Menabung artinya menyimpan sekarang untuk persiapan masa depan. Masa depan itu bisa minggu depan, bisa juga 10 tahun yang akan datang. Menabung akan sangat membantu kita terutama mempersiapkan tujuan jangka pendek. Maka sebelum menabung, yuk kenali dulu jenis-jenis tabungan yang ada: tabungan biasa, tabungan berjangka, tabungan premium, dan tabungan bisnis. Mana yang paling cocok untuk kamu?


1) Tabungan Biasa

photo credit: Money

Jenis tabungan yang memberikan kemudahan untuk penarikan dan penyetoran kapan saja. Saldo minimal tabungan relatif rendah, berkisar Rp50.000-Rp150.000. Bunga saat ini berkisar 0,7%-3,0% per tahun diberikan secara berjenjang sesuai saldo tertentu dan ketentuan bank. Biaya administrasi beragam dari Rp5.000-Rp20.000. Beberapa bank tidak mengenakan biaya administrasi dengan saldo minimal tertentu.


2) Tabungan Berjangka

photo credit: MangCara

Jenis tabungan dengan nilai penyetoran pada nomimal tertentu pada jangka waktu yang disepakati. Periode antara 1-10 tahun dan nominal setoran bulanan mulai dari Rp100.000-Rp10.000.000. Bunga saat ini berkisar 3,0%-5,0% per tahun. Jika dilakukan penarikan sebelum jangka waktu akan dikenakan denda. Biasanya bank membebaskan dari biaya administrasi.


3) Tabungan Premium

Tabungan dengan minimal penyetoran awal dan saldo minimum yang lebih besar daripada tabungan biasa. Bunga saat ini berkisar 5,0%-7,0% per tahun. Biaya administrasi rekening lebih ringan. Biasanya bank menggunakan tabungan ini untuk menjaring individu dengan kemampuan menyimpan saldo lebih besar.


4) Tabungan Bisnis

photo credit: AdvisoryHQ

Tabungan untuk keperluan bisnis. Kelebihannya ada pada rincian transaksi bulanan untuk keperluan pembukuan bisnis. Saldo minimum dan biaya administrasi lebih besar dari tabungan biasa. Bunga saat ini berkisar 1,0%-3,0% per tahun.


Setelah mengenali jenis tabungan, saatnya memanfaatkannya untuk membiasakan diri menyisihkan uang setiap menerima penghasilan. Dengan tabungan biasa secara manual kita sisihkan dan tempatkan di rekening khusus, terpisah dari rekening untuk belanja.

Minimal 10% dari penghasilan kita dan sisihkan di awal, bukan sisakan ya. Hal ini akan melatih kita untuk mengawali merencanakan masa depan untuk tujuan jangka pendek.

Selanjutnya bisa dengan tabungan berjangka kita juga bisa secara otomatis mendebet uang dari rekening tabungan biasa. Jadi ketika menerima penghasilan, kita bisa atur agar terdebet dan terpisah dari rekening tabungan biasa. Setiap bulan kita "dipaksa" menabung dengan tabungan berjangka ini.

Selain itu, produk tabungan ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan dana darurat. Nah sudah kenal jenis-jenisnya, yuk mulai menabung. Mulai dengan menabung dulu, agar terjadi kebiasaan mengumpulkan. Baru nantinya kita lanjutkan dengan berinvestasi. Apa yang mau diinvestasikan kalau menabung saja sudah menjadi kebiasaan?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gerakan Ayo Menabung! Tapi Tabungan yang Seperti Apa Dulu Ya? Kenali Jenis-Jenisnya Di Sini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !