Sejak tanggal 5 Januari 2017, harga BBM Non Subsidi yaitu Pertamax 92, Pertalite, dan Dex Lite naik sebesar 300 rupiah per liter. Kemudian per tanggal 6 Januari 2017 juga diberlakukan kenaikan tarif pajak kendaraan bermotor mulai dari 100-300%.

Kamu yang sering menggunakan kendaraan bermotor, mungkin merasa panik melihat kenaikan tarif ini. Ingin beralih ke BBM Subsidi, tapi kualitasnya tidak sebagus BBM yang non subsidi dan nantinya malah merusak kendaraan. Mau membeli kendaraan baru, tapi harga pajak perizinan kendaraan bermotor pun naik. Belum lagi untuk memenuhi biaya kebutuhan yang lain. Harus bagaimana dong?

Sebelum semakin panik, simak dulu yuk 5 tips berkendara dengan hemat di bawah ini!


1. Tunda rencana ganti kendaraanmu


Kendaraan idaman baru saja dirilis di Indonesia. Tabungan pun sudah kamu siapkan untuk membeli kendaraan ini. Tapi, tiba-tiba kamu mendapat kabar bahwa tarif pajak kendaraan bermotor naik! Belum lagi kendaraan idamanmu harus menggunakan BBM yang non subsidi.

Oleh karena itu, mungkin kamu harus menunda terlebih dahulu rencana ganti kendaraanmu. Pastikan bahwa uang tabunganmu bukan hanya bisa melunasi kendaraan, tetapi juga bisa membiayai tambahan-tambahan seperti pajak kendaraan dan biaya BBM yang sedang naik. Siapa tahu harga kendaraan idamanmu akan turun dan kamu bisa memenuhi biaya kendaraan, pajak, dan perawatan untuk kedepannya.


2. Rawat kendaraan dengan baik


Kalau sudah punya kendaraan sebelumnya, mungkin kamu bisa memaksimalkan kendaraan tersebut dulu sampai tabunganmu mencukupi. Kendaraan lama juga bisa tetap oke kok selama dirawat dengan baik!

Jangan sepelekan hal-hal sederhana seperti mengganti oli tepat waktu, rutin mencuci mobil, mengisi angin ban dengan tekanan yang sesuai, dan mengisi bensin sebelum benar-benar habis. Dengan begitu, kendaraan lamamu tetap bisa berperforma dengan baik, sehingga kamu tidak perlu membeli kendaraan yang baru.


3. Hindari jalanan dan waktu yang rawan macet

photo credit: Simply Wallpaper


Memiliki kantor di daerah rawan macet merupakan salah satu tantangan besar di tengah kenaikan harga BBM dan pajak kendaraan bermotor ini. Selain waktu yang terbuang dan tubuh yang semakin lelah, bensin yang terbuang juga semakin banyak di tengah kemacetan. Hal tersebut memang sulit dihindari. Tetapi kamu tetap bisa mengatasinya dengan pilihan waktu berangkat dan pulang yang tepat! Kamu bisa berangkat lebih awal dan pulang lebih akhir dari tempat kerja agar tidak terjebak macet. Jika ada, lewati jalan-jalan tikus yang tidak mengalami kemacetan untuk mengatasi hal ini.

Tidak hanya di hari kerja, hal ini juga berlaku jika kamu ingin berjalan-jalan saat weekend. Tunda dulu keinginanmu pergi ke mall-mall yang berpotensi terjadi kemacetan. Hindari juga waktu-waktu di saat semua orang bepergian ke luar rumah, seperti di malam minggu. Pengeluaran BBM-mu bisa lebih dihemat deh!


4. Punya teman yang rumahnya searah? Saling nebeng aja!

photo credit: Simply Wallpaper


Daripada membeli kendaraan baru dan mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin, berangkat bersama dengan teman-teman yang rumahnya searah tentunya akan lebih menghemat pengeluaranmu. Kalian bisa bergantian membawa kendaraan setiap harinya supaya adil. Biaya bensin yang harus kamu keluarkan pun akan berkurang. Selain itu, jalanan di ibukota seperti jalur 3 in 1 pun dapat dilewati dengan aman.

Keuntungan secara emosionalnya, kamu bisa lebih mengenal dekat teman-temanmu dengan bertukar cerita lebih banyak selama perjalanan. Kamu juga bisa mengurangi polusi dan membantu mengurangi terjadinya pemanasan global. Banyak banget kan yang bisa kamu dapatkan?


5. Gunakan kendaraan umum

Photo credit: Kaori Nusantara

Pilihan lain jika kamu kesulitan menemukan teman yang rumahnya searah, yaitu dengan menggunakan kendaraan umum! Kendaraan umum saat ini sudah semakin banyak jumlahnya dan fasiliasnya semakin nyaman lho. Selain itu, lagi-lagi kamu bisa membantu mengurangi polusi, kamu juga tentunya akan menghemat biaya bensin dan keperluan kendaraan pribadi lain yang harus kamu keluarkan.

BACA JUGA


7 Film Yang Akan Membantumu Belajar Tentang Keuangan

7 Film Yang Akan Membantumu Belajar Tentang Keuangan

Film Indonesia semakin menunjukkan perkembangannya. Kamu juga bisa lho belajar keuangan dari film. Film Indonesia ini tidak hanya akan ...

Read more..

Itu dia 5 tips Berkendara hemat di tengah kondisi harga BBM Non Subsidi dan STNK yang sedang naik. Kalian punya tips-tips lain untuk berhemat di tengah kenaikan harga pajak kendaraan dan BBM Non Subsidi? Kasih tahu di kolom komentar yah!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Harga BBM Non Subsidi dan STNK Naik! Inilah 5 Tips Agar Bisa Tetap Hemat Berkendara". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !