Baru-baru ini Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat memberlakukan peraturan yang melarang operasi transportasi online. Peraturan ini muncul karena dipicu oleh konflik yang terjadi antara para penyedia jasa angkutan umum dengan transportasi berbasis aplikasi. Para penyedia jasa angkutan umum merasa dirugikan karena persaingan ini dirasa kurang sehat. Para penumpang kini memang cenderung lebih memilih transportasi online. Namun, dengan adanya peraturan ini, maka praktis transportasi berbasis aplikasi resmi dilarang beroperasi. Bahkan, bila ada yang nekad beroperasi akan segera ditindak oleh petugas.

Tentu saja peraturan ini patut disayangkan. Karena, semenjak adanya transportasi online berbasis aplikasi, ada beberapa kalangan masyarakat yang sangat tertolong. Sebab, transportasi online memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang belum dicakup oleh transportasi konvensional. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 5 manfaat transportasi online.

1. Mudah dan praktis

photo credit: media indonesia

Transportasi online memang memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihan transportasi online yang menjadi faktor pembeda dengan transportasi konvensional adalah sifatnya yang praktis.

Untuk memesan layanan transportasi online, kamu hanya perlu mengunduh aplikasinya dan mendaftar. Kemudian, hanya beberapa sentuhan jari layanan transportasi online sudah bisa kamu nikmati.

2. Tak perlu menggunakan uang cash

photo cedit: selular

Salah satu keunggulan transportasi online ialah transaksi tanpa uang cash. Anda bisa menggunakan saldo uang digital yang ada dalam akun anda. Selain itu, transaksi ini jauh lebih praktis karena tanpa uang kembalian. Juga seringkali ada banyak tawaran diskon menarik.

3. Terukur kepastiannya

photo credit: gojek

Asas kepastian juga merupakan salah satu manfaat yang membuat masyarakat tertarik menggunakan layanan ini. Semuanya terukur dengan baik. Ada rute yang jelas dan lengkap dengan tarifnya. Penumpang juga tak perlu menunggu lama, karena transportasi online tidak ada istilah ngetime menunggu penumpang lain.

4. Cepat

photo credit: tribunnews

Jasa transportasi online juga cepat. Karena menggunakan jasa transportasi online, kita seperti menggunakan kendaraan pribadi sendiri. Sangat membantu sekali bagi orang yang terburu-buru dikejar jadwal.

5. Tersedia selama sistem online

photo credit: detik

Selain dari semua manfaat itu, jasa transportasi online ini juga jelas jadwal operasinya. Tersedia selama sistem masih online. Selama aplikasi tersebut masih online, kamu masih bisa memesan jasa transportasi online.

Berikut tadi adalah beberapa manfaat transportasi online berbasis aplikasi yang bisa kamu nikmati. Tentu, berbagai keunggulan tersebut harusnya menjadi pelajaran bagi transportasi konvensional untuk terus mengembangkan diri.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Heboh Larangan Transportasi Online di Bandung: Yuk Kaji Kembali Manfaat Transportasi Online yang Tak Dimiliki Transportasi Konvensional!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !