Memiliki mobil kini tidak hanya untuk gaya hidup atau status sosial saja, namun sudah menjadi kebutuhan untuk mendukung mobilitas serta mengatasi cuaca yang sering tak terduga. Sebagai pekerja pemula, gaji yang kamu miliki memang tidak terlalu besar yakni masih sekitar 3 jutaan. Namun jangan berkecil hati, sebab meski demikian, kamu tetap bisa lho miliki mobil idaman. Inilah langkah mudahnya!

1. Menabung di awal gajian untuk DP

Photo Credit: US News Money

Tentu, mulanya kamu harus menabung terlebih dahulu, terutama bagi yang ingin mengajukan kredit. Tujuan dari menabung agar dana yang terkumpul dapat dijadikan uang muka. Semakin besar uang muka atau DP, maka semakin meringankan angsuran bulanan. Cara jitu untuk menyisihkan tabungan adalah menabung di awal gajian, bukan sisa dari gajian agar bisa menjadi prioritas yang diutamakan. Sebaliknya, jika kamu menabung di akhir bulan maka jumlahnya akan fluktuatif menyesuaikan sisa kebutuhan bulanan.

2. Pilih-pilih tipe mobil, sesuaikan dengan kemampuan agar tidak memberatkan

Photo Credit: Reader's Digest

Tentukan tipe dan merk mobil yang akan kamu beli, buatlah target yang realistis sesuai kemampuan agar tidak memberatkan. Mobill baru dengan harga terjangkau seperti LCGC (Low Cost Green Car) bisa kamu jadikan pilihan dengan harga mulai Rp 80 juta hingga Rp 130 jutaan.

3. Kredit jangka panjang

Photo Credit: 1st Mariner Bank

Kredit jangka panjang membantumu memiliki barang impian dengan cepat meski punya dana pas-pasan. Datangi bank atau lembaga pembiayaan yang memfasilitasi kredit mobil untuk mendapatkan info yang kamu butuhkan, terutama tentang fasilitas kredit jangka panjang, misalnya 7 hingga 8 tahun. Dengan rentang waktu sekian, maka cicilan bulanan akan lebih ringan dan uang muka tak terlalu besar.

4. Simulasikan agar tidak kaget kemudian

Photo Credit: PrepScholar

Pilih tipe dan merk mobil sudah, tanya-tanya harganya sudah, info leasing juga sudah. Maka selanjutnya, kamu bisa membuat simulasi berupa besaran uang muka serta cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulan. Misalnya begini:

Harga mobil Rp 100 juta
Uang muka/DP 20%
Hasilnya masih berkisar antara Rp 20 jutaan. Jika tabunganmu belum menjangkaunya, kamu bisa mencari dealer lain yang mengadakan promo cashback potongan uang muka sehingga bisa menekan besaran DP sekecil mungkin.

Setelah diketahui besaran uang mukanya, kini saatnya menghitung cicilannya. Besar cicilan harusnya tidak lebih dari 30% penghasilan kamu, berarti dengan gaji Rp 3 juta, kamu harus menyisihkan sebanyak Rp 900 ribu hingga Rp 1,5 juta. Jika bunga cicilan sebesar 6% maka per bulan kamu harus membayar Rp 1,4 juta saja.

5. Cari pekerjaan sampingan

Photo Credit: Chiang Mai Photo Workshops

Don't put all eggs in one basket, jadi kamu harus punya banyak sumber untuk menunjang dan menyokong kebutuhan. Misal gaji utama sebagai karyawan hanya Rp 3 juta, kamu bisa manfaatkan kemampuanmu yang lain untuk mendapat gaji tambahan. Selain itu, kamu bisa menyulap waktu senggangmu menjadi ladang uang. Banyak project sampingan yang bisa kamu kerjakan, di antaranya adalah menjadi product reviewer, content writer, photographer, atau membuka online shop. Jika kamu ulet, maka bisa saja gaji tambahan lebih besar daripada gaji utama. Untuk menjadi content writer saja, kamu bisa meraup Rp 3-5 juta dalam sebulan, jasa photographer minimal Rp 4 juta sekali acara, dan online shop pun kini semakin menjanjikan. Ciptakan peluang, dan curilah kesempatan!

6. Pangkas kebutuhan serendah-rendahnya

Photo Credit: Shutterstock

Jika biasanya kamu tak berpikir panjang saat menghabiskan uang, kini kamu harus mulai memangkas kebutuhan. Dengan gaji Rp 3 juta yang kamu dapatkan, sisakan setengahnya untuk biaya bulanan, lalu buatlah susunan anggaran.

Makan hemat Rp 700 ribu
Transport/bensin Rp 300 ribu
Internet/pulsa Rp 200 ribu
Dana hiburan Rp 100 ribu
Tabungan darurat Rp 200 ribu

Untuk memaksimalkan hidup hemat, kamu bisa menyiasati dengan menumpang wifi kantor, berhenti jajan di luar, bawa bekal makan siang, atau masak sendiri daripada beli di luar. Lebih hemat, kan?

BACA JUGA


Nah, Sahabat Moola. Itulah 6 langkah mudah miliki mobil idaman dengan gaji Rp 3 jutaan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadikan semangat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dengan Gaji 3 Jutaan, Inilah Langkah Mudah Miliki Mobil Idaman". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !