Beberapa hari yang lalu tersiar berita tentang ditangkapnya Direktur Utama dan Manager Klaim PT Asuransi Allianz Life, Joachim Wessling. Berita ini pun tersebar dan cukup membuat warganet menjadi resah. Pasalnya, penetapan tersangka Joachim Wessling ini disebabkan karena pelanggaran yang dilakukan merugikan nasabah asuransinya.

Menurut pemeriksaan polisi dan laporan dari korban, pihak Allianz telah melakukan siasat bulus dengan mempersulit proses klaim nasabah. Untuk mengajukan sebuah klaim asuransi kesehatan, nasabah diminta untuk melampirkan hasil rekam medis dari rumah sakit. Tentu, ini adalah sebuah syarat yang sulit dipenuhi. Karena pihak rumah sakit tidak boleh memberikan dokumen tersebut. Hal ini termuat dalam kode etik medis.

Alhasil, pengajuan klaim tersebut tertunda dan akhirnya hangus. Nasabah pun harus merugi karena tiap bulan mereka tetap harus membayar premi. Namun, dari peristiwa ini kita pun jadi lebih waspada lagi sebelum memilih produk asuransi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan seksama sebelum membeli sebuah produk asuransi.

1. Membaca polis

photo credit: protect syariah

Pertama-tama, ketika memilih produk asuransi, pastikan kalau kamu sudah membaca polis asuransi tersebut. Polis merupakan dokumen perjanjian asuransi yang mengikat dan menjamin pertanggungan. Polis tersebut hadir dengan status konsesus yang disepakati oleh kedua pihak. Jadi kamu harus memperhatikan semua kesepakatan tersebut dengan teliti. Bila dirasa ada kesepakatan dalam polis yang memberatkanmu, sebaiknya jangan dibeli.

2. Membaca aturan klaim

photo credit: wordpress

Setelah membaca polis dengan baik, langkah selanjutnya ialah membaca aturan klaim. Setiap perusahaan asuransi biasanya punya aturan masing-masing yang berbeda. Bacalah aturan klaim dengan seksama. Pahamilah prosedur dan item yang harus dilengkapi bila ingin mengajukan klaim.

3. Memastikan kesesuain dokumen

photo credit: blogspot

Hal yang tak kalah penting juga mengecek kesesuain item dokumen. Kamu harus benar-benar paham dengan dokumen yang disyaratkan tersebut. Bila kurang paham, bertanyalah pada agen asuransi atau konsultannya langsung. Jangan malu bertanya agar tak menyesal setelah membeli asuransi.

4. Mempertimbangkan manfaat

photo credit: aegon life

Namun, hal yang paling penting yang harus diperhatikan ketika membeli adalah asas manfaat. Apakah produk asuransi itu bermanfaat untuk kebutuhanmu? Jika iya, maka belilah. Jika tidak, jangan dibeli dan carilah produk asuransi jenis lainnya. Jangan mudah tergiur dengan berbagai bonus yang sebenarnya bukan yang kamu butuhkan.

Berikut tadi adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memilih produk asuransi. Nah, kini kamu harus makin waspada sebelum membeli produk asuransi. Agar tak menyesal di kemudian hari.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dirut Asuransi Allianz Life Ditangkap, Yuk Lebih Teliti Sebelum Membeli Asuransi!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !