Adrian Syarkawi yang tak hanya menempatkan posisi sebagai CEO PT Mahaka Media namun juga mendapat posisi jabatan diantaranya; Direktur Radio GEN FM, Direktur Radio JAK FM, Dirut PT Raja Karcis.com, Dirut Mahaka Media, Komisaris Pustaka Abdi Bangsa (Penerbit Republika), dan masih banyak lagi. Posisi ini belum termasuk jabatan-jabatan sebelumnya dimana ia menjadi seorang Duty Manager di Radio Prambors Jakarta, Production Operator Radio Prambors, Manager Radio One FM, dan banyak lagi.

Kedatangan Bang Adri panggilan akrabnya ke kantor kami sangat memberikan inspirasi dari pengalaman hidup yang ia jalani untuk mencapai posisi puncak seperti sekarang ini. Apa saja yang ia bagi kepada kami yang ingin nasib kami seperti beliau? Yuk cek 5 tips dari beliau ketika berkunjung ke kantor kami memberikan inspirasi.

1. Bergerak dari Zona Nyaman

Sewaktu kecil, bang Adri dibesarkan dalam sebuah perkomplekan di Pekanbaru yang memiliki fasilitas yang sangat komplit. Bisa dibilang ia menjalankan mimpi anak-anak seumurannya yang bisa bermain sepuasnya dengan fasilitas yang tersedia. Ketika ia memutuskan kuliah dan pergi dari Pekanbaru pun ia masih diiming-imingi oleh ayahnya yang akan memberikan sebuah mobil untuk tetap tinggal di Pekanbaru dan kuliah disina. Tapi keputusan yang diambil bang Adri pada waktu itu ialah memilih untuk meninggalkan kemewahan tersebut. Ia bergerak dari zona yang sangat nyaman ke tempat yang baru.

Keputusan yang diambil dari bang Adri ini memang tidak mudah, tapi dia harus melakukan itu dengan tujuan agar tidak terlena dengan fasilitas yang memanjakannya dari kecil hingga dewasa. Kuliah di Jakarta bang Adri belajar banyak hal. Segala fasilitas yang dulu ia dapatkan dengan mudah, di Jakarta ia harus berusaha untuk mencapai tujuan dan keinginannya. Darisitu ia kemudian belajar memahami apa arti tujuan hidupnya dan mau dibawa kemana.

2. Memiliki Personal Value

allthebuzzcreative.files.wordpress.com

Pekerjaan pertamanya adalah seorang Duty Manager Radio Prambors Jakarta (1990-1991) dimana pada saat itu ia membangun sebuah rumus untuk meningkatkan karier yakni; Responsibility, Honesty, Loyalty, dan Proud.

Responsibility yang dibangun oleh bang Adri dari pekerjaan pertamanya tersebut ia kerjakan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab, darisini ia membangu attitude yang baik untuk masa depan kariernya.

Honesty adalah sebuah nilai yang ia bangun untuk bisa diberi kepercayaan yang lebih besar lagi. Dari nilai ini bang Adri menjalankan sebuah prinsip bahwa kejujuran merupakan asset penting dalam membangun kepercayaan antara satu sama lain.

Loyalty merupakan nilai yang ia bangun untuk membangun sebuah karier yang berdedikasi dan loyal pada tugas tanggungjawab yang dipercayakan pada dirinya.

Proud adalah sebuah kunci untuk membangun sebuah personal value yang menanamkan rasa bangga dengan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan padanya.

3. Membuat Target Setinggi Mungkin

Ketika bang Adri menjalankan kariernya ia membuat target setinggi mungkin baik untuk dirinya sendiri maupun untuk karyawan-karyawan dibawahnya. Tujuannya sebagai trigger untuk mendapatkan pencapaian yang baik dan beda dari orang lain atau perusahaan lain.

4. Penasaran Dengan Hal Yang Belum Diketahui

qph.ec.quoracdn.net

Baik ketika menjadi karyawan ataupun jabatan yang ia duduki saat ini bang Adri selalu mengasah dirinya dengan hal-hal yang belun diketahui. Ada satu cerita ketika dia bekerja dalam sebuah radio ia mengajukan sebuah proposal untuk membuat sebuah program dalam radio tersebut yang belum pernah ia coba sama sekali.

Ketika atasannya pada waktu mengizinkan program tersebut dijalankan kepadanya ia pun menjalankan dengan semangat dan membuahkan hasil. Pada waktu itu program tersebut ia jalankan sendiri dan dalam proposal tersebut, ia tidak memasukkan kenaikan gaji atau apa pun. Ia betul-betul melakukan hal baru untuk menambah value dalam dirinya.

Kata-kata yang saya ingat begini, “jangan mengejar uang, biarin uang yang ngejar kita karena value yang kita punya.”

5. Kalau Udah Mulai, Harus Diselesaikan

Bang Adri punya sebuah prinsip yang baik sekali yakni ketika kita sudah mulai sesuatu ya kita harus menyelesaikan apa yang sudah dipercayakan. Seperti contoh proposal yang ia ajukan pada atasannya, ketika atasannya mengiyakan, maka ia harus menyelesaikan proposal yang dipercayakannya. Sebisa mungkin ketika kita menerima apa yang dipercayakan maka bagaimana pun caranya kita harus bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Bagaimana sahabat Moola? Tambah semangat engga untuk mengejar impianmu dalam pencapaian karier tertinggi dengan tips yang diberikan oleh bang Adri? Yuk kita ikutin cara-cara beliau.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ini Dia 5 Tips untuk Menjadi Seorang CEO". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !