Siapa diantara kita yang sama sekali gak punya utang? Akui saja, kalau kamu pernah punya utang dan pernah berharap untuk gak punya utang.

Jika diperhatikan, ada beberapa sebab yang membuat seseorang harus berutang. Apa saja ya?

1. Membeli Sesuatu yang Gak Penting karena Terpengaruh atau hanya untuk Mendapat Perhatian Orang Lain

Apakah sebelum membeli sesuatu, kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut, atau gak? Atau kamu hanya terpengaruh orang lain?

Apakah sebelum membeli sesuatu, kamu sedikit menahan diri atau menunda untuk membeli ?

Jika jawabannya ya dan kamu gak punya cukup uang, maka mau gak mau kamu harus berutang.

2. Besar pasak daripada Tiang

Kamu selalu bermimpi tinggal di rumah idaman, menyetir mobil impian, jalan-jalan keluar negeri tanpa mengukur kemampuan yang sebenarnya sehingga kamu memaksa diri untuk mewujudkan semuanya dengan utang.

3. Selalu ingin menggesek kartu kredit untuk membeli barang-barang keluaran baru

Jika kamu mampu membayar tagihan kartu kreditmu, its oke. Jika tidak, jangan kaget melihat tagihan yang jumlahnya gede.

4. Gak Punya Tabungan

Survey membuktikan, seseorang yang dalam hidupnya sangat sulit untuk menabung, pasti ujung-ujungnya akan berutang sana-sini.

Lalu, jika memang itu semua penyebab seseorang berutang .. bagaimana cara mengelola utang agar gak menjadi bumerang di kehidupan kita? Bagaimana caranya supaya utang gak menjadi momok yang akan terus menghantui kehidupan kita sehari-hari ?

1. Kamu dapat memanfaatkan tabungan untuk melunasi semua utangmu

Dalam perencanaan keuangan, ada beberapa hal tentang pengaturan utang. Normalnya, cicilan utang adalah 30% dari pendapatan tujuannya adalah supaya kita mampu membayar cicilan teratur setiap bulannya dengan menyisihkan uang penghasilan bulanan. Tapi, jika porsi utang sudah melebihi batas kamu harus memanfaatkan tabungan untuk melunasi semua uangmu. Setelah utang lunas, menabunglah lagi dan usahakan untuk tidak berutang lagi ya..

2. Jangan Hidup dengan Utang, Hiduplah dengan Sederhana

Apa yang terjadi jika kamu hidup dengan lilitan utang yang gak kunjung lunas? Apakah kamu mau menghabiskan uang untuk bersenang-senang sementara kamu masih memiliki beban utang untuk dilunasi ? Cobalah untuk berpikir lebih realistis, mana yang lebih baik ? Membeli semuanya dengan utang dan hidup dililit utang atau gak punya barang canggih tapi hidup tenang?

Andaikan kamu dapat sedikit saja mengendalikan hawa nafsu untuk belanja berfoya-foya dan tetap berbelanja cerdas namun tanpa utang. Belanja kebutuhan itu perlu, tapi kamu tetap harus memilah milah mana yang prioritas mana yang bukan. Habiskan uangmu sebijak mungkin agar hidupmu tenang.

3. Meminjam uang untuk melunasi utangmu pada tempat yang gak menetapkan bunga setinggi utangmu sebelumnya

Lakukan hal ini jika memang gak ada cara lain untuk melunasi semua utang-utangmu. Usahakan untuk mengajukan pinjaman agar pembayaran lebih ringan atau ganti kartu kreditmu dengan kartu kredit dengan bunga rendah. Penggunaan kartu kredit yang tepat juga bisa membantumu menghemat dan menyisihkan uang.

4. Merelakan aset kamu yang ada dan berharga supaya kamu segera terbebas dari lilitan utang

Cara ini dapat membantu kamu melunasi utang jika kamu masih memiliki aset yang dapat kamu jual, aset berharga yang kamu punya dapat segera membuatmu terbebas dari utang. Memang berat sih, tapi kamu bisa hidup lebih tenang. Masih ada kesempatan untuk menabung beli aset lagi. (ERL)



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Jangan Anggap Enteng Utang, Selesaikan Sekarang Juga dengan 3 Cara Jitu Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !