Kamu yang bekerja sebagai seorang freelancer memang memiliki waktu yang lebih fleksibel karena tidak harus bekerja menurut jam kantor. Namun dalam segi finansial, menjadi seorang freelancer memang dituntut memiliki keahlian mengelola keuangan jika tidak ingin bokek di akhir atau awal bulan. Nah, bagaimana sih cara freelancer bertahan saat kehabisan uang terutama usai mudik dan libur lebaran? Simak yang berikut ini yuk Sahabat Moola!

1. Sisihkan setiap pemasukan

Dari setiap pemasukan yang kamu dapatkan, jangan lupa untuk langsung menyisihkan beberapa darinya. Kamu bisa membuat rekening khusus agar terpisah dari keuangan keseharian atau tergelitik untuk menggunakan. Suatu ketika kamu kehabisan dana - seperti saat usai lebaran dan liburan - kamu bisa menggunakan uang simpanan tersebut untuk memenuhi berbagai keperluan.

2. Tak henti mencari proyekan

Photo Credit: Bintang

Usai lebaran dan liburan yang menghabiskan banyak biaya, jangan berkecil hati tapi teruslah mencari proyekan yang mampu menghasilkan. Jika belum mendapat tawaran, kamu bisa berbisnis apa saja misalnya membuka pre-order oleh-oleh khas dari kampung halaman yang bisa kamu jual di perantauan atau juga sebaliknya. Dengan cara ini, minimal keuanganmu akan sedikit terselamatkan.

3. Asah kreativitas dan improvisasi kemampuan

Ini juga perlu. Sebab persaingan para freelancer semakin ketat, kamu pun harus pandai mengasah kreativitas serta serta improvisasi kemampuan. Para user akan mencari bibit-bibit unggul yang sesuai dengan ekspektasi mereka, jadi kamu pun harus bisa menjawab tantangan zaman.

4. Menjaga hubungan baik dengan para klien

Photo Credit: Ashlar

Last but not least, agar job/proyekan yang kamu dapatkan tidak tergeser pada orang lain, kamu harus bisa menjaga hubungan baik dengan para klien atau pengguna jasa. Jangan sampai mereka tidak puas lalu mencari vendor lain untuk kebutuhan bisnisnya dan kamu terabaikan.

BACA JUGA


Mudik Idul Adha Jadi Ladang Penghasilan? Inilah Barang yang Bisa Dikulak dari Kampung Halaman

Mudik Idul Adha Jadi Ladang Penghasilan? Inilah Barang yang Bisa Dikulak dari Kampung Halaman

Tidak selamanya mudik itu menghabiskan uang, malah justru bisa menjadi ladang penghasilan. Bagaimana caranya

Read more..

Memang tips ini lebih menjurus pada peribahasa "sedia payung sebelum hujan". Namun beberapa poinnya dapat kamu gunakan untuk memperbaiki cashflow yang berantakan. Well, semoga bermanfaat, Sahabat Moola!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Freelancer Kehabisan Duit Usai Mudik dan Libur Lebaran? Simak Trik Jitu Berikut, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !