Sudah punya calon pasangan namun masih ragu melangkah ke jenjang pernikahan karena gaji hanya 3 jutaan? Atau kamu mendambakan pernikahan bahagia dengan diawali pesta meriah tapi budget pas-pasan? Tak jarang, karena ingin mewujudkan pesta besar-besaran yang mengundang seluruh kerabat dan rekanan, kamu jadi mikir untuk berutang. Memang, pesta yang meriah bukan hanya tentang membahagiakan tamu undangan dan merayakan hari spesial, namun juga sebagai ajang pembuktian bahwa kedua mempelai sudah bisa dianggap mapan. Self esteem dan pride juga digadang-gadang sebagai penyebab umum pesta yang besar. Sahabat Moola, tidak ada yang salah dengan keinginan tersebut sebenarnya. Namun, bila sampai membuat rencana pernikahanmu mundur, lebih baik kamu merancang rencana baru yang sesuai dengan kemampuanmu. Inilah jurus jitu menyiapkan dana pernikahan dengan gaji 3 jutaan!

1. Anggarkan tabungan rutin dengan nilai yang stabil

Photo Credit: Homeownership

Buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk menganggarkan tabungan rutin setiap bulannya. Misalkan gaji kalian adalah 3 juta, maka sisihkan 35% sebagai tabungan. Jadi, ilustrasinya adalah sebagai berikut:

Tabungan dari gajimu: 35% x 3.000.000 = Rp1.050.000,-
Tabungan dari gaji pasanganmu: 35% x 3.000.000 = Rp1.050.000,-
Tabungan per bulan: Rp2.100.000,-
Tabungan 1 tahun: 12 x 2.100.000 = Rp25.200.000
Tabungan 2 tahun: 24 x 2.100.000 = Rp50.400.000

2. Carilah pekerjaan sampingan

Photo Credit: Business Insider

Tak ada salahnya mencari pekerjaan sampingan untuk menambah tabungan yang sudah dikumpulkan. Ada banyak yang bisa dikerjakan, misalnya dengan membuka bisnis online atau menjual jasa sesuai kemampuan. Jika dalam sebulan kamu berhasil menambah pendapatan sebanyak 2 juta saja, maka dalam setahun akan terkumpul Rp24.000.000,- belum termasuk pemasukan tambahan dari pasangan. Cukup besar, bukan?

3. Ubah gaya hidup mulai dari sekarang

Photo Credit: tech.co

Benar. Jika kita ingin meraih sebuah goals tentu harus ada pengorbanan. Sadari gaya hidup yang agak berlebihan atau kegiatan yang kurang bermanfaat untuk sementara, misalnya sering makan di luar, ngopi di kafe, atau jalan-jalan di akhir pekan. Dengan sejenak menghindari hal-hal tersebut, tentu tak sulit bagimu untuk menabung dan memangkas dana yang kurang perlu.

4. Pangkas biaya gedung

Photo Credit: Pinterest

Biaya sewa gedung tidak bisa dianggap remeh lho, Sahabat Moola! Daripada menghabiskan dana yang cukup besar, mengapa tidak mengubah konsep pernikahan jadi lebih sederhana dan berkesan? Kamu bisa memanfaatkan halaman rumah, tempat ibadah, atau gedung milik pemerintah yang biasa disewakan secara murah. Yang penting sah!

5. Tak perlu fotografer andal untuk pre wedding yang berkesan

Photo Credit: happywedding.life

Masih berhubungan dengan poin nomor 4, selain biaya gedung yang bisa disederhanakan, biaya pre wedding juga tak perlu mahal. Buatlah konsep sederhana yang penuh kesan dengan pose-pose kreatif dari kalian, serta manfaatkan talenta temanmu untuk mengambil gambar. Begitupun juga untuk foto-foto pernikahan, kamu bisa memanfaatkan jasa teman atau fotografer yang masih menyusun portofolionya agar biaya bisa ditekan.

6. MUA tak perlu mahal

Photo Credit: The Bride Dept

Seiring dengan ngehits-nya profesi MUA, harga jasanya pun kian meroket saja. Untuk biaya rias pengantin dan keluarga, biaya yang dikeluarkan pun bisa bikin jantungan. Nah, agar tidak terlalu memberatkan, pilihlah MUA yang masih punya hubungan kekerabatan atau pertemanan. Biasanya, kamu akan mendapat potongan atau harga yang lebih ringan. Selain itu, manfaatkan jasa MUA yang juga masih menyusun portofolionya, asal dengan kualitas yang cukup bagus ya! Ingat, menjadi raja dan ratu sehari haruslah tampil maksimal (dan bisa dengan budget minimal).

7. Lagi-lagi manfaatkan jasa teman

Photo Credit: The Bride Dept

Cobalah menyisir laman sosial media atau buka-buka buku kenangan. Siapa tahu di antara teman-temanmu ada yang berprofesi sebagai wedding singer, pemain band, atau punya jasa cetak undangan. Lumayan kan, jika mereka bisa membantu pesta pernikahanmu agar lebih murah tapi tetap meriah.

8. Hidangan resepsi

Photo Credit: The Bride Dept

Daripada order katering mahal, kamu bisa kok memasak hidangan sendiri bersama keluarga besar. Pilih menu favorit keluarga atau menu-menu unik lainnya agar tamu terkesan. Misalnya kamu ambil tema pesta kebun di taman belakang, tak ada salahnya kamu hidangkan jajanan pasar dan menu-menu tradisional yang bikin lidah tamu bergoyang. Hm, sedap!

9. Tak perlu jasa wedding planner

Photo Credit: Mahira

Atur sendiri pernikahanmu. Buatlah segalanya lebih sederhana yang penting tetap bermakna. Kamu bisa memanfaatkan bantuan dari keluarga besar, para keponakan, saudara ipar, atau teman-teman yang rela menjadi sukarelawan. Dengan memanfaatkan bantuan mereka, bukankah pesta akan lebih hangat dan akrab?

10. Hindari utang

Photo Credit: iStock

Inilah yang terpenting. Seperti apapun konsep yang ingin kamu realisasikan, hindari berutang agar tidak menyulitkan kehidupanmu di masa mendatang. Menikah ibarat memulai sebuah perjalanan. Di dalamnya tidak hanya berisi kebahagiaan namun juga bebatuan terjal. Jika sudah habis-habisan di awal pernikahan, bagaimana bisa meneruskan perjalanan dengan penuh ketenangan?

BACA JUGA


Pernikahan ala Rachel-Niko dengan Budget Terbatas, Bisa Nggak Ya?

Pernikahan ala Rachel-Niko dengan Budget Terbatas, Bisa Nggak Ya?

Pernikahan Rachel-Niko dan resepsinya yang diadakan minggu lalu memang sukses membuat banyak orang gigit jari. Bisa nggak ya, aku mewujudkan ...

Read more..

Sahabat Moola, itulah 10 jurus jitu menyiapkan pernikahan dengan gaji 3 jutaan. Ingatlah bahwa kebahagiaan tidak bergantung dari harga yang mahal, namun dengan siapa kita menghabiskan kebersamaan. Semoga niatan baik selalu diberi kemudahan, selamat merencanakan pernikahan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gaji 3 Jutaan, Inilah Jurus Jitu Menyiapkan Dana Pernikahan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !