Hari pertama Local Startup Fest: Tech for All tanggal 24 Februari 2017 lalu, saya sebagai moola writers mendapat kesempatan menghadiri acara yang berlangsung di The Space Senayan City Jakarta Selatan.

Acaranya rame loh! Selain 50 stand startup berdiri di sana, juga terdapat berbagai talkshow yang sangat informatif. Salah satunya adalah tentang "Coworking Space":How Coworking Help Your Business Grow. Vannessa Hendriadi Li, founder Rework dan Erwin Soerjadi, founder Cre8, menjadi pembicara di sesi talkshow yang berlangsung di mini stage Local Startup Fest sore itu.


Picture : @balqis57


Pada kesempatan awal, Vanessa Hendriadi Li memperkenalkan diri bahwa dirinya berasal dari Surabaya Jawa Timur. Orang tuanya memiliki background di bidang property, sedangkan suaminya telah 7 tahun memiliki startup. Ketika berada di USA, Vanessa melihat terdapat coworking concept. Ia tertarik untuk memiliki usaha di bidang ini agar lebih banyak orang yang bisa bekerja hingga malam dengan nyaman dan dapat mengubah cara kerja traditional yang biasanya bekerja 9 to 5. Vanessa tidak mematok usia pada pasarnya, jadi tidak harus berusia maksimum 35 tahun untuk dapat memanfaatkan coworking space-nya.

Memanfaatkan coworking space, menghemat keuangan bisnismu

Kamu baru masuk di dunia usaha dan pastinya memerlukan tempat untuk usahamumu itu? Sementara keuangan terbatas untuk memiliki kantor yang keren dengan fasilitas yang lengkap?

Coworking space yang kini menjamur seiring dengan banyaknya startup, tentunya sangat membantu mewujudkan keinginanmu ini. Erwin Soerjadi yang telah memiliki 34 cabang coworking di beberapa negara, berkecimpung di bisnis ini telah lebih dari 5 tahun. Menurutnya coworking space merupakan konsep kerja baru. Tahun 90-an pekerja kantoran atau pengusaha secara fisik harus datang ke kantor untuk menemui rekanan/klien dengan perjanjian dengan telepon fixed karena dahulu belum ada smartphone, wifi dan teknologi lainnya.

Biasanya, selain dengan pemilik startup, coworking space juga bekerja sama dengan komunitas sehingga memiliki networking dan inovasi yang baik. Nah, kamu yang ingin menggunakan jasa ini, jalinlah komunikais yang baik agar harga sewa pun bisa lebih fleksible. Erwin, sebagai pemilik coworking space mengaku akan memberikan berbagai kelonggaran apabila dilihatnya startup tersebut memiliki kreatifitas dan berbagai inovasi, bahkan pihaknya akan memberikan masukan ide-ide kepada pelaku startup loh.

Picture : @balqis57


Jika kamu justru berminat membuka usaha di bidang coworking space, berikut tips jitunya!

Vanessa berbagi pengalaman saat mempersiapkan diri membuka usaha di era millennial.

1. Karena backgroundnya di dunia properti jadi Vanessa merada bahwa lokasi hal yang utama. Lokasi , Lokasi, Lokasi.

2. Partnership. Maksud dari parnership adalah si pemilik lokasi/bangunan. Jadi ternyata walaupun kamu tidak memiliki modal, sebuah gedung atau properti, kamu juga bisa bekerja sama dengan pemilik properti tersebut.

3. Business development, bisa dengan mengadakan event, self improvement, dan sebagainya.

BACA JUGA


Mau Jadi Enterpreneur? Berikut 5 Tips Atur Keuangan ala Pengusaha Dari Para Pakar. Temukan Juga Inspirasimu di LocalStartupFest!

Mau Jadi Enterpreneur? Berikut 5 Tips Atur Keuangan ala Pengusaha Dari Para Pakar. Temukan Juga Inspirasimu di LocalStartupFest!

Selain mengetahui seluk beluk bisnis yang ingin digeluti, hingga pemahaman mengenai proses pemasarannya nanti, ada satu hal yang tak kalah ...

Read more..

Sedangkan Erwin Soerjadi yang telah membuka 34 coworking space di beberapa negara (Indonesia, Australia, Malaysia, Singapore, Philipina) berbagi pengalamannya berikut ini.

Jika berniat membuka cabang di luar negeri maka utamakan negara yang kita mengerti bahasanya, sehingga memudahkan untuk pegurusan legalisasi. Legalisasi kerja sama atau aturan negara tersebut harus benar-benar kita kuasai loh!

Kita juga harus memiliki local partner yang kuat. Bisa kuat dalam mendukung usaha tersebut, misalnya secara keuangan ataupun kepemilikan propertinya. Selain itu, persiapkan tempat, dukungan komunitas dan hidupkan suasana coworking yang kita buka.

Itu dia inspirasi dari sebagian acara di Local Startup Fest. Tipsnya tentu sangat informatif, terutama bagi kamu yang tertarik membangun startup, kan?


Penulis: Anna R Nawaning S (@balqis57)


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Inspirasi dari Local Startup Fest 2017: Manfaatkan Coworking Space, Perketat Pengeluaran Bisnismu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !