Perkembangan internet yang begitu pesat menjadi daya tarik anak muda untuk berwirausaha atau menjadi digital nomad. Digital nomad adalah mereka yang bekerja dengan bergantung pada teknologi komunikasi untuk meraih penghasilan dan bisa bekerja dari mana saja atau sambil jalan-jalan. Biasanya, para digital nomad hidup secara nomaden di tempat-tempat yang mereka sukai. Jika kamu ingin menjadi digital nomad, inilah 5 skill yang harus kamu persiapkan!

1. Kemampuan menulis

Photo Credit: Legal Nomads

Meski kamu bukan bekerja sebagai penulis, namun skill menulis sangat dibutuhkan untuk menjadi digital nomad. Sebab, kamu dituntut mahir dalam mengatur kata-kata, mengembangkan ide dalam kalimat, serta berkomunikasi via email untuk membangun hubungan yang baik dengan orang-orang dari penjuru dunia.

2. Kemampuan IT

Seorang digital nomad tidak bisa hidup tanpa gadget dan laptop, oleh sebab itu, pemahaman pada IT memang sangat diperlukan. Tak perlu sehebat progammer andal, yang penting kamu mampu menyelami dunia online, internet, software, serta gadget yang menjadi partnermu dalam pekerjaan.

3. Bahasa asing

Photo Credit: GoAbroad

Karena pekerjaanmu tak berbatas, maka kemampuan bahasa asing terutama bahasa Inggris sangat diperlukan. Kemampuan berkomunikasi yang baik dengan beragam orang adalah menu utama dalam pekerjaan sebagai seorang digital nomad.

4. Manajemen waktu

Bekerja sebagai digital nomad artinya bekerja tanpa ada boss yang mengawasi atau jam kantor yang membatasi. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki manajemen waktu yang lebih baik agar semua pekerjaanmu dapat terselesaikan dan kehidupan pribadi tak mengalami gangguan. Semua haruslah seimbang agar tidak menjadi berantakan.

5. Tak mudah bosan

Photo Credit: Finding Beyond

Selain bekerja tanpa melihat boss, kamu juga bekerja tanpa teman-teman kantor. Di sini, kamu dituntut tidak mudah bosan meskipun harus bekerja sendirian.

BACA JUGA


Benarkah Biaya Hidup di Jakarta Mahal? Ternyata, Biaya Hidup di 5 Kota Ini Tak Kalah Mahalnya dibandingkan Jakarta!

Benarkah Biaya Hidup di Jakarta Mahal? Ternyata, Biaya Hidup di 5 Kota Ini Tak Kalah Mahalnya dibandingkan Jakarta!

Ada anggapan bahwa hidup di ibu kota sangatlah mahal. Namun nyatanya, 5 kota di Indonesia ini membutuhkan biaya hidup yang tak kalah mahal ...

Read more..

Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Apakah kamu berminat menjadi seorang digital nomad, Sahabat Moola?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Mencari Uang Sambil Jalan-jalan? Inilah 5 Skill yang Harus Kamu Persiapkan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !