ramadan hindari pemborosan daripada menyesal kemudian

Read more..

Bagaimana? Apa kamu siap mendatangkan keberuntungan? Mumpung masih bulan Ramadan kamu boleh coba tips dari Nina untuk melakukan perubahan dan membuat keberuntungan. Keberuntungan mungkin tidak datang seketika, bisa hari ini, esok, bulan depan, tahun depan, asal tetap setia menunggu, niscaya ia akan datang pada waktunya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Jurus Menciptakan Keberuntungan di Bulan Ramadan ala Nina". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !