Hobi membaca memang sangat baik, tapi apa jadinya bila hobi membaca berujung pemborosan? Seorang pecinta buku tentu sangat suka berlama-lama di perpustakaan maupun toko buku. Hampir semua buku baru menggugah seleranya untuk melahap dan memborongnya hingga tak jarang terjadi penumpukan di rumah. Tak salah ada ungkapan iseng mengatakan bahwa kecepatan membeli buku kadang memang tak sebanding dengan kecepatan membaca buku. Sahabat Moola, agar hobi membaca tidak berujung pemborosan, inilah 5 hal yang bisa kamu terapkan untuk mencegah dompet jadi korban!

1. Selesaikan reading list secara disiplin

Photo Credit: Shutterstock

Daripada terus-menerus menumpuk koleksi buku yang belum tentu ada waktu untuk membacanya, lebih baik kamu selesaikan dahulu daftar bacaan yang ada di rumah. Dengan demikian, kamu akan lebih sibuk membaca daripada sekadar belanja lalu menumpuknya.

2. Datang saja ke perpustakaan

Photo Credit: Shutterstock

Jika mendengar judul baru diluncurkan, eits, jangan keburu nafsu untuk segera memborongnya, Sahabat Moola! Kamu bisa lho datang ke perpustakaan baik online maupun offline untuk meminjamnya agar bisa turut membaca. Ingat, memang tidak ada salahnya kamu belanja buku, yang jadi masalah adalah jika kebiasaan tersebut mengganggu keuanganmu.

3. Mampir ke toko buku online

Photo Credit: Techno FAQ

Bila memang hasrat belanja buku tak tertahankan, salah satu cara menghematnya adalah dengan mampir ke toko buku online. Selain harganya bisa jauh lebih murah, koleksi yang disediakan pun lebih bervarian dengan bonus yang cukup menawan, misalnya pembatas buku atau blocknote lucu.

4. Saling meminjam dengan sesama pecinta buku

Photo Credit: Reader's Digest

Cara keempat agar kamu tak terus-menerus menyiksa dompet untuk berbelanja buku adalah dengan barter atau saling meminjam pada sesama pecinta buku. Saya pribadi sering melakukan hal itu, tapi saya hanya mau bertukar bacaan dengan seseorang yang sangat terpercaya bisa menjaga koleksi saya, jadi tidak sembarangan juga. Misal bila ada judul baru, kami akan membagi tugas, dia membeli A, saya membeli B. Jika sudah selesai membaca, kami akan saling menukarnya. Cukup irit, bukan?

5. Ikut giveaway

Photo Credit: The Reading Date

Last but not least, daripada gila belanja dan menghabiskan banyak biaya, kamu bisa ikutan banyak giveaway yang rajin dibagikan para bookstagram, klub buku, ataupun para blogger. Saat buku incaranmu beredar di pasaran dan kamu sedang ingin melakukan penghematan, maka berburu giveaway dapat dijadikan pilihan!

BACA JUGA


Toko Buku Online Kian Menjamur, Inilah 6 Keunggulannya Dibanding Toko Buku Konvensional

Toko Buku Online Kian Menjamur, Inilah 6 Keunggulannya Dibanding Toko Buku Konvensional

Tidak ada alasan untuk tidak gemar membaca. Jika kesulitan mendapatkan bacaan dari toko buku konvensional, kini toko buku online layak ...

Read more..

Nah, tidak sulit, bukan? Jika kamu punya tips tambahan, bisa lho dituliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hobi Membaca Berujung Pemborosan? Terapkan 5 Hal Ini Sebelum Dompet Jadi Korban!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !