Libur akhir tahun sebentar lagi, sudahkah kamu punya rencana untuk melewatinya? Jika kamu berencana menghabiskan libur akhir tahun dengan berlibur, maka Bali adalah salah satu destinasi yang tetap asyik untuk dipilih.

Berlibur ke Bali, kamu bukan hanya menemukan kemegahan pemandangan alam, tapi juga kecantikan adat serta budaya, dan juga kelezatan kulinernya yang layak dicoba oleh siapa saja.

Namun, beragam pandangan terhadap kuliner Bali seolah membuat beberapa orang merasa 'tidak bebas' atau tidak bisa menikmati dengan sepuas-puasnya karena khawatir soal harga dan kehalalannya.

Nah, bila kamu ingin menghabiskan waktu liburan di Pulau Dewata, maka inilah 5 kuliner yang pasti halal dan murah untuk kamu coba di sana!

1. Nasi Jinggo

Photo Credit: Blog Vokamo

Yang pertama dan paling mudah dijumpai adalah nasi jinggo. Biasanya, nasi jinggo cocok untuk menu sarapan dan dijual di pasar-pasar tradisional. Sebungkus nasi jinggo berisi nasi yang cukup porsi, ayam suwir, mie goreng, sambal, dan juga serundeng kelapa. Jangan tanya soal rasanya, nasi jinggo adalah makanan rakyat yang sangat digemari oleh siapa saja yang berkunjung ke Pulau Dewata. Sebungkusnya bisa kamu beli dengan harga 5000 rupiah saja.

2. Tipat Tahu

Photo Credit: Bali Update Information

Tak cuma nasi jinggo, tipat tahu juga banyak ditemukan di Bali, terutama di area Gianyar dan Denpasar. Tipat tahu juga cocok untuk menu sarapan maupun makan siang yang sangat mengenyangkan. Sepiring tipat tahu berisi potongan tipat/ketupat, tahu goreng, taoge, yang diguyur kuah kacang dan nikmat dimakan bersama kerupuk udang. Harga sepiringnya hanya 8000-10.000 rupiah saja. Nyam!

3. Tipat Blayag

Photo Credit: KSMTour

Ada tipat tahu, maka ada juga tipat blayag. Untuk kuliner satu ini, paling banyak ditemukan di Singaraja. Yang membedakan tipat blayag dan tipat tahu adalah kuah yang mengguyurnya. Tipat blayag diguyur kuah kuning yang menyerupai kuah lodeh atau lontong sayur hingga menciptakan rasa gurih dan nikmat. Seporsinya dihargai 10.000 rupiah dan sudah bisa bikin kamu kekenyangan!

4. Serombotan

Photo Credit: Warung Subak

Serombotan adalah salah satu makanan khas Klungkung yang mudah juga ditemukan di Pulau Dewata. Berisi potongan kangkung, taoge, kacang panjang, dan diguyur sambal kacang yang pedas serta dibubuhi serundeng kelapa. Untuk menikmatinya, serombotan bisa disandingkan dengan tipat/ketupat serta kerupuk udang. Sebungkus serombotan harganya 10.000 rupiah bergantung isi yang kamu inginkan.

5. Rujak Kuah Pindang

Photo Credit: Satu Jam

Last but not least, yang paling nikmat dan jadi most wanted di Bali adalah rujak kuah pindang, yang mana seporsi potongan buah jambu, bengkuang, nanas, mentimun, mangga muda, pepaya, dan lainnya diguyur dengan kuah pindang yang unik dan sangat ciamik! Kuah pindang biasanya dijual dengan harga 10.000 rupiah per bungkus dan sudah bisa bikin kamu ketagihan dan kepedesan bahagia.

BACA JUGA


5 Kuliner Murah yang Bisa Kamu Coba Saat Jalan-jalan di Thailand. Dijamin Nikmat Sekaligus Hemat!

5 Kuliner Murah yang Bisa Kamu Coba Saat Jalan-jalan di Thailand. Dijamin Nikmat Sekaligus Hemat!

Thailand masih menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Selain menawarkan 'paket komplit' harga yang ditawarkan di sana pun ...

Read more..

Nah itulah 5 kuliner Bali yang halal dan murah dan bisa dijadikan rekomendasi saat berlibur ke Pulau Dewata. Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Halal dan Pasti Murah! Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini Saat Berlibur ke Bali". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !