Sahabat Moola sedang pusing memikirkan kondisi finansialmu yang berantakan? Mengeluarkan uang terlalu banyak untuk belanja kebutuhan tersier sampai lupa kebutuhan primer? Wah, ini saatnya Sahabat Moola harus #TobatFinansial demi kondisi finansial yang lebih stabil. Yuk ikuti langkah-langkah ini.

1. Hitung pemasukan dan pengeluaranmu dalam satu bulan. Jangan sampai kantong kering di pertengahan, ya.

Photo Credit: makfax

Sahabat Moola, kantong kering atau bokek itu terjadi karena pemasukan dan pengeluaran kita tidak seimbang. Nah, supaya itu tidak terjadi, kamu bisa memulainya dengan menghitung pemasukan dan pengeluaranmu dalam satu bulan atau bahkan lebih. Sesuaikan pengeluaranmu dengan penghasilan, ya.

2. Buat daftar Prioritas. Belanja barang-barang tidak penting harus kamu nomor sekiankan.

Photo Credit: theplanetsocial

Setelah menyusun rencana pengeluaran, buat daftar prioritas untuk pengeluaran tersebut. Pengeluaran untuk membayar pajak atau tagihan bulanan lainnya tentu tidak terhindarkan, ya. Pengeluaran yang perlu dibatasi adalah pengeluaran untuk membeli barang-barang tersier, seperti tas, sepatu, dan lain-lain.

3. Ingat barang di rumah yang masih bagus, Sahabat Moola. Tidak perlu membeli baru kalau memang belum benar-benar membutuhkan.

Photo Credit: 10best

Ketika berpergian ke mal atau pusat perbelanjaan, Sahabat Moola pasti selalu tergiur untuk membeli sesuatu, ya? Wah, ingat-ingat barang yang dipunyai deh. Kalau barang yang kamu punya masih bagus, tahan nafsu belanjanya, ya.

4. Jangan tergoda teman yang banyak belanja. Sadari kondisi finansial masing-masing.

Photo Credit: cashmiomall

Setiap orang punya kondisi finansialnya masing-masing, Sahabat Moola. Kalau kamu sudah tahu kondisimu, tentu kamu pun akan lebih bijak mengeluarkan uang.

5. Mulai menabung. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit akan terwujud kalau kamu niat, Sahabat Moola.

Photo Credit: CNN

Hitung-hitungan pemasukan dan pengeluaran sudah dibuat. Prioritas pengeluaran pun sudah ada. Nah, sekarang Sahabat Moola perlu lihat kembali daftar hitung-hitungan tadi. Adakah kesempatan menyisihkan uang untuk ditabung? Eiitss, tak perlu banyak-banyak. Sedikit saja, asal konsisten. Kalau sudah rutin, menabung bisa menjadi kebiasaan yang bagus, lho. Uang tabunganmu bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak di masa mendatang.

BACA JUGA


Ajak Pasanganmu Berhemat! Inilah Langkah Awal untuk Memulainya

Ajak Pasanganmu Berhemat! Inilah Langkah Awal untuk Memulainya

Memiliki pasangan yang mau diajak berhemat merupakan idaman setiap orang. Bingung bagaimana cara memulainya? Baca ini

Read more..

Bagaimana Sahabat Moola? Segera tata finansialmu supaya tidak menyesal di hari tua. Ceritakan juga pengalaman #TobatFinansial versimu, ya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gila Belanja Bikin Kantongmu Kering? Yuk Ikuti Langkah Ini untuk #TobatFinansial". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !