Saat musim haji, kita memang sering melihat liputan dari Tanah Suci melalui televisi. Ribuan bahkan jutaan manusia datang ke rumah Allah untuk menunaikan ibadah dan memanjatkan doa-doa, yang akhirnya membuatmu ingin juga pergi kesana. Namun apalah daya, untuk pergi haji bukan perkara mudah. Selain biaya yang tak murah, waktu tunggu juga cukup lama kecuali jika mampu membayar ONH Plus. Otomatis, karena dua alasan ini, perjalanan umrah pun kian diminati sebagai solusi. Dengan ongkos hemat sekitar 20 jutaan, kamu yang berada di fase awal bekerja sudah bisa melihat Mekkah dari jarak dekat. Nah, kali ini Moola akan membagikan jurus sakti berangkat umrah tahun depan dengan dengan gaji 3 jutaan. Kok bisa? Kalau penasaran, simak yuk sekarang!

1. Hindari peak season

Photo Credit: Marketplace Travel Umroh

Perlu kamu ketahui bila biaya umrah saat ini yang termurah ada di kisaran 18-20 juta untuk 9 hari beribadah. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung jadwal keberangkatan dan momen penting lain seperti bulan Ramadan atau sesi liburan. Agar mendapatkan harga yang sesuai dengan kantong pekerja pemula dengan gaji 3 jutaan, jangan ragu untuk mengambil paket saat sesi senggang.

2. Buatlah tabungan prioritas

Dalam sebulan, tentu kamu sudah paham berapa jumlah uang yang kamu butuhkan untuk biaya hidup keseharian. Setelah kebutuhan tercukupkan, kamu bisa menabung sisa penghasilan untuk perjalanan umrah yang kamu inginkan. Selain menyiapkan tabungan, jangan lupa menyiapkan dana darurat sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kamu tidak akan kebingungan mencari dana bantuan hingga mengambil uang tabungan umrah. Gambarannya adalah sebagai berikut.

Gaji Rp 3.000.000
Tabungan umrah Rp 1.500.000
Dana darurat Rp 300.000

Dengan demikian, selama 14 bulan (menabung sejak Oktober 2017-November 2018) kamu akan punya tabungan sebesar Rp 1.500.000 x 14 = Rp 21.000.000

Dana yang terkumpul bisa kamu gunakan untuk biaya umrah tahun depan beserta uang saku selama berada di Tanah Suci.

Nah, bagaimana cara bertahan hidup dengan Rp 1.200.000 per bulan? Mau tidak mau, suka tidak suka, kamu harus mulai mengerem pengeluaran, menghentikan kebiasaan makan di luar dan mencari pekerjaan sampingan. Pikirkan peluang yang bisa kamu manfaatkan, misalnya dengan membuka toko online, menjadi penulis konten, fotografer lepas, atau menawarkan jasa les privat.

3. Buka rekening khusus

Tabungan bulanan yang harus kamu setorkan akan lebih baik bila dibukakan rekening khusus agar kamu tidak mengutak-atiknya. Tiap usai gajian kamu bisa 'membayarkan' uang tabungan umrah tersebut secara disiplin.

4. Menabung emas

Photo Credit: Kompas Ekonomi

Selain menabung dalam bentuk uang, kamu juga bisa menabung dalam bentuk emas karena nilainya cenderung stabil. Jadi, bila 14 bulan ke depan biaya umrah beranjak naik, kamu tidak perlu panik. Belilah emas dalam bentuk satu gram atau lima gram hingga emas tersebut cukup untuk membiayai umrah impian.

5. Member get member

Pernah dengar sistem seperti ini? Jadi, jika kamu ingin lebih murah berangkat umrah, kamu bisa mencari program 'member get member' yang disediakan biro perjalanan bagi jamaah yang dananya terbatas. Jadi, per 10 orang yang berhasil kamu kumpulkan, maka kamu akan mendapatkan gratis umrah atau potongan harga yang cukup besar. Manfaatkan kemampuan networking dan marketingmu untuk memasarkan paket-paket yang ditawarkan. Cara tersebut selain menghemat waktu juga bisa menghemat biaya.

6. Berhematlah!

Photo Credit: Jobb i Norse

Keseluruhan jurus di atas tidak akan berjalan lancar jika kamu tak mampu berhemat. Mulai besok, berjanjilah pada diri sendiri untuk lebih bijak membelanjakan uang dan membuat anggaran yang matang. Pangkas pengeluaran yang tidak penting, selalu realistis melihat kebutuhan - bukan semata keinginan.

BACA JUGA


Jelang Idul Adha, Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Dijalankan Sahabat Moola

Jelang Idul Adha, Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Dijalankan Sahabat Moola

Momen lebaran qurban hampir tiba. Tak jauh beda dengan Idul Fitri, di Idul Adha kamu juga punya peluang berbisnis untuk persiapan menjelang ...

Read more..

Semoga bermanfaat untuk Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Gaji 3 Jutaan Ingin Umrah Tahun Depan? Nih, Moola Kasih Jurus Sakti Menuju Mekkah!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !