Pernah nggak sih menyadari ketika kamu membeli produk dengan merk sama di tempat yang berbeda, harganya pun jadi berbeda pula? Ada yang menjual dengan harga murah, tapi tidak sedikit juga yang menjual dengan harga mahal. Empat tempat yang menjual makanan dan minuman ini bahkan tidak segan-segan untuk menaikkan harganya berkali-kali lipat dari tempat lain. Tempat-tempat apa saja sih dan mengapa mereka menaikkan harga? Simak di bawah ini ya untuk tahu lebih lanjut!


1. Bioskop

Photo credit: Shutterstock

Bagi kamu yang sering nonton ke bioskop pasti tidak asing lagi dengan makanan dan minuman yang dijual di bioskop dengan harga berkali-kali lipat dari harga yang biasanya kamu keluarkan jika membeli di warung ataupun supermarket. Jika dompet sedang kepepet, kamu mungkin akan memutuskan untuk tidak membeli makanan apapun. Tetapi sensasi menikmati popcorn dan softdrink sambil menyaksikan film kesukaan terkadang tidak bisa ditolak sehingga kamu rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli snack favorit teman nonton film.

Bagi kamu yang suka protes dan marah-marah karena hal ini, kamu harus tahu bahwa bioskop ternyata memiliki strategi tersendiri dengan melakukan hal itu. Bioskop ingin menjaga barang primernya, yaitu tiket film tetap pada harga yang rendah dan kompetitif. Alhasil, keuntungan dari tiket film yang mereka jual pun tidak terlalu besar. Kalau bioskop hanya bertahan dari hasil penjualan tiket, akan sulit bagi mereka untuk bertahan. Oleh karena itu, mereka mencari sumber pemasukan lain lewat makanan dan minuman yang dijual dengan harga lebih mahal dari tempat lain.


2. Tempat Wisata

Photo credit: Shutterstock

Kamu sedang berkunjung ke tempat wisata bersama keluarga. Di tengah area wisata, kamu merasa haus dan tidak membawa minum dari rumah, karena pihak tempat wisata sendiri pun melarang membawa makanan ataupun minuman di area wisata. Kamu akhirnya membeli sebotol air mineral dengan harga yang mengejutkan. Air mineral yang biasa kamu dapat seharga 3000 rupiah saja berubah menjadi 10.000 rupiah!

Ada banyak tempat wisata yang menerapkan sistem seperti ini dengan berbagai alasan. Pertama, permintaan yang tinggi dari pengunjung wisata akan ketersediaan makanan dan minuman dimanfaatkan oleh para penjual untuk menjual produknya dengan harga yang tinggi pula. Sewa yang harus diberikan penjual ke tempat wisata juga tidak sedikit, sehingga keuntungan mereka akan terpotong untuk membayar uang sewa. Selain itu, dengan menjual makanan dan minuman dengan harga yang premium, penjual ingin menampilkan kesan elit di tempat wisata sehingga para pengunjung berpikir bahwa harga yang ia bayarkan pantas untuk makanan dan tempat wisata sekelas itu.


3. Restoran

Photo credit: Panorama Spa & Resort

Berkunjung ke restoran sesekali dalam sebulan mungkin ada dalam daftar kegiatanmu di akhir pekan. Tapi, suka bertanya-tanya nggak, sih? Kenapa es teh manis yang dijual di restoran berkali-kali lipat lebih mahal dari yang biasa kamu beli di warung dekat rumah atau gado-gado yang kamu beli di restoran harganya jauh lebih mahal dari gado-gado yang dijual di depan rumahmu?

Hal ini tentunya karena dalam mengelola restoran, ada banyak faktor-faktor lain yang harus kamu pertimbangkan di luar makanan yang disajikan. Restoran mahal biasanya menyajikan bahan-bahan makanan dengan kualitas terbaik yang diolah sendiri sehingga terjamin kebersihannya. Masakan pun diolah oleh koki andal yang makanannya terkenal lezat dan harus dibayar mahal oleh pihak restoran. Belum lagi untuk menggaji pelayan-pelayan yang dijamin cekatan di restoran mahal. Untuk bisa bersaing, restoran juga harus menyiapkan tempat yang nyaman dengan properti-properti mahal agar bisa merebut perhatianmu sebagai pembeli. Jadi, jangan heran lagi ya melihat harga makanan dan minuman di restoran yang kadang membuat dompet tipis.


4. Bandara

Photo credit: Vinjabond

Kalau kamu pernah makan atau minum di bandara sembari menunggu keberangkatan pesawatmu, pasti sudah familiar dengan harga mencengangkan yang ditawarkan restoran-restoran yang ada di bandara. Pasalnya, harga semangkuk soto yang biasa kamu peroleh dengan 10.000 rupiah saja bisa dijual dengan harga 50.000 rupiah di restoran bandara. Kok bisa gitu ya?

Pertama, tidak banyak restoran dan toko-toko yang berjualan di bandara karena harga sewanya yang mahal. Untuk membayar harga sewa yang mahal tersebut, mereka pun terpaksa menjual produknya dengan lebih mahal dari di tempat lain. Permintaan yang tinggi dari orang-orang yang berlalu lalang di bandara setiap harinya juga mengakibatkan harga mahal ini terjadi. Jika kamu tertarik untuk membuka bisnismu di bandara, kamu harus bisa menyiapkan modal yang besar karena keuntungan yang nantinya didapatkan juga nggak kalah besar.

BACA JUGA


7 Hal Bermanfaat yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur. Ayo Cek, Adakah Kebiasaanmu?

7 Hal Bermanfaat yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur. Ayo Cek, Adakah Kebiasaanmu?

Orang-orang sukses memiliki kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan, termasuk kebiasaan sebelum tidur. Hal-hal tersebut bisa kita contoh ...

Read more..

Itu dia empat tempat yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang lebih mahal dari tempat lain. Kamu tahu tempat lain yang menjual dengan harga yang lebih mahal? Share di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gawat! Beli Makanan di 4 Tempat Ini, Kamu Harus Siap Merogoh Budget Ekstra!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !