Capek dengan rutinitas, beberapa dari kita mungkin mencantumkan “hidup sehat” sebagai resolusinya tahun ini. Ah, rasanya sulit untuk mengontrol gaya hidup sehat di tengah kesibukan yang kita miliki. Tapi hal itu tidak lagi terjadi jika kita memiliki 6 aplikasi ini dalam smartphone kita. Empat aplikasi di antaranya masuk dalam 39 aplikasi kesehatan terbaik versi greatist.com loh!

Yuk simak lebih lanjut untuk tahu aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan!


1. Lifesum

Photo credit: Lifesum

Punya rencana menurunkan berat badan, menaikkan berat badan, atau diet sehat sederhana tahun ini? Aplikasi gratis ini dapat membantu kamu untuk melakukan semua hal itu!

Ketika pertama mengunduh aplikasi Lifesum, ada 3 opsi yang dapat dipilih, yaitu Be Healthier, Lose Weight, dan Gain Weight. Sesuaikan dengan rencana hidup sehatmu tahun ini, kemudian Lifesum akan membantu kamu mengontrol konsumsi kalori dan air serta olahraga yang kamu lakukan.

Aplikasi ini juga dapat disambungkan dengan aplikasi olahraga kamu lainnya seperti Google Fit dan Fit Bit, sehingga data-data olahraga yang kamu lakukan dapat langsung dirangkum oleh aplikasi ini. Untuk mengakses program-program diet yang disediakan, kamu harus mengeluarkan uang lebih sekitar 400.000 untuk 1 tahun. Lebih irit tentunya dari konsultasi ke dokter dan menjadi anggota fitness club.


2. Sleepbot

Photo credit: MySleepBot

Dengan segala kesibukan, pasti sulit bagi kita untuk memiliki jam tidur yang normal. Akibatnya bisa jadi telat bangun di pagi hari, atau malah merasa stress ketika melakukan pekerjaan karena kurang tidur.

Aplikasi Sleepbot yang dapat diunduh secara gratis di App Store dan Google Play ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang ideal setiap malamnya. Aplikasi ini akan merekam gerakan dan suara-suara yang ada selama kita tidur untuk melihat apakah kita berada dalam deep sleep atau hanya light sleep. Alarm yang dibuat dalam aplikasi ini harus berentang waktu 30 menit. Dari 30 menit tersebut, alarm akan berbunyi ketika kita berada dalam light sleep, sehingga badan terasa lebih segar ketika bangun tidur di pagi hari.

Aplikasi ini cocok untuk melihat bagaimana pola tidur kita setiap harinya, kemudian dari data tersebut dapat kita analisis apa yang membuat kita tidur nyenyak dan apa yang membuat tidur kita tidak nyenyak. Dengan begitu, ke depannya kita akan memiliki tidur yang lebih berkualitas.


3. Plant Nanny

Photo credit: Pixelkin
ion>

Kamu suka lupa minum air putih di tengah kesibukan? Atau malah nggak suka air putih? Eits, tahu kan kalau kita harus mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya? Aplikasi ini akan membantu kamu mengontrol air putih yang kamu konsumsi setiap hari. Uniknya, aplikasi ini menampilkan konsumsi air putih kita lewat menanam tanaman!

Wah, seru tuh! Caranya gimana?

Ketika baru men-download aplikasi ini, kamu akan diberi pilihan tanaman dan pot apa yang kamu mau untuk menanam. Kita dapat menghidupkan tanaman tersebut dengan cara menyiram air ke tanaman tersebut. Untuk dapat menyiram tanaman, kamu harus mengkonsumsi air sejumlah gelas yang kamu gunakan untuk menyiram tanaman tersebut. Dengan begitu, konsumsi air putih dapat terkontrol deh lewat pertumbuhan tanaman-tanaman lucu dalam aplikasi ini. Yang terpenting, aplikasi ini juga gratis loh! Asyik, kan?


4. Eyecare Plus Exercises

Photo credit: eyeexamtest

Ada satu bagian tubuh yang sering kita anggap sepele, padahal kerjanya berat. Yup, mata! Beraktivitas setiap harinya di depan gadget tentunya membuat mata kita kelelahan. Untuk itu, penting melakukan olahraga mata supaya mata kita tetap sehat. Salah satu aplikasi yang dapat membantu menjaga kesehatan mata adalah Eyecare Plus Exercises.

Aplikasi yang baru dapat diunduh oleh pengguna Android ini memberikan pengguna serangkaian olahraga mata yang dapat dilakukan di waktu senggang. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengecek beberapa hal seperti apakah kita buta warna atau tidak, apakah kacamata yang digunakan sudah tepat, mengidentifikasi adanya katarak, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ya keuntungannya untuk sebuah aplikasi yang dapat dengan mudah diakses pengguna smartphone Android ini.

Untuk pengguna Apple, tidak usah bersedih. Aplikasi sejenis bernama Eye Workout juga siap membantumu melakukan olahraga mata setiap hari!


5. Zombies, Run!

Photo credit: Zombies Run Game

Punya aplikasi lari? Ah, sudah biasa. Bagaimana kalau punya aplikasi lari yang membuat kita serasa dikejar-kejar zombie selama menggunakan? Cuma Zombies, Run! Yang punya. Aplikasi ini dapat memotivasi orang-orang yang malas lari untuk lebih semangat melakukan olahraga tanpa biaya ini dengan konsep adventure nya.

Jika ingin berlari dengan aplikasi ini, pertama kita harus menggunakan earphone atau headset. Misi yang harus dilakukan dapat kita ketahui lewat suara yang akan terdengar ketika kita mulai berlari. Ketika zombie sudah semakin dekat dengan pengguna, ia harus berlari lebih cepat lagi. Jika berhasil menyelesaikan misi di setiap tantangannya, pengguna akan mendapatkan survival kit yang dapat digunakan untuk tantangan-tantangan selanjutnya.

Tertarik untuk memiliki? Tenang saja, aplikasi ini dapat kamu unduh secara gratis di Apple Store maupun Google Play. Selamat berpetualang melawan zombie!


6. Fit.net

Photo credit: Fit.net

Mau nge-gym dengan trainer profesional, tapi biayanya mahal? Untungnya dengan teknologi dewasa ini yang semakin canggih, kita tinggal mendaftar ke aplikasi fitness gratis untuk bisa mendapatkan manfaat dari nge-gym. Salah satu aplikasi gratis yang dapat kamu unduh adalah Fit.net.

Cuma sempat berolahraga 5-7 menit? Fit.net dapat memberikan pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan dengan durasi tersebut! Aplikasi ini juga terintegrasi dengan kamera yang terdapat dalam smartphone kamu sehingga bisa merekam aktivitas olahraga yang kamu lakukan. Olahraga tersebut nantinya akan dipantau oleh seorang personal trainer. Iya, kamu bisa mendapatkan seorang personal trainer sendiri! Tentunya ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk menyewa personal trainer tersebut, tetapi tetap jauh lebih hemat dong dibanding harus jauh-jauh ke tempat gym?

Sayangnya, aplikasi ini baru dapat diunduh di Apple Store. Tapi pengguna android juga bisa menggunakan aplikasi serupa kok! Seperti Fit Bit contohnya.

BACA JUGA


TIPS Agar Keuanganmu Selalu Sehat! Keep On Track!

TIPS Agar Keuanganmu Selalu Sehat! Keep On Track!

Bukan cuma pelari yang selalu harus punya motivasi untuk bisa menyelesaikan sebuah marathon. Kita pun harus bisa menyiasati diri untuk bisa ...

Read more..

Sudah siap mewujudkan resolusi hidup sehat dengan hemat tahun ini lewat 6 aplikasi di atas? Jangan lupa bagikan pengalamanmu setelah menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hidup Sehat dan Hemat dengan Smartphone? Unduh 6 Aplikasi Berikut Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !