Sahabat Moola, kamu berencana membuka toko? Sudah tahu berapa banyak karyawan yang akan kamu butuhkan? Dari sekian banyak karyawan, ada tiga posisi yang sangat krusial dan menentukan kelancaran bisnis barumu, lho! Jangan sampai kamu salah memilih orang di posisi ini. Bisa-bisa modal usahamu tidak cepat kembali kalau posisi ini ditempati orang yang salah. Apa saja sih, tiga posisi krusial ini?

1. Kasir

Photo Credit: Girls Chase

Kasir adalah posisi yang krusial jika kamu berencana membuka toko dalam bentuk fisik, bukan online. Pasalnya, kasir berhadapan langsung dengan pelanggan sehingga uang transaksi jatuh pertama kali ke tangan kasir. Jadi, pastikan kamu memilih orang yang teliti dan jujur untuk posisi ini. Teliti dalam menghitung jumlah uang yang dibayarkan pelanggan serta teliti memberikan jumlah uang kembalian. Jangan sampai uangmu terbuang sia-sia gara-gara kasir berlebih mengembalikan uang kembalian atau justru bekerja tidak dengan kejujuran.


2. Pembukuan

Photo Credit: accounter

Setelah kasir, orang yang akan berhadapan langsung dengan keuangan tokomu adalah bagian pembukuan. Yup, karyawan pembukuanlah yang akan menghitung dan membukukan uang masuk, uang keluar, serta saldo harian, mingguan, bulanan, atau tahunan tokomu. Sama seperti kasir, karyawan di bagian pembukuan ini haruslah orang yang teliti. Kurang satu digit angka saja sudah mempengaruhi jumlah yang cukup besar. Misalnya, uang Rp1.000.000,- malah ditulis Rp100.000,-. Bisa kacau, bukan?

Selain teliti, pastikan karyawan di bagian pembukuan ini juga menyukai angka atau matematika. Pasalnya, setiap hari dia akan berurusan dengan angka-angka, penjumlahan, dan pengurangan. Memiliki karyawan yang menyenangi pekerjaan tentu membuat kinerjanya jadi lebih maksimal.


3. Keuangan

Photo Credit: iStock

Sedikit berbeda dengan pembukuan, karyawan di posisi keuangan ini akan membantumu mengatur atau mengontrol target dan realitas toko. Posisi ini butuh orang yang enerjik dan inovatif. Harus selalu siap berbenah kalau target penjualan tokomu tidak tercapai. Selain itu, posisi keuangan ini juga akan membantu mengatur investasi tokomu. Jadi, karyawan di posisi ini harus jeli melihat segala macam peluang di sekitarnya.

Nah, itulah tiga posisi krusial yang menentukan usaha barumu. Sahabat Moola harus cermat memilih orang untuk mengisi ketiga posisi tersebut ya. Akan lebih baik kalau Sahabat Moola memilih karyawan yang sudah dikenal dan dipercayai sehingga tidak sulit untuk menyamakan visi misi. Jadi, kapan nih, Sahabat Moola akan membuka usaha sendiri?

BACA JUGA


Jangan Cuma Modal Cantik Saja, 5 Wanita Ini Membuktikan Prestasinya dengan Mendirikan Start Up

Jangan Cuma Modal Cantik Saja, 5 Wanita Ini Membuktikan Prestasinya dengan Mendirikan Start Up

Dunia teknologi seringkali dikaitkan dengan pria, seolah-olah para wanita tak bisa melakukan hal yang sama. Wanita dianggap tak mengerti ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Membuka Toko? Jangan Sampai Salah Pilih Karyawan untuk 3 Posisi Krusial Ini, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !