Momen boleh beda, tapi selalu ada peluang untuk menjalankan bisnis dadakan di setiap kesempatan. Tidak seperti halnya di hari raya Idul Fitri, untuk peluang bisnis di Idul Adha ini memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Tapi tunggu dulu, ada juga kok bisnis yang tidak harus mengeluarkan modal, yaitu jual jasa. Apa saja sih peluang bisnis menjelang hari raya qurban ini? Mulai dari yang membutuhkan modal besar hingga tanpa modal. Ini dia peluangnya.

1. Menjual perlengkapan haji

Akan menjadi peluang manis di musim berhaji ini dengan menjual perlengkapan haji seperti pakaian ihram, peci, gamis, kerudung, kaos kaki wudhu, celana legging, sajadah kecil, kantung urine universal, hingga buku-buku doa dan buku tentang panduan ibadah haji. Walaupun hanya musiman tapi bisnis ini amat sayang untuk dilewatkan.

Photo Credit : Tokopedia.com

2. Menjual ternak/hewan qurban

Untuk bisnis yang satu ini memang dibutuhkan modal yang cukup besar. Mengingat jenis hewan yang bisa dipakai untuk kurban hanyalah hewan tertentu yang harganya tidak bisa dibilang murah. Tapi tidak ada salahnya mencoba bisnis yang satu ini jika kamu punya modal yang besar dan merasa mampu untuk mengelolanya.


Photo Credit : Wahdah Islamiyah

3. Menjual oleh-oleh haji

Sudah menjadi rahasia umum jika sepulang berhaji oleh-oleh yang dibawa bukan murni dibeli dari Mekah semua. Karena jamaah akan sangat terbatas untuk barang bawaannya, sedangkan biasanya yang menunggu oleh-oleh dari sepulang haji adalah orang sekampung. Selain air zam zam, yang identik dari oleh-oleh sepulang haji adalah sejenis makanan seperti kurma, kacang arab, kismis. Juga perlengkapan sholat seperti tasbih dan sajadah kecil. Tidak terlalu sulit menemukan bahan-bahan tersebut untuk dibeli secara grosiran yang nantinya bisa kamu jual eceran yang bisa dibuatkan berupa paket minimalis agar pihak keluarga yang berhaji tidak repot mengemas oleh-oleh yang hanya tinggal dibagikan kepada teman dan sanak saudara.


Photo Credit : Tokoumrohhaji.com

4. Menjual peralatan memasak sate

Sudah menjadi tradisi hari raya qurban identik dengan acara sate menyate dan panggang memanggang. Kamu bisa menjual peralatan sate seperti tusuk sate, arang dan tempat panggangan hingga bumbu dapur olahan instan untuk perlengkapan membuat sate. Jangan lewatkan peluang manis ini yang hanya datang setahun sekali.


Photo Credit : blog.hanggiasoc.vn

5. Jasa memasak hewan qurban

Tak jarang banyak orang yang berqurban di hari raya juga membagikan hewan qurban dalam bentuk masakan jadi. Terlebih jika yang berqurban dari keluarga yang sedang berhaji, pasti membutuhkan ahli masak untuk acara selamatan dengan memasak hewan qurban untuk dibagikan saat mengadakan pengajian selamatan. Ini merupakan bisnis yang tanpa modal, bukan? Hanya dibutuhkan keahlianmu dalam memasak.


Photo Credit : Kintakuncollection.co.id

Selalu ada momen tertentu yang bisa membuka peluangmu untuk berbisnis apapun itu. Walaupun hanya musiman tapi tidak menutup kemungkinan bisa berkembang juga, bukan? Jadi jangan sia-siakan peluang berharga ini untuk memulai niat bisnismu.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jelang Idul Adha, Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Dijalankan Sahabat Moola". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !