Suatu hari saya mendapat sample dari seorang teman yang temannya seorang penyuplai kopi dan membuat saya menjadi ketagihan, sehingga membuat saya memesan langsung dari penyuplai kopi tersebut. Ketika saya menerima pesanan kopi saya dari Surabaya, bukan hanya kemasannya yang menarik, bau kopinya pun sangat sedap.

Saya kemudian mewancarai penyuplai kopi ini melalui WhatsApp untuk mendapatkan tips bagaimana memulai bisnis kopi. Ia bernama Zusmi seorang pemuda yang berumur 20 an dan sangat produktif dalam memasarkan kopinya dengan nama KofindId. Kamu bisa cek instagramnya disini kofind.id

Ia memasarkan kopinya tidak hanya ke kedai-kedai kopi tapi juga ke personal. Menurutnya banyak orang yang lebih suka menyeduh kopi sendiri dan pengiriman kopinya dia sudah kemana-mana bahkan sampai keluar negeri seperti Laos, Jepang, Korea, German, tapi sayangnya itu belum continue.

Udah engga sabar apa tips yang mau ia bagi, yuk cek 5 tips untuk mulai bisnis kopi disini;

1. Kecintaan Terhadap Kopi

Ketika memulai bisnis ini berawal dari kecintaan Zusmi terhadap kopi sejak kuliah, ia kemudian melihat bisnis kopi ini semakin hari semakin digemari baik dari kalangan muda ataupun tua. Tak hanya itu, ia juga melihat sebuah peluang untuk improvisasi dari produk sejenis yang sudah ada. Dalam memulai bisnis kopi ini, ia bekerjasama dengan adiknya yang juga seorang barista.

2. Menggunakan Uang Hasil Tabungan Sebagai Modal

Seringkali kita suka kebingungan darimana bisa dapat modal awal untuk memulai bisnis kopi. Ketika saya tanya Zusmi ia memulai bisnis kopi dari hasil tabungannya selama ia bekerja. Meskipun ia sudah memulai bisnis kopi ini, ia tetap bekerja sebagai orang kantoran.

Seperti cerita dari teman saya yang lain, ketika menjalankan sebuah bisnis ia masih tetap bekerja sebagai orang kantoran dimana upah yang ia terima bisa ia gunakan untuk menambah modal bisnisnya. Demikian juga dengan Zusmi, ia menggunakan upah yang ia terima untuk menjadikan bisnis kopi KofindId semakin besar.

3. Datang Ke Pameran-Pameran Kopi

Saya pun bertanya pada Zusmi darimana bisa dapat kopi-kopi yang bagus? Zusmi menjelaskan rajin-rajinlah dating ke pameran-pameran kopi dimana dalam pameran tersebut bisa bertemu dengan petani kopi dan aneka jenis kopi lainnya.

Kegiatan Zusmi berbisnis kopi sama sekali tidak mengganggu aktivitasnya di kantor meskipun ia juga harus menentukan kualitas produk kopinya, ia sendiri yang melakukan seleksi green bean dan profile roastingnya. Yang menarik dari KonfindId adalah pemilihan biji-biji kopi langka dan tidak banyak diproduksi jadi memudahkan ia mengontrol. Kopi yang ditawarkan memiliki varian macam-macam diantaranya Wine Gayo, Flores Red Honey, Puntang Typica, dan masih banyak lagi, yang tersedia dalam kemasan roasted bean, bubuk, dan packing mobile drip atau celup.

4. Menggunakan Mesin Roasting Buatan Sendiri

Anak lulusan Teknik Sipil ini menggunakan keahliannya untuk mengolah kopi dengan menggunakan mesin roastin buatan sendiri. Ini keren banget sehingga Zusmi bisa mengurangi modal untuk membeli mesin roasting. Saya merasakan sendiri kopi yang dihasilkan dari mesin roasting buatan tangannya sendiri tidak kalah dengan mesin-mesin roasting yang dijual di pasaran.

Tak hanya itu, dalam mengemas kopinya pun ia mendapatkan banyak referensi dari sumber di Google. Tentu saja, kemasan yang menarik bisa mencuri perhatian customer. Kemasan yang ia pilih bisa untuk roasted bean fresh selama 3 bulan, sementara untuk design yang ia gunakan, ia memakai referensi dari Pinterest.

5. Bergabung Dalam Asosiasi Kopi

Zusmi tergabung di AEKI yakni Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia yang didirikan sebagai rasa kebersamaan dalam menyatukan para penyuplai kopi ini. Dengan bergabung disini, ia mendapat banyak update yang berkaitan dengan kopi dan peraturan-peraturan baru dari regulator.

Di akhir wawancara saya Zusmi memberikan tips buat kamu yang ingin memulai bisnis kopi yakni tetap konsisten, pelajari dengan benar tentang kopi yang dijual dan jangan pakai pendanaan yang berbunga. Wah keren ya tipsnya. Buruan yang mau mulai bisnis kopi, semoga tips dari pendiri KofindId ini berguna buat teman-teman ya. Good luck !!!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Membuka Coffee Shop? Inilah 5 Tips untuk Memulai Bisnis Kedai Kopi". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !