Beraktivtas di Jakarta nggak perlu khawatir dengan mobilitas tinggi, walaupun banyak yang mengatakan bahwa Jakarta masuk dalam daftar kota termacet di dunia. Sejak lahir di Jakarta hingga kuliah saya nyaris tidak pernah menggunakan transportasi umum karena selalu diantar jemput oleh sopir keluarga. Namun, kini saya justru berani menyatakan bahwa Jakarta justru surga bagi pengguna transportasi non pribadi. Kendaraan umum di Jakarta boleh dikatakan paling beragam di dunia, antara lain bajaj, bemo, metromini, KWK, mikrolet, ojek online/pangkalan, taksi konvensional, sampai nebeng-nebengan motor dan mobil pribadi. Punya mobil keren di Jakarta masa kini juga pemborosan banget jika kita menggunakannya saat weekday dan hanya kita sendiri yang menggunakannya. Jadi, bila kamu mau tetap hemat dan nyaman bertransportasi di Jakarta, simak yuk caranya!

1. Jangan bepergian dengan waktu mepet

Setidaknya sisihkan 30 menit lebih cepat untuk jeda waktu.

2. Gunakan TransJakarta

Moda transportasi ini sangat efektif menghindari kemacetan. Bahkan sekarang ada loh TransJakarta yang tidak dikenakan pembayaran alias gratis. Bayar saja dengan sikap kita yang turut merawat dan menjaga kebersihannya. Tarif Transjakarta hanya Rp3.500 bebas kemanapun selama tidak keluar dari pintu halte, maka tidak dikenakan biaya lagi.

3. Ojek motor dan mobil online

Sepeda motor online yang 2 tahun populer di Jakarta merupakan jasa transportasi yang sangat membantu mobilitas warga Jakarta. Gunakan jasa ini semaksimal mungkin. Bandingkan harga antara perusahaan satu dengan yang lain, perhatikan promosi yang mereka berikan. Tetapi jangan semena-mena cancel jika kamu menunggu. Bicarakan secara baik-baik dan jelaskan secara elegan pada drivernya, bukan malah marah-marah.

Jika menggunakan mobil online kita juga dapat berbagi dengan penumpang lainnya yang searah (Grabshare atau Uber Pool). Namun ini hanya baik jika kita sedang tidak terburu-buru.

4. Bajaj

Kendaraan asal India ini sudah nggak berisik loh! Tawaran yang diberikan oleh sopir terkadang lebih tinggi dari taksi. Tapi kalau lokasi yang kita tuju harus masuk-masuk ke gang atau jalan sempit, ditambah lagi kita harus membawa barang-barang yang sulit dibawa jika kita naik motor, maka bajaj menjadi alternatif terbaik. Tanyakan terlebih dahulu ke orang yang lebih mengerti tarif bajaj dari dan ke lokasi yang dituju.

5. Taksi

Bepergian bersama atau searah dengan 2-3 orang teman dapat menghemat dan lebih praktis menggunakan jasa taksi. Tanpa menunggu kita dapat langsung naik taksi yang biasa berada di lobby gedung perkantoran/pertokoan/hotel atau menyetop langsung di pinggir jalan. Andai ada selisih harga lebih tinggi dengan jasa transportasi lainnya, maka niatkan untuk sedekah, berbagi dengan sang sopir serta membantu menciptakan keberagaman lapangan pekerjaan.

BACA JUGA


Heboh Larangan Transportasi Online di Bandung: Yuk Kaji Kembali Manfaat Transportasi Online yang Tak Dimiliki Transportasi Konvensional!

Heboh Larangan Transportasi Online di Bandung: Yuk Kaji Kembali Manfaat Transportasi Online yang Tak Dimiliki Transportasi Konvensional!

Untuk memesan layanan transportasi online, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mendaftar. Kemudian, hanya beberapa sentuhan jari ...

Read more..

Terbukti kan bahwa Jakarta memiliki banyak moda transportasi yang nyaman dan jauh lebih hemat dibandingkan mengendarai milik pribadi?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Libur Akhir Tahun ke Jakarta? Inilah Transportasi Nyaman dan Hemat Buat Kamu yang Ingin Liburan di Jakarta!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !