Tiara, adalah seorang teman dekat yang tahun lalu memutuskan untuk resign dengan posisi terakhir sebagai finance analyst dan memiliki pengalaman sebagai auditor tak lantas membuatnya melamar lagi untuk pekerjaan baru. Tiara memutuskan untuk mulai membuka bisnis konsultan keuangan. Apa yang dikerjakan Tiara dalam memulai bisnis konsultasi keuangan?

1. Survey Klien

Sebagai orang yang memiliki latar belakang finance, Tiara memiliki insting untuk menemui beberapa pedagang di pasar untuk mencari tahu bagaimana keuangan mereka, cara pembukuannya, cash flow, pembayaran pajak, peminjaman uang, dan lainnya. Langkah awalnya adalah ia mencoba untuk mewawancara para pedagang tersebut, kebanyakan masalahnya adalah tidak memiliki laporan keuangan dan minus pembayaran pajak. Dari beberapa pedagang yang ia temui, rata-rata memiliki cash flow yang baik, karena margin penjualan yang cukup baik.

Sayangnya, karena tak adanya laporan keuangan, si pedagang ini tak mampu meminjam uang dari bank, karena persyaratan bank, peminjam harus memiliki laporan keuangan, walhasil, pedagang yang Tiara jumpai terjerat hutang oleh rentenir dengan bunga yang sangat mencekik.

Melihat situasi tersebut, Tiara kemudian mencoba menawarkan jasa konsultasi keuangan dan membenahi laporan keuangan para pedagang tersebut. Tujuannya tentu saja ingin membantu para pedagang tersebut memiliki laporan keuangan sehingga tak hanya dapat meminjam uang, melainkan pedagang pun lebih mengerti untuk menganalisa berapa pendapatan dan pengeluaran yang diterima.

2. Edukasi

Photo Credit : Pixabay

Setelah mendapatkan klien, langkah awal Tiara adalah memberikan edukasi. Meskipun dari 10 pedagang yang ia jumpai, hanya 2 yang berminat untuk memakai jasanya sebagai konsultan keuangan, Tiara mengajarkan para pedagang tersebut untuk memindahkan pencatatan dalam buku belanjaan ke dalam sebuah jurnal yang ia siapkan dalam sebuah template yang friendly user untuk menjadi laporan keuangan yang baik.

Ia juga memperkenalkan dengan singkat pos-pos buku besar untuk diketahui pedagang. Seperti piutang dagang, harga pokok penjualan, hutang dagang, beban sewa, beban transportasi, modal awal, pendapatan jasa/usaha, dan lainnya.

Pos-pos buku besar ini penting untuk diketahui karena menjadi bagian dalam pencatatan laporan keuangan yang akan dilaporkan untuk bayar pajak ataupun ingin mengajukan peminjaman uang. Dan yang terutama adalah ke depan, para pedagang ini bisa lebih rinci dalam melakukan pencatatan. Setelah mengenal pos-pos buku besar, Tiara memperkenalkan bagaimana menghitung pendapatan usaha, piutang dagang, hutang, beban, dan lainnya.

3. Team Work

Melihat ada peluang bisnis sebagai konsultan keuangan, Tiara membentuk team work untuk bisa memudahkan berbagi tugas. Ia bekerjasama dengan konsultan keuangan yang memang sudah besar untuk bisa mendapatkan klien.

Di sini yang Tiara dan team tawarkan adalah edukasi tentang laporan keuangan dan membereskan laporan keuangan tersebut. Sisanya seperti pembayaran pajak, izin usaha, izin peminjaman uang, dan lain sebagainya menjadi urusan konsultan keuangan yang sudah matang.

Dari situ, Tiara dan team bisa lebih fokus dalam membantu para pedagang menyelesaikan masalah keuangan.

Sebagai langkah awal dalam merintis bisnis, Tiara menggunakan pengalamannya sebagai finance analyst dan auditor menjadi modal untuk menawarkan jasa konsultan keuangan. Pengetahuannya tentang dunia keuangan membuat Tiara percaya diri untuk merintis bisnis sebagai konsultan keuangan. Dimulai dari hal kecil, suatu hari pasti bisa jadi besar. Siapa yang mau mulai bisnis seperti Tiara atau bergabung dengan team Tiara? Silakan saja.

BACA JUGA


Tingkatkan Skala Bisnis dengan Sistem Pencatatan Keuangan Berbasis Online

Tingkatkan Skala Bisnis dengan Sistem Pencatatan Keuangan Berbasis Online

Salah satu kelemahan dari pebisnis pemula adalah tidak memprioritaskan pencatatan keuangannya dengan rapi

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 Cara Mudah Menggunakan Pengetahuan Keuangan Menjadi Uang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !