Ada banyak hal yang berpengaruh terhadap kuat atau lemahnya kurs mata uang sebuah negara, misalnya faktor inflasi, suku bunga, kebijakan pemerintah, dan beragam kondisi lainnya. Indonesia yang menempati peringkat empat negara dengan mata uang terendah di dunia memang tak urung membuat kita was-was saat pergi berwisata ke luar negeri. Nilai tukar yang tidak bersahabat menjadi hal mengkhawatirkan, apalagi bagi budget traveller yang tak punya banyak uang. Sahabat Moola, jangan dulu patah semangat! Karena meski kurs rupiah rendah, kamu bisa loh berwisata hemat ke luar negeri dengan mengunjungi 7 negara berikut ini. Mana sajakah?

1. Vietnam

Photo Credit: National Geographic Kids

Negara terdekat adalah Vietnam yang mempunyai pemandangan indah berupa suasana perkotaan ala kolonial, Mekong Delta yang menenangkan, pun juga pantai-pantai yang indah menawan. Selain kecantikan alamnya, tradisi kuno Vietnam juga cukup menarik para wisatawan. Jika kamu ingin berkunjung ke sana, kamu tak perlu ragu kehabisan biaya sebab nilai tukar Vietnam termasuk rendah, yakni 1 Dong Vietnam (VND) hanya seharga 0,6 Rupiah. Selain itu, berkunjung ke Vietnam pun tak perlu mengurus visa karena kamu akan mendapatkannya secara cuma-cuma selama 30 hari kunjungan.

2. Kamboja

Photo Credit: Flickr

Bergeser dari Vietnam, kamu akan menjumpai negara dengan sejarah yang panjang. Kamboja tak ubahnya bagai gadis perawan yang baru saja terbangun dari tidurnya. Keunikan peninggalan kuno di negeri Pol Pot tersebut kini banyak mengundang wisatawan berdatangan. Sebut saja megahnya Candi Angkor Wat, pesona Sihanoukville, serta keindahan Danau Tonle Sap membuat wisatawan rindu untuk kembali ke sana. Jika kamu ingin ke Kamboja, kamu juga tak perlu repot mengurus visa, pun kurs mata uangnya cukup murah yakni sekitar 3,27 Rupiah untuk 1 Riel Kamboja.

3. Laos

Photo Credit: TrekEarth

Negara Indochina memang tak pernah hilang pesona. Setelah menjelajah kecantikan Vietnam dan keunikan Kamboja, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Laos. Di sini, kuil-kuil tua dan panorama indah juga bisa kamu dapatkan. Laos menyimpan banyak sekali wisata alam serta wisata sejarah, terutama di Luang Prabang yang telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Selain mendapatkan bebas visa selama 30 hari, nilai tukar 1 Kip Laos hanya setara 1,64 Rupiah saja loh, Sahabat Moola!

4. Iran

Photo Credit: Iran Daily

Sering terkena sanksi internasional, mata uang Iran pun merosot tajam, bahkan lebih rendah dari Indonesia yakni hanya 2,18 Iran Riyal per 1 Rupiah. Meski demikian, Iran termasuk negara yang cukup aman dikunjungi untuk berwisata jika dibandingkan negara tetangganya seperti Iran, Yaman, atau Suriah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Iran, misalnya mengunjungi ibukota penuh sejarah bernama Tehran, atau kota nan sejuk bernama Kashan. Berwisata ke Iran tentu menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

5. Belarus

Photo Credit: YouTube

Bermimpi mengunjungi Eropa namun takut dengan nilai tukar rupiah yang lemah? Ke Belarus saja, Sahabat Moola! Belarus adalah sebuah negara di Eropa Timur yang berbatasan dengan Rusia, Ukraina, dan Polandia. Negara ini menyimpan banyak bangunan dengan arsitektur cantik yang layak dikunjungi. Selain itu, perbukitan kecil yang indah juga sangat recommended dijelajahi. Untuk datang ke negara ini, Sahabat Moola tak perlu menghabiskan budget yang tinggi sebab Belarus memberi bebas visa untuk WNI dan 1 Rubel Belarus (BYR) bisa ditukar dengan 0,68 Rupiah. Sangat murah, bukan?

6. Kolombia

Photo Credit: Turismo en Colombia

Kolombia adalah salah satu negara di Amerika Selatan yang wajib dikunjungi bila sedang liburan panjang. Selain keindahan hutan Amazon yang menantang nyali berpetualang, kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat indah yang mengagumkan. Menariknya, WNI di Kolombia diberikan izin tinggal atau visa gratis selama 90 hari dan nilai tukar 1 Peso Kolombia (COP) hanya setara 4,47 Rupiah.

7. Sao Tome & Principe

Photo Credit: Africa.com

Negara kepulauan ini berada di kawasan Afrika Tengah dengan ibukota bernama Sao Tome. Keindahan pantai-pantai di Sao Tome sangat layak dijadikan pilihan saat ingin menghabiskan waktu liburan. Tengok saja pasir putih yang menawan, perairan biru dengan biota laut andalan, serta formasi bebatuan yang mengagumkan. Sao Tome juga memiliki hutan hujan yang membuat liburanmu kian sempurna dengan aneka suguhan alam. Jika kamu suka dengan wisata sejarah, kamu bisa mengunjungi benteng-benteng peninggalan kolonial yang memiliki kisah panjang. Bicara soal nilai tukar mata uang, 1 Dobra (STD) hanya seharga 0,62 Rupiah saja.

Nah, itu tadi 7 negara di dunia yang punya nilai tukar ramah terhadap rupiah. Kini tak ada alasan bagimu untuk tidak mencoba menjelajahi benua Afrika, Eropa, bahkan Amerika. Dari ketujuh negara di atas, manakah yang paling ingin kamu datangi dalam waktu dekat? Share di kolom komentar ya!

BACA JUGA


Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Banyak yang bilang untuk berwisata di luar negeri membutuhkan budget yang lebih. Saya membuktikan, one day trip di Lopburi, Thailand, hanya ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Wisata ke Luar Negeri tapi Kurs Rupiah Rendah? Tenang, Kamu Bisa Kunjungi 7 Negara Ini, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !