Saat Ramadan, pengeluaran menjadi dua kali lipat dari sebelumnya. Banyak biaya yang harus dikeluarkan, kalau tidak pandai menyiasati maka kita akan 'miskin' setelah Lebaran. Baik yang berpasangan ataupun jomblo, semua harus pandai menyiasati pengeluaran, terutama bagi Sahabat Moola yang masih ngekost, jangan sampai menjadi beban orangtua dengan kebutuhanmu yang beraneka rupa. Nah, supaya bisa berhemat dan tidak bokek setelah Lebaran, berikut tips yang bisa dipraktekkan!

Buka Puasa di Masjid

Photo Credit: Muslimku

Hampir semua masjid selama bulan Ramadan menyediakan takjil untuk berbuka puasa secara gratis, saya pun pernah melakukan hal itu dengan berkeliling dari satu masjid ke masjid lain setiap harinya, hitung-hitung sekalian wisata religi pada saat Ramadan supaya dapat berkahnya dan juga kenyangnya. Tapi ingat Sahabat Moola, ketika berbuka puasa di masjid ada jatah takjil yang dikhususkan buat anak yatim, jadi ambil bagianmu di bagian pengunjung ya.

Patungan Masak

Photo Credit: iStock

Yang pernah menjadi anak kost pasti tahu banget. Biar pengeluaran makanmu irit bisa memakai trik patungan belanja bahan makanan dengan teman dan memasak bersama-sama. Memang terkadang tak semua teman pandai dalam hal memasak, pembagian tugas memasak perlu dilakukan sesuai minat masing-masing. Selain bisa berhemat kamu juga bisa mempererat hubungan persahabatanmu.

Hemat Tranportasi

Photo Credit: iStock

Jalanan sudah cukup sesak oleh kendaraan pribadi. Tak ada salahnya kalau kamu pergi ke kantor atau ke kampus sendirian dengan menggunakan kendaraan pribadi ajaklah temanmu yang searah, biaya bensin bisa ditanggung bersama, semakin banyak teman yang ikut semakin hemat pula biaya bensinnya. Atau kalau kamu sendirian bisa juga memanfaatkan transportasi masal atau ojek online biar lebih praktis dan hemat waktu.

Hemat Kuota

Photo Credit : PonselCanggih

Kuota saat ini sudah seperti nafas, dunia serasa gelap kalau tak ada kuota. Biar tidak berasa gelap kamu bisa tetring sama teman dengan konsekuensi ikut membayar pulsa kuotanya atau kamu bisa cari wifi gratisan. Hampir semua tempat makan saat ini memasang wifi secara gratis, kamu bisa berhemat dangan makan sambil menikmati wifi gratis.

Hemat Tenaga

Photo Credit : Autoimuncare

Jangan memaksakan melakukan banyak kegiatan pada saat bulan Ramadan yang bisa menyebabkan kesehatanmu terganggu. Hemat boleh tapi jangan keterlaluan juga, hingga asupan buat tubuhmu terabaikan. Perbanyak minum air putih dan vitamin tambahan. Jangan sampai niat awal ingin berhemat malah harus mengelurkan biaya tambahan untuk ke rumah sakit.

BACA JUGA


Safari Ramadan, 5 Masjid di Yogyakarta yang Menyediakan Takjil Gratis dengan Menu Spesial

Safari Ramadan, 5 Masjid di Yogyakarta yang Menyediakan Takjil Gratis dengan Menu Spesial

Yogyakarta tak hanya istimewa sebagai kota pelajar penuh kenangan, namun juga sangat semarak di bulan Ramadan

Read more..

Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jomblo Wajib Baca! Inilah Tips Menghemat Pengeluaran Selama Bulan Ramadan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !