Sahabat Moola, pada umumnya, menghabiskan delapan jam sehari atau 40 jam seminggu dalam hitungan lima hari kerja di kantor. Bahkan beberapa sahabat Moola bisa menghabiskan 10 sampai 12 jam kerja dalam sehari selama seminggu.

Oleh karena itu, merasakan kegembiraan di kantor menjadi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas. Agar tidak jenuh. Jeff Stibel, seorang ilmuwan otak dan vice chairman Dun & Bradshet sebuah perusahaan penyedia data komersial dan analisis mendalam tentang bisnis, memberi lima tips menjadi lebih bahagia di tempat kerja sebagaimana yang dimuat di Forbes. Kelima tips tersebut adalah:

1. Mengubah pola pikir

Apakah sahabat Moola melihat kolega yang berbahagia di kantor pasti bekerja dengan sangat keras? Apakah sahabat Moola mempersepsikan pekerjaan sebagai hal yang tidak menyenangkan? Maka ubahlah perspektif dan harapan kita.

Orang Denmark punya kosakata “arbejdsglæde” untuk mendefiniskan kebahagiaan di tempat kerja. Kosakata yang tidak dimiliki oleh orang Indonesia bahkan orang Amerika. Sebuah riset menemukan orang yang berbahagia di tempat kerja akan lebih produktif. Jadi, bila mau lebih produktif di tempat kerja, ubahlah pola pikir kita.

2. Membuang kebosanan

Budaya kerja di Denmark, mengutamakan para pekerja untuk mempelajari keahlian baru yang sangat mereka inginkan. Di Amerika Serikat, pekerja dapat berinisiatif mempelajari keahlian baru. Survey Gallup tahun 2015 menemukan hanya 32% pekerja di Amerika yang merasa menyatu dengan pekerjaan. Sebanyak 51% pekerja menyatakan tidak menyatu dengan pekerjaan. Bahkan sebanyak 17% menyatakan tidak menyatu sama sekali dengan pekerjaan.

Kebosanan bisa menjelaskan masalah tersebut. Mengerjakan hal yang sama dari waktu ke waktu pasti menimbulkan kebosanan. Mempelajari keahlian atau mengambil tanggung jawab baru dapat mengatasi kebosanan tersebut.

3. Pergi dari kantor

Otak membutuhkan perubahan pemandangan untuk membantu menyegarkan kembali pikiran. Makan bersama kolega lebih menyenangkan daripada makan sendirian. Demikian hasil sebuah studi tahun 2013.

Makan di luar juga menggerakkan anggota badan. Tidak heran jika Stibel menekankan kepada seluruh karyawannya untuk makan di luar kantor. Tambahan bonus lagi jika sahabat Moola dapat tidur siang sebentar saat jam istirahat.

4. Senyum

Sejak anjuran Charles Darwin pada tahun 1872 sampai temuan ahli psikologi Robert Zajonc pada tahun 1980 telah membuktikan senyuman, yang besar, akan membawa kebahagiaan. Memang terdengar basi. Namun bila ingin berbahagia di tempat kerja, tersenyumlah lebih sering. Serangkaian penelitian telah membuktikannya.

5. Pindah tempat kerja

Terakhir, Stibel menyarankan sahabat Moola untuk pindah tempat kerja jika memang tidak merasa bahagai. Kalau sahabat Moola tidak menyukai apa yang dikerjakan, maka berhentilah melakukannya. Sahabat Moola akan dihargai tinggi dalam industry apapun yang andal dikerjakan oleh sahabat Moola dengan gembira.

Demikian lima tips agar dapat lebih bahagia di tempat kerja dari Jeff Stibel. Kenaikan gaji dan bonus sahabat Moola tinggal menunggu waktu bila karir terus menanjak karena dapat berbahagia di tempat kerja. Selamat mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ingin Lebih Berbahagia di Tempat Kerja? Ini Dia 5 Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !