Perhatikan deh!

Hampir setiap bulan selalu ada bazaar produk gaya hidup, talkshow bertaraf internasional, expo produk olah raga bersama lomba larinya, acara pop culture, sampai pameran otomotif dan kerajinan tangan tahunan yang menarik untuk didatangi. Kadang acara tersebut jatuh di tanggal dan tempat yang sama dengan serentetan tenant yang menawarkan harga spesial. Tidak ketinggalan who's who yang turut meramaikan acara tersebut.


Kamu tertarik datang ke acara kekinian? Apa tujuanmu datang ke acara seperti itu? Apalagi jika bukan untuk mempermanis feed media sosial, networking, dan tentu saja BELANJA! Sayang rasanya jika pulang dari suatu acara tanpa bawa cinderamata. Ya kan?


Bazaar kekinian menawarkan barang favorit dengan harga khusus lho! (Dok.pribadi @mrshananto)

Nah, belanja impulsif inilah yang paling sulit dihindari sehingga isi dompet bisa berkurang drastis dalam sehari. Manusiawi sih, namanya juga manusia yang punya banyak mau ini-itu demi memenuhi kebutuhan dan keinginan sehari-hari. Awalnya mungkin cuma window shopping dan datang saat perut masih lapar. Lama kelamaan frekuensi mampir ATM jadi semakin sering!


Contoh acara kekinian di akhir pekan ini adalah #JakartaXBeauty2017 di Senayan City Jakarta. Acara besutan Female Daily Network merupakan bazaar besar produk kecantikan paling hits di tanah air. Semangat gak untuk belanja? Atau kuatir gagal menjaga dompetmu? Jangan khawatir, apapun acara kekinian yang ingin Sahabat Moola hadiri - kamu tetap bisa bawa cinderamata tanpa menjebol dompet dengan cara berikut ini.


1. Batasi Bujet Belanja

Jika misalnya Sahabat Moola datang ke bazaar buku, beauty atau fashion, sambil melihat-lihat pasti ada dong, barang yang menarik mata. Agar tidak menyesal, jangan takut membatasi pengeluaran khusus hari itu dalam jumlah yang masih aman dari jumlah pengeluaran gaya hidup selama sebulan. Biaya ini sudah mencakup tiket masuk (jika ada), transportasi atau bensin dan konsumsi selama datang ke acara tersebut. Psst... harga produk yang dijual oleh tenant di acara tersebut bisa lebih mahal dari biasanya, maka jangan remehkan barang diskonan dengan kualitas bagus!


2. Siapkan Uang Tunai , Simpan Kartu Debit/Kredit

Agar bujet belanja tidak melebihi batas, saat window shopping sebaiknya simpan rapat-rapat kartu debit/kreditmu, dan letakkan uang tunai di bagian dompet yang paling mudah dijangkau. Walau beberapa tenant menyediakan pembayaran dengan kartu, menggunakan uang tunai lebih memudahkan transaksi belanja dan membuat kita semakin aware terhadap jumlah uang di dalam dompet saat itu juga.


3. Datang Saat Kenyang

Aroma berbagai makanan lezat di suatu event (apalagi festival jajan kuliner) tentu menggoda selera dan membuat lapar mata. Namun kemungkinannya kecil jika Sahabat Moola tiba di saat perut masih kenyang dan mengalihkan perhatian kepada hal lain. Selain isi dompet tetap optimal, lapar mata tak lagi ampuh ketika perut masih kenyang. Jika masih tergoda juga? Cari booth jajanan yang menyediakan sample gratisan atau patungan bersama teman. The more, the merrier, less money to spend!


Diskon hingga 60% sungguh menggoda - tapi waktu terbatas jadi dompetmu bisa selamat! (Dok. pribadi @mrshananto)

4. Batasi Waktu Berkunjung

Apabila sudah menikmati suasana di sebuah event -terutama yang digelar seharian biasanya suka berlama-lama di dalamnya, bahkan setelah acara utama selesai dan sudah membawa barang belanjaan. Nah, jika sudah selesai belanja sebaiknya keluar dari lokasi agar tidak tergoda saat window shopping di area event sehingga tak ada lagi cerita, "Yah, tau gitu gue beli yang ini aja deh, lebih bagus dan murah!"


5. Prioritas, Prioritas, Prioritas

Belanja impulsif boleh saja, namun jangan kesampingkan prioritasmu saat datang ke sebuah event. Jika tujuannya adalah mengikuti talkshow, kelas, workshop atau menghadiri fashion show, fokuskan perhatianmu ke sana, Nikmati saja acaranya dari waktu ke waktu, siapa tahu Sahabat Moola bisa mendapat ide baru, teman baru, ketemu influencer favorit, dan masih banyak hal lainnya yang tak dapat diukur oleh uang dan barang belanjaan. Dengan benar-benar menikmati acara, maka pengeluaran yang kamu lakukan untuk hadir ke event tersebut tak akan sia-sia karena sejatinya 'cinderamata' yang kamu dapat bukan berasal dari hasil belanja impulsif. Percaya deh!

Semoga bermanfaat ya, Sahabat Moola! Have fun and have a great weekend!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "#JakartaXBeauty2017 Atasi Belanja Impulsif Saat Datang ke Acara Kekinian dengan Cara Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !